Daftar isi
3 min read

4 Tips Agar Meeting Manajemen Sales Berjalan Efektif

Tayang 03 Februari 2016
Diperbarui 16 Februari 2024
Sales Meeting
4 Tips Agar Meeting Manajemen Sales Berjalan Efektif

Dalam dunia sales dan marketing, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya appointment untuk bertemu dengan prospek potensial bagi bisnis Anda. Aktivitas ini kerap disebut sebagai sales meeting, dan inilah yang menjadi tujuan dari pekerjaan Anda setiap harinya, untuk bertemu dengan orang-orang yang mungkin bisa memperoleh manfaat jika menjadi customer Anda.

Namun, sebelum melakukan sales meeting dengan prospek, Anda perlu terlebih dahulu melakukannya dengan tim internal Anda, atau yang dikenal sebagai sales management team. Meeting tim internal ini memungkinkan Anda dan tim mengadakan tukar pikiran dan kolaborasi yang efektif untuk mengimplementasikan strategi marketing dan sales yang terbaik.

Meeting yang demikian sering sekali mengeluarkan kesan membosankan sehingga sering diharapkan agar cepat selesai dan tidak dilaksanakan dengan fokus yang tercurah 100% saat dibutuhkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda yang merupakan pemimpin meeting haruslah melakukan penyesuaian sebagai berikut:

Jadwal Meeting Harus Konsisten

Jika meeting manajemen sales dilaksanakan setiap minggu secara regular, pastikan hari dan waktunya sudah ditetapkan dan selalu berlangsung pada waktu yang sama setiap minggunya. Dengan demikian, persiapan dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga meeting dapat berlangsung efektif dan profesional.

Buat Kerangka untk Agenda Meeting

Agenda meeting yang dilangsungkan setiap minggunya haruslah memiliki standar agenda mendasar yang tidak boleh luput untuk didiskusikan dan dilaporkan dari setiap anggota sales. Berikut ini beberapa agenda yang sebaiknya hadir dalam meeting manajemen sales Anda.

  • Update mengenai penjualan, apa saja penjualan yang berhasil dicapai agar muncul rasa kompetitif dalam diri anggota tim satu sama lain.
  • Update mengenai kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim, dan berapa banyak interaksi dengan prospek yang dilakukan. Tujuannya adalah agar setiap anggota tim dapat belajar satu dengan yang lainnya serta dapat menunjukan kredibilitas pekerjaannya.
  • Update pipeline, untuk membahas apa saja yang ada di dalam funnel dan sudah sampai di fase mana saja mereka. Update ini dapat dikemas menjadi semacam pelatihan untuk mengetahui proses sales dari setiap anggota tim dan seberapa besar usaha yang dilakukan untuk memenuhi kuota penjualan. Dari update berikut, setiap anggota tim dapat belajar satu dengan yang lain.

Bangun Suasana yang Mendukung 

Meeting tim manajemen sales seringkali jadi membosankan karena hanya terjadi komunikasi searah, yaitu pemimpin meeting yang terus berbicara kepada para anggota tim tanpa membuka kesempatan tanya jawab.

Ganti mentalitas yang seperti ini dengan melibatkan diskusi interaktif di antara para anggota tim yang hadir dalam meeting. Anda dapat melakukan permainan peran untuk latihan langsung cara berbicara dan melakukan penawaran pada prospek.

Tambahkan Insight Baru

Saat Anda yang memimpin meeting, coba pertimbangkan apakah ada hal yang bisa dipelajari dan diaplikasikan oleh tim sales dari meeting tersebut untuk mencetak penjualan dan membuat customer puas? Tanpa hal yang dapat dipelajari oleh tim sales, maka meeting internal akan membosankan dan tidak membuahkan hasil apapun. Dengan adanya hal baru untuk dinantikan setiap harinya, anggota tim Anda akan excited menunggu jalannya meeting.

Apa saja yang sudah dibahas dalam meeting internal tim sales Anda?

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales