Manfaat Melakukan Webinar Bagi Penjualan Anda

Webinar

Jika Anda merupakan seorang pemilik bisnis sekaligus pemasar dan penjual, maka Anda mungkin sedikit banyak sudah familiar dengan istilah webinar. Webinar merupakan kata yang terbentuk dari gabungan web dan seminar, dan merupakan aktivitas marketing yang berbentuk video conference yang dapat diikuti oleh banyak peserta dari seluruh penjuru dunia untuk saling berdiskusi atau memperkenalkan produk. Tidak hanya terkoneksi secara virtual dan mampu menjangkau orang-orang yang tidak terjangkau dengan pertemuan fisik, webinar juga merupakan alat pemasaran yang sangat efektif.

Tak terbatas oleh lokasi sehingga sangat menghemat biaya, webinar juga merupakan perwujudan nyata dari marketing mix di zaman modern seperti ini. Dengan melakukan webinar, Anda bisa berinteraksi langsung dengan banyak prospek sekaligus, menghubungkan prospek-prospek Anda satu dengan yang lainnya sebagai manfaat networking, serta memposisikan brand Anda di tengah masyarakat sambil menjangkau mereka yang berpengaruh dalam niche yang ingin Anda masuki. Manfaat-manfaat lainnya dari melakukan webinar bagi kegiatan online marketing dan sales Anda meliputi:

  1. Webinar membantu mendemonstrasikan keahlian brand atau keunggulan bisnis Anda

Webinar dapat menjadi sarana batu loncatan bagi Anda untuk dipandang sebagai seorang ahli, karena platform ini memiliki semangat berbagi ilmu. Ketika Anda mampu membagikan pengetahuan yang Anda kuasai dengan fasih, maka Anda otomatis akan menambah kredibilitas diri Anda dan brand Anda di mata calon customer, yang dapat berujung pada deal yang terjadi di masa depan. Mereka yang bergabung ke dalam webinar Anda jelas ingin mendapatkan sesuatu dari Anda yang sekiranya akan bermanfaat bagi mereka, tanpa perlu ditawarkan produk secara mentah-mentah.

  1. Webinar membantu Anda mengumpulkan feedback

Feedback merupakan komentar yang sangat krusial bagi brand serta bisnis Anda, terutama jika Anda mendapatkannya langsung dari komunikasi dua arah yang dilakukan via webinar. Anda dapat berinteraksi langsung dan secara instan dengan para prospek, serta mengumpulkan masukan dari mereka dan menganalisa solusi yang tepat bagi mereka untuk kemudian disesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Webinar
Sumber gambar: wpcurve.com
  1. Webinar sebagai wadah mengumpulkan lead

Lead atau prospek yang potensial dapat dijangkau menggunakan sesi webinar karena adanya kontak langsung serta database lengkap bagi Anda untuk melanjutkan dengan follow up di luar sesi webinar. Anda harus pintar-pintar memanfaatkan dan menjaga momen saat webinar tengah berjalan, agar prospek tidak kabur karena bosan atau tetap hadir tapi malas mendengarkan Anda. Selain itu, masukkan pertanyaan-pertanyaan yang mengharuskan mereka meninggalkan data mereka dalam form pendaftaran webinar, seperti nama depan, nama belakang, telepon yang bisa dihubungi, alamat email, perusahaan dan jabatan pekerjaan. Pastikan form pendaftaran tidak terlalu panjang agar mereka tidak merasa terhalangi dan memilih untuk membatalkan keikutsertaan.

Webinar
Sumber gambar: businessadvising.org
  1. Webinar dapat menjadi medium untuk mengumumkan adanya produk baru

Ketika Anda bersiap meluncurkan produk baru ke tengah publik, Anda dapat memanfaatkan platform webinar untuk mengadakan pengumuman, demo produk bahkan menawarkan harga diskon bagi mereka yang bergabung dalam webinar. Meski tidak selumrah melakukan launching secara fisik atau launching via media, memperkenalkan produk lewat webinar dapat meraih hingga ribuan orang tanpa Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra seperti biaya sewa tempat, mengundang wartawan lewat jasa Public Relations dan peralatan fisik lainnya.

Di tahun 2016 ini, cobalah memanfaatkan platform webinar dan lihat dampaknya bagi penjualan bisnis Anda!

You may also like