Cara Menambahkan Kata Kunci Efektif ke Situs Anda

Keywords

Melakuan optimasi website Anda agar dapat terlacak dan ditemukan di ranking teratas search engine Google membutuhkan Anda untuk memasang keywords atau kata kunci ke berbagai bagian situs Anda. Anda perlu melakukan ini sejak awal, agar SEO yang Anda lakukan untuk memperluas jangkauan calon customer serta meningkatkan sales sudah terbangun sejak dini.

Memasang kata kunci merupakan bentuk SEO yang paling sederhana namun juga seringkali paling terlewatkan. Untuk menebus kesalahan SEO yang satu ini, mulailah memasang kata kunci yang paling menjelaskan niche market Anda di lokasi-lokasi berikut.

  1. Pada judul

Memasukkan kata kunci pada judul berarti memasukkan kata kunci pada browser tab dan hasil pencarian. Manfaat dari pemasangan kata kunci pada lokasi ini adalah adanya dampak langsung pada CTR atau Click through Rates serta ranking pencarian. Dalam menuliskan judul, usahakan agar jumlahnya tidak lebih dari 65 karakter dan masukkan juga kata kunci yang Anda targetkan serta frase yang sesuai agar pencarian lebih relevan.

  1. Pada deskripsi

Deskripsi situs Anda juga akan terlihat pada hasil pencarian serta bermanfaat juga meningkatkan CTR meski tidak secara langsung berpengaruh pada ranking hasil pencarian. Deskripsi hanya bertujuan untuk menunjukkan sekilas pada orang yang mengetikkan kata kunci mengenai apa yang ditawarkan dalam situs Anda dan kesesuaiannya dengan kata kunci. Gunakan juga salah satu kata kunci tertarget atau frase dalam deskripsi meta agar relevan dengan pencarian, namun dikemas dalam gaya penulisan yang lebih menarik bagi mereka yang melihatnya dan membuat mereka ingin melakukan klik.

Keywords
Sumber gambar: vision-advertising.com
  1. Pada headings dan di dalam konten

Memasukkan kata kunci di dalam headings dan konten situs berguna untuk memperpanjang waktu visit dan view pengunjung situs Anda karena apa yang mereka temukan sangat relevan dengan kata kunci yang mereka ketikkan. Menulislah pertama-tama untuk calon pembaca yang merupakan prospek sales Anda, dan bukan untuk mesin pencari. Hindari menggunakan kata kunci secara berulang-ulang dengan disengaja demi performa SEO karena hal ini malah dapat menjadi bumerang dan langsung dikenali oleh pembaca sebagai spam. Reputasi situs Anda pun jadi taruhannya.

  1. Dalam title images dan alt text

Kata kunci dapat diikutsertakan secara natural pada judul gambar yang Anda gunakan serta dalam alt text-nya. Penambahan ini memang terkesan tidak ada apa-apanya untuk membantu meningkatkan ranking pencarian, namun hal ini akan membantu Google melacak situs Anda dalam pencarian image, membuka kesempatan situs Anda diakses oleh prospek yang mencari gambar yang relevan dengan kebutuhannya. Pastikan penambahan kata kunci ini seakurat mungkin dan sedeskriptif mungkin, sesuai dengan gambar yang Anda gunakan.

Keywords
Sumber gambar: udemy.com
  1. Pada URLs

URL atau link dari konten-konten yang dihasilkan oleh situs Anda dapat juga Anda tambahkan kata kunci yang secara akurat mendeskripsikan konten halaman Anda. Jika bisnis yang Anda pasarkan termasuk sering melakukan blogging, terdapat kesempatan besar untuk Anda mengoptimasi URL-URL yang dihasilkan sehingga setiap postingan memiliki URL uniknya masing-masing. Hanya, hati-hati saja dengan memasukkan terlalu banyak kata kunci karena search engine dapat mempenalti domain yang terlalu banyak memiliki kata kunci.

Apa saja kata kunci yang bisa mendukung bisnis Anda secara online? Mulailah pikirkan kata kunci yang tepat!

You may also like