Qontak WhatsApp

Manfaat Podcast dalam Melakukan Penjualan

Sales Podcast

Kenalkah Anda dengan podcast? Podcast merupakan suara rekaman yang dapat diterbitkan sebagai ganti video tanpa format visual dan bisa berisikan konten yang tidak sempat dibaca oleh target audiens Anda. Dengan melakukan dan menerbitkan podcast, kesempatan Anda untuk menjangkau prospek yang sudah Anda targetkan akan semakin luas, terutama bagi mereka yang tidak begitu menikmati membaca konten dan ingin cepat mendapatkan informasi.

Dengan memanfaatkan platform podcast, Anda dapat menciptakan konten audio tanpa perlu menghadapi rasa gugup tampil di depan kamera. Anda masih dapat menyumbangkan konten yang berguna untuk penjualan Anda sekaligus informatif bagi target audiens Anda lewat podcast. Namun, sebelum Anda mulai merekam suara Anda, Anda perlu memperhatikan cara-cara untuk membuat podcast konten rekaman Anda menarik dan menonjol dibandingkan dengan pesaing brand Anda.

  1. Targetkan audiens yang spesifik

Semakin spesifik prospek yang Anda targetkan semakin baik. Jangan membuat rekaman suara yang “bisa didengar oleh semua orang”, karena pada akhirnya, podcast yang demikian justru malah tidak akan menarik bagi siapapun. Anda juga akan semakin mudah memanfaatkan platform podcast untuk berjualan jika Anda langsung menjawab dan mensolusikan kebutuhan unik dari target audiens Anda secara lebih spesifik. Pilih sesuatu yang spesifik dan bisa sangat membantu bagi niche market Anda yang mendengarkan.

Sales Podcast
Sumber gambar: weeditpodcasts.com
  1. Cobalah melakukan podcast dengan format yang berbeda

Lakukan riset dan dengarkanlah berbagai macam podcast yang tersedia dan relevan dengan topik yang sesuai dengan niche market Anda.  Kemudian, lakukan analisa mengenai apa yang membuat podcast yang satu baik dan didengarkan oleh banyak orang, dan apa yang membuat podcast lainnya tidak berhasil. Temukan apa yang masih kurang dari podcast mereka, dan cobalah untuk menutup lubang yang masih kurang tersebut. Baca juga review dan komentar dari para pendengar podcast tersebut untuk melihat apa yang mereka butuhkan dan berusaha mewujudkannya lewat podcast Anda. Riset ini dapat membantu Anda menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam podcast Anda dan membuatnya menonjol karena lebih lengkap atau lebih menarik. Cobalah bereksperimen dengan format-format seperti tips, tutorial langkah demi langkah atau podcast yang membacakan dan menjawab pertanyaan. Cobalah menawarkan podcast dalam durasi yang jauh lebih pendek.

Sales Podcast
Sumber gambar: entrepreneur.com
  1. Konsistenlah

Jadikan podcast sebagai bagian dari kehidupan Anda demi memuaskan kebutuhan prospek yang jadi pendengar podcast. Jika Anda rutin dan konsisten meng-update serta menambahkan podcast baru, maka cepat atau lambat, jika konten yang ditawarkan baik, banyak target audiens Anda akan menjadi pendengar setia, dan cepat atau lambat, customer Anda. Mulailah dengan merilis podcast baru setiap minggunya, di hari yang sama.

Untuk mendukung sales yang Anda lakukan via podcast lewat pemberian konten dalam bentuk audio, pastikan suara yang dihasilkan berkualitas. Investasikan dana Anda pada mikrofon yang bagus dan menghasilkan suara yang jernih. Gunakan juga pop filter untuk menghilangkan suara napas yang mengganggu atau suara yang dihasilkan saat kita mengeja huruf-huruf yang memiliki tekanan seperti huruf “p” atau huruf “t” agar tidak mengganggu kenyamanan mendengarkan target audiens Anda. Jangan menargetkan untuk merekam dalam sekali take dan edit terlebih dahulu sebelum merilisnya. Anda dapat juga menambahkan intro berupa musik pembuka dan outro penutup untuk mengawali dan mengakhiri podcast Anda sebagai bentuk branding profesional.

You may also like

By