8 Tips Memilih Software Helpdesk Online yang Terbaik

Pentingnya Software Helpdesk Online

Software helpdesk online sangat membantu sebuah bisnis dalam mengelola keluhan, kritik, pertanyaan serta saran dari pelanggan. Dimana sebelumnya pelayanan pelanggan disampaikan melalui telepon atau email yang kurang responsif dan kerap terabaikan karena keterbatasan SDM.

Software helpdesk berbasis web ini memudahkan sebuah bisnis dalam mencatat semua masukan atau keluhan dari pelanggan dengan baik. Aplikasi helpdesk online juga mempermudah dalam mengontrol setiap keluhan yang ada dengan baik dan memonitor progresnya. Diharapkan dapat membantu merespon setiap keluhan secara efektif dan efisien.

Selain itu, aplikasi helpdesk online memudahkan pemilik usaha dalam mengevaluasi umpan balik dari pelanggan untuk membuat atau merubah kebijakan yang lebih efektif. Sebab kepuasan dan kenyamanan pelanggan dipercayai dapat meningkatan penjualan dan penilaian positif dimata pelanggan.

Ingin tahu lebih lanjut, Baca : Apa itu Aplikasi Helpdesk Online dan Manfaatnya

8 Cara Memilih Software Helpdesk Online

Berikut adalah beberapa poin yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih software helpdesk online terbaik:

1. Fitur lengkap

Umumnya setiap helpdesk software dilengkapi oleh berbagai fitur utama dan pendukung. Pastikan aplikasi yang dipilih memiliki fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

2. Otomatisasi

Fitur otomatisasi wajib dimiliki oleh aplikasi helpdesk berbasis web yang memudahkan kerja agen dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, bahkan diluar jam kerja. Fitur ini mengotomatisasikan fungsi sederhana seperti memberikan balasan otomatis dan sistem routing agen.

3. Terintegrasi dengan Software Lain

Sistem helpdesk yang baik memiliki kemampuan terhubung dengan software lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Email dan lainya. Hal ini sangat membantu untuk memperoleh insight yang luas terhadap keinginan dan kebutuhan pelanggan.

4. Memungkinkan Pelanggan Menemukan Sendiri Kebutuhannya

Sebagian pelanggan lebih nyaman untuk mencari jawaban sendiri dibandingkan harus menelpon atau menunggu balasan email. Pilihlah aplikasi ticketing helpdesk yang memungkinkan pelanggan menemukan kebutuhan mereka sendiri.

5. Sesuaikan Kebutuhan

Setiap bisnis memiliki kebutuhan masing-masing. Pilihlah aplikasi helpdesk online yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda. Selain itu juga harus mudah dipelajari dan digunakan oleh agen support. Misalnya mengatur balasan pada auto-responder atau alur percakapan pada sistem chatbot.

6. Sesuaikan Budget Anda

Software helpdesk online memiliki berbagai macam model, fungsi dan harga. Anda harus benar-benar mempertimbangkan mengenai biaya yang akan dikeluarkan. Helpdesk software ini dihargai dari ratusan ribu  hingga ratusan juta atau model berlangganan perbulan.

7. Aplikasi helpdesk mobile

Aplikasi helpdesk berbasis web saja mungkin dirasa tidak cukup untuk memberikan pelayanan maksimal. Kini sejumlah aplikasi ticketing helpdesk menyediakan versi mobile yang memungkinkan menjawab tiket dimana saja.

8. Uji Coba Gratis

Tidak mungkin Anda membeli setiap helpdesk software yang dianggap sesuai karena cukup mahal. Maka cobalah aplikasi helpdesk yang menawarkan demo gratis. Anda dapat mencoba fitur-fiturnya terlebih dahulu untuk memastikan apakah sesuai kebutuhan.

Informasi lebih jelas, Baca juga: 6 fitur penting dalam aplikasi helpdesk

Software Helpdesk Online Terbaik untuk Anda

software helpdesk qontak
Tampilan software helpdesk Qontak.com

Software helpdesk online berkembang yang semula digunakan untuk IT support, kini perusahaan menggunakannya sebagai bagian dari layanan pelanggan atau aplikasi untuk customer service. Perusahaan biasanya menyediakan helpdesk online untuk pelanggan melalui berbagai media seperti website dan aplikasi pesan instan (email, WhatsApp API dan WhatsApp Chatbot).

Qontak.com menyediakan solusi software helpdesk online terlengkap yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Qontak.com memiliki fitur canggih yang mudah disesuaikan dan digunakan dengan kebutuhan bisnis Anda untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Berikut kelebihan Qontak.com dibandingkan aplikasi ticketing helpdesk lainnya adalah:

  • Terintegrasi dengan software CRM dan Live chat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Dilengkapi dengan aplikasi mobile dan GPS offline yang memungkinkan untuk melacak lokasi sales lapangan Anda tanpa koneksi internet.
  • Laporan dashboard helpdesk yang berisi analis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya disusun per tenaga sales atau periode tertentu.
  • Didukung dengan software KPI dan manajemen tugas guna melacak kinerja tim dengan metric yang kustomable sehingga meningkatkan sales dan operasional bisnis.
  • Aplikasi CS terintegrasi dengan Whatsapp, Chat dan Call Center yang dapat merekam percakapan pelanggan secara instan.
  • Memiliki otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template spreadsheet dan word secara instan sehingga menghemat waktu dan biaya.
  • Dilengkapi sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.
Report CS dari aplikasi helpdesk berbasis web Qontak.com
Baca juga: 6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia

Coba Software Helpdesk Online Sekarang!

Software helpdesk online memudahkan bisnis dalam mengelola dan merespon tiket pelanggan dengan efisien sehingga memberikan customer experience yang lebih baik. Cobalah untuk memilih aplikasi helpdesk yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan pertimbangan yang ada.

Pilihlah software helpdesk online terbaik dikelasnya seperti Qontak.com. Selain memiliki fitur-fitur lengkap, Qontak.com juga menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan API WhatsApp Business  dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management.

Anda dapat mencobanya secara gratis atau hubungi kami.

You may also like