Daftar isi
3 min read

Partnership? Ini Dia 5 Cara Agar Menguntungkan!

Tayang 26 Juli 2016
Diperbarui 11 Desember 2023
Business Partnership
Partnership? Ini Dia 5 Cara Agar Menguntungkan!

Bagaimana Membangun Partnership dalam Bisnis?

Membangun partnership dalam bisnis Anda bisa menjadi sesuatu yang rumit dan bertele-tele, dengan hasil yang belum tentu menguntungkan. Kompleksnya jalinan serta bangunan bisnis serta cepat dan dinamisnya perubahan dalam dunia bisnis membuat pemilihan atau pengambilan keputusan sehubungan dengan partnership dalam bidang bisnis menjadi terkena dampaknya sehingga bertambah rumit juga.

Dalam memutuskan partnership yang tepat bagi bisnis Anda, memiliki jaringan yang kuat merupakan keuntungan yang sebaiknya terus diasah dan dikembangkan. Jaringan yang kuat dan database partner potensial yang luas dapat menjamin kemampuan bisnis Anda untuk mendatangkan sales dan mengeksplor market-market baru. Setelah memiliki partner yang bervisi serupa dengan Anda dan memang berasal dari orang dalam jaringan Anda, Anda dapat dengan mudah menaklukkan market, wilayah dan industri yang bisnis Anda tekuni sehingga memaksimalkan terjadinya pertumbuhan.

Apa saja 5 Cara agar Partnership Bisnis Menguntungkan?

Partner yang tepat untuk berkolaborasi sebaiknya memiliki hal-hal berikut ini:

  1. Memiliki pemahaman terhadap sales dan data analitiknya

Partner yang tepat adalah partner bisnis yang paham akan arahan sales bisnis Anda dan dapat menganalisa data yang tersedia untuk melihat market mana yang perlu dimaksimalkan dan area mana yang perlu diperbaiki performanya.

Business Partnership

  1. Memiliki pemahaman yang baik soal produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan

Sosok yang pantas dijadikan partner bisnis Anda haruslah mereka yang tahu betul apa saja yang bisnis Anda tawarkan dan menguasai berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki produk dan jasa yang ditawarkan bisnis Anda. Dengan demikian, tidak lagi diperlukan waktu penyesuaian untuk partner baru Anda karena tahapan ini sudah dilewati.

  1. Adanya komunikasi yang terjalin dengan baik dalam partnership Anda

Salah satu kekuatan dari partner yang baik haruslah berupa keberadaan jalinan komunikasi yang sudah kuat. Terutama jika partner bisnis Anda juga membawa serta bisnisnya untuk merger dengan bisnis Anda. Komunikasi yang terbuka dan transparan antara kedua belah pihak akan menjamin terjadinya partnership yang menguntungkan satu sama lain.

Business Partnership

  1. Adanya sinkronisasi dengan CRM atau Customer Relationship Management

Integrasi dan sinkronisasi CRM membutuhkan data yang saling di-share antara kedua partner sehingga adanya keselarasan dan pemerataan data customer. Dengan begitu, persetujuan lead serta manajemen dan distribusi dalam bisnis Anda dapat lebih dimaksimalkan sambil meminimalisir konflik. Penjualan yang diusahakan oleh kedua belah pihak pun dapat berjalan dengan lebih lancar.

  1. Adanya berbagai budget yang diatur secara transparan satu dengan yang lainnya

Berbagai manajemen yang berhubungan dengan budget dan pendapatan haruslah diatur secara transparan antara kedua belah pihak. Hanya dengan cara inilah tracking dan pemantauan oleh kedua belah pihak dapat dimaksimalkan. Kampanye pun dapat dianalisa efektivitasnya sehubungan dengan budget marketing.

Selain kelima hal di atas, ada hal lain yang juga penting dimiliki oleh partner yang tepat bagi bisnis Anda. Hal lainnya adalah adanya akses ke para ahli, akses ke pusat konten untuk marketing bisnis Anda, data analitik, dan adanya keamanan database dan kenyamanan dalam mengaksesnya. Dengan demikian, semua yang berhubungan dengan kerjasama kedua belah pihak dapat bersinergi untuk keuntungan bersama.

Gunakan Aplikasi Pendukung Partnership untuk Bisnis Anda!

newsjacking

Kegiatan partnership yang tidak tepat sasaran akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Aplikasi pendukung partnership, sales, hingga marketing seperti aplikasi CRM menyediakan fitur-fitur yang berguna bagi bisnis tanpa aplikasi tambahan. Data partner, prospek atau pelanggan tersimpan rapi dan aman dalam satu sistem sehingga akan membantu Anda memenuhi kebutuhan pada poin-poin di atas.

Pastikan aplikasi sales dan marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan aplikasi CRM Qontak.com yang dapat terintegrasi dengan sistem internal yang bisnis Anda gunakan.

[quote_colored name=”” icon_quote=”no”]Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM untuk kegiatan partnership, sales dan marketing Anda sekarang juga![/quote_colored]

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales