8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan

Manfaat CRM untuk perusahaan adalah apa?  CRM dalam bisnis adalah sebuah pola top-down yang berarti bahwa manajemen harus memberlakukan ini ke tim penjualannya agar CRM berhasil.

Dalam survei yang dilakukan oleh Qontak , klien Qontak mengalami peningkatan sebesar 64% dalam produktivitas tim setelah CRM diterapkan. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang penerapan CRM.

Manfaat CRM termasuk:

  1. Peningkatan Transparansi dan Produktivitas Data. Dengan melacak kegiatan tim penjualan dan tim bisnis, manajer dapat mengukur kinerja tiap-tiap individu secara akurat yang mna akan membuat mereka bertanggung jawab untuk memenuhi target.
  2. Hubungan klien yang lebih baik. Semakin banyak Anda tahu, dan ingat, tentang klien (atau pelanggan) Anda, maka semakin klien Anda tahu bahwa Anda peduli tentang mereka. Ini memungkinkan Anda untuk menjalin koneksi yang lebih kuat dan hubungan yang lebih dalam dengan klien Anda.
  3. Peningkatan kolaborasi tim. Di sinilah banyak perusahaan yang gagal meminta eksekutif mereka untuk menggunakan CRM kemudian gagal mendapatkan manfaat dari CRM. Manajer yang menggunakan CRM dapat dengan mudah menginstruksikan staf dan memantau kinerja mereka sehingga terjadi banyak kolaborasi diantaranya.
  4. Peningkatan pendapatan dan keuntungan. Dengan melacak semua prospek, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan. Setelah semua orang belajar dan menggunakan CRM – produktivitas meningkat, siklus penjualan menjadi lebih singkat, dan Anda memiliki kemampuan untuk menyediakan produk dan layanan tambahan kepada klien sehingga membuat kepuasan klien meningkat.
  5. Peningkatan efisiensi dalam melayani klien. Sekali lagi, semakin Anda tahu tentang klien, semakin baik kemampuan Anda untuk melayani mereka. Jika semua orang menggunakan CRM untuk merekam interaksi dengan pelanggan mereka – SETIAP interaksi klien, maka orang lain dalam perusahaan dapat melayani klien dengan pengetahuan yang sama tentang apa yang telah dibahas sebelumnya.
  6. Kepuasan staf lebih tinggi. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki karyawan Anda, maka mereka akan semakin mereka diberdayakan dan terlibat. Memiliki CRM yang akurat dan terkini yang digunakan setiap orang maka terdapat akses yang dapat membantu karyawan memecahkan masalah klien. Dengan demikian, dapat membuat karyawan dan klien senang.
  7. Penghematan biaya. Pada saat memulai penggunaan CRM dirasa mahal dan memakan waktu, seiring berjalannya waktu manfaatnya akan jauh lebih besar daripada biaya. Anggota tim penjualan dapat menjadwalkan pertemuan dengan prospek yang lebih baik di wilayah geografis yang sama. Tim pelayanan pelanggan lebih mampu menyelesaikan masalah klien. Anda sekarang memiliki klien pusat dan basis data prospek yang setiap orang dapat mengakses daripada setiap orang yang menyimpan spreadsheet atau database kontak terpisah di komputer mereka.
  8. Berkurangnya gesekan dengan klien. Ketika klien terlibat dengan hanya satu anggota perusahaan jasa profesional, risiko gesekan adalah 40%. Ketika lima atau lebih mitra terlibat dalam hubungan klien, risiko gesekan turun menjadi kurang dari 5%.
Source: CRMBenefits.com

Klik di sini untuk mempelajari lima alasan gagalnya implementasi software CRM.

Semoga tim manajemen Anda, dan perusahaan Anda, memiliki keinginan dan budaya mengenai pengembangan hubungan klien berdasarkan pada pengetahuan mengenai klien yang terus menerus tumbuh.

Baik Anda berada dalam tim penjualan maupun tim yang berfokus pada klien, semakin banyak yang Anda mengetahui tentang prospek dan klien Anda, semakin sukses Anda nantinya.

Anda memerlukan sistem CRM yang digunakan semua orang untuk menjalankan strategi Anda.

Jangan ragu, cobalah CRM Qontak secara gratis dalam 14 hari sekarang juga.

You may also like