9 Jenis Sasaran Penjualan

Pembuatan target penjualan sangatlah penting, Tanpa sebuah target akan sulit bagi karyawan untuk memahami tujuan mereka dan mengapa mereka melakukan pekerjaan yang diharapkan dari atasan mereka. Tujuan dari pembuatan target adalah untuk memastikan karyawan terdorong, melakukan tugas dan menghasilkan pekerjaan yang berdampak pada keuntungan perusahaan.

Dalam pembuatan target penjualan – hal yang paling penting yang harus dipikirkan oleh pimpinan / manajer penjualan adalah:

Jenis Sasaran Penjualan Apa yang Harus Digunakan?

Terdapat berbagai macam jenis sasaran penjualan, mari kita lihat berbagai jenis sasaran / goal yang mungkin Anda buat di tim Anda.

  1. Monthly Goals / Tujuan bulanan

  2. Activity Goals / Tujuan kegiatan

  3. Waterfall Goals

  4. Sequence Goals

  5. Win rate Goals

  6. Incentivized Goals

  7. Unit Goals

  8. Mentor Goals

  9. Stretch Goals  

Anda dapat memilih mana saja dari target penjualan berikut yang paling cocok untuk perusahaan, industri, dan tim spesifik Anda. Kami menyertakan pemahaman masing-masing jenis sasaran untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang siapa dan apa tujuan mereka.

1. Monthly Goals / Tujuan bulanan

Sasaran penjualan bulanan adalah target yang harus dicapai pada akhir setiap bulan. Sasaran-sasaran ini dapat difokuskan pada peningkatan tugas atau fungsi pekerjaan apa pun seperti pencarian calon pelanggan, pengurutan, atau penutupan. Sasaran bulanan sangat bagus untuk check-in kemajuan fungsi pekerjaan tertentu karena check-in harian dan mingguan akan terlalu sering untuk menilai keberhasilan seorang perwakilan, dan check-in triwulanan dan tahunan akan terlalu jarang (itu akan menjadi terlambat bagi seorang rep untuk membuat perbaikan dan membalikkan hasilnya).

2. Activity Goals / Tujuan Kegiatan

Sasaran kegiatan mengacu pada berbagai aspek fungsi dan tugas pekerjaan masing-masing perwakilan harian. Anda dapat menetapkan sasaran aktivitas untuk periode waktu apa pun yang Anda pilih seperti mingguan atau bulanan untuk memastikan aktivitas spesifik diselesaikan sesuai jadwal. Sasaran-sasaran ini ideal untuk meningkatkan jenis kegiatan atau fungsi pekerjaan tertentu, seperti meningkatkan jumlah interaksi tatap muka yang dilakukan perwakilan dengan prospek setiap minggu.

3. Waterfall Goals

Tujuan air terjun diatur dalam format top-down. Ini berarti mereka memasukkan perincian tentang tujuan dan harapan untuk setiap individu dalam tim dari atas (anggota peringkat tertinggi tim) turun (ke anggota tim yang paling tidak berpengalaman). Mereka juga menyebut tujuan air terjun karena mereka memperhitungkan waktu peningkatan dan kurva pembelajaran untuk anggota tim yang lebih baru. Ini membantu Anda meningkatkan moral tim dan memastikan perwakilan Anda yakin akan kemampuan mereka sehingga mereka menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi di semua tingkatan.

4. Sequence Goals – Sasaran Penjualan yang Berurutan

Mengurutkan sasaran memprioritaskan semua sasaran tim penjualan Anda dari yang paling penting sampai yang paling penting. Ini memungkinkan repetisi Anda fokus pada satu tujuan pada satu waktu dan mengasah pada target tertentu sebelum bekerja pada tujuan berikutnya. Bahkan jika masing-masing perwakilan Anda tidak dapat mencapai setiap tujuan yang telah ditetapkan, mereka dapat berfokus pada tujuan dengan nilai tertinggi untuk perusahaan Anda terlebih dahulu (atau tujuan yang paling memengaruhi garis bawah Anda).

5. Win Rate Goals

Tingkat menang adalah persentase dari penawaran yang ditutup dalam periode waktu tertentu. Karena tingkat kemenangan adalah hanya satu persentase dimana Anda dapat mengevaluasi keberhasilan, itu adalah cara sederhana untuk membandingkan perwakilan ‘satu sama lain dan menciptakan rasa kompetisi persahabatan di tim.

6. Incentivized Goals – Target Penjualan Insentif

Sasaran yang diberi insentif menghasilkan repetisi yang menerima hadiah dalam bentuk apa pun begitu mencapai target yang ditetapkan. Insentif biasanya ditentukan oleh tenaga penjualan, manajer, atau eksekutif tingkat tinggi dan mungkin termasuk imbalan berwujud atau tidak berwujud. Mereka hebat untuk memotivasi perwakilan dan membawa keunggulan kompetitif bagi tim.

7. Unit Goals

“Unit” adalah produk yang dijual – produk mungkin berwujud (seperti topi baseball) atau tidak berwujud (seperti CRM). Anda dapat menetapkan sasaran harian, mingguan, bulanan, triwulanan, atau tahunan agar perwakilan Anda menjual sejumlah unit tertentu. Sasaran unit sangat bagus jika Anda ingin fokus secara eksklusif pada peningkatan jumlah produk individual yang dijual oleh perwakilan Anda sepanjang waktu tertentu.

8. Mentor Goals

Tujuan mentor dibuat antara perwakilan dan mentor (atau anggota tim yang lebih berpengalaman). Jika seorang perwakilan sedang berjuang di beberapa bidang pekerjaan mereka, tujuan-tujuan ini memungkinkan mereka untuk bekerja secara langsung dengan seorang mentor untuk mengembangkan suatu proses dimana mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka.

9. Stretch Goals

Stretch Goals  adalah “peregangan” untuk dicapai. Jenis sasaran apa pun yang kami ulas di atas dapat diubah menjadi sasaran regangan – cukup jadikan dasar sasaran non-regangan yang Anda tentukan terlebih dahulu. Peregangan sasaran ideal jika Anda ingin meningkatkan motivasi dan fokus pada masa depan apa yang mungkin dicapai oleh tim penjualan Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang berbagai jenis sasaran penjualan, anda dapat meninjau cara menetapkan target penjualan. Apa pun jenis perusahaan tempat Anda bekerja, Anda dapat menggunakan langkah-langkah ini untuk menetapkan tujuan penjualan Anda:

5 Cara Ampuh Membuat Target Penjualan

Untuk membantu dalam kegiatan memantau dan mengevaluasi dari tujuan dan target yang telah ditentukan – seorang Sales Manager / Manajer Penjualan dapat menggunakan software Social CRM dari Qontak. Software Social CRM dari Qontak ini memungkinkan para Manajer Penjualan untuk memantau para karyawan dalam proses pencapaian target melalui tingkat penyelesaian KPI atau Key Performance Indicator. Dalam proses evaluasi target – para Manajer Penjualan dapat dibantu dengan pengetahuan, analitik dan laporan yang komprehensif. Laporan dan jenis dari target dapat di kostumisasi dan akan muncul secara instan di dashboard dan dapat di download menjadi PDF, CSV atau XLS.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai software Social CRM dari Qontak – Anda dapat mengunjungi link dibawah ini untuk mendapatkan trial dan konsultasi gratis!

Click Here for Free Trial and Consultation

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai CRM, KPI, Target Penjualan Anda dapat membaca artikel dibawah ini:

 

You may also like