8 KPI Yang Wajib Anda Ukur Untuk Memenuhi Target Penjualan

Dalam proses penjualan, terdapat banyak indikator yang dapat Anda ukur. Anda harus memilih apa yang ingin Anda lacak berdasakan apa yang ingin Anda ukur. Memilih KPI bisa menjadi sesuatu hal yang sulit, karena hasilnya sangatlah berfungsi untuk dapat memungkinkan Anda untuk melihat 10 langkah lebih jauh kedepannya.

Pencatatan Indikator dapat membantu Anda memperhitungkan peristiwa hanya setelah terjadi. Sebaliknya, Anda mengukur indikator utama secara real time.

Pemimpin harus mengidentifikasi indikator yang akan membantu mereka mencapai target penjualan mereka. Berikut adalah KPI yang perlu Anda ikuti untuk memprediksi kesuksesan Anda:

Seberapa efisienkah tenaga penjualan perusahaan Anda?

Cari tahu segera menggunakan Free Trial dari Qontak disini.

Indikator – indikator yang dapat membantu Anda dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis indikator, yaitu:

  • Indikator Kegiatan
  • Indikator Perilaku
  • Indikator Hasil

Indikator Kegiatan

KPI ini membantu Anda menentukan apakah Anda melakukan jumlah kegiatan penjualan yang tepat untuk memberi makan pipa Anda. Pada gilirannya, mereka membantu Anda mengelola secara real-time untuk dengan cepat mengatasi situasi yang dapat mencegah Anda mencapai target penjualan Anda.

  1. Jumlah Rapat Pertama

Jumlah pertemuan awal sangat penting ketika Anda ingin menambah jumlah klien baru. Pertemuan pertama sering kali merupakan langkah pertama dalam meningkatkan kemungkinan penutupan penjualan.

Misalnya, jika seorang rep dengan profil pemburu perlu mengadakan dua pertemuan dengan prospek baru setiap minggu, KPI ini memungkinkan Anda untuk membantu mereka menyesuaikan jumlah kegiatan yang mereka lakukan untuk mencapai tujuan ini. Dengan memantaunya setiap minggu, Anda bisa menghindari kekurangan pada akhir bulan ketika akan lebih sulit untuk mengisi kesenjangan.

  1. Menghubungi Klien Baru

Indikator ini mengukur semua kegiatan yang diperlukan untuk menjangkau klien potensial (mis., Email, telepon, jaringan, acara, media sosial). Lacak indikator ini untuk mengukur apakah ada cukup banyak kegiatan yang dilakukan untuk mendaratkan pertemuan pertama yang diperlukan. Karena mencoba menghubungi seorang pemimpin tidak sama dengan bertemu seorang pemimpin, Anda harus mengetahui volume yang diperlukan untuk mencapai target rapat Anda.

Indikator Perilaku

Antara Indikator Aktivitas yang membantu mengumpankan pipa dan Indikator Hasil yang mengukur hasil, Anda memerlukan metrik perantara.

  1. Nilai Total Peluang di Setiap Langkah Pipa

Dengan ukuran ini, Anda dapat mengetahui kapan saja jika Anda memiliki peluang yang cukup dalam pipa untuk mencapai target penjualan yang Anda inginkan. Biasanya, nilai total dari setiap langkah akan berkurang saat Anda maju melalui berbagai tahap pipa.

Jika ini bukan masalahnya, saluran pipa Anda tidak memiliki bentuk corong klasik, yang berarti Anda memiliki masalah.

  1. Durasi Rata-Rata dari Setiap Langkah dalam Proses Penjualan

Gunakan proses penjualan dengan durasi yang ditentukan terdiri dari langkah-langkah dengan kerangka waktu yang sama-sama spesifik. Menentukan durasi setiap langkah memungkinkan Anda untuk menyingkirkan peluang yang masih ada. Semakin lama mereka tinggal di dalam pipa melebihi panjang optimal, semakin sedikit kesempatan mereka untuk menutup.

 

Indikator Hasil

Anda dapat mengikuti indikator penjualan ini pada interval yang lebih lama, terutama jika siklus penjualan Anda berlangsung beberapa bulan. Saya menyarankan Anda untuk berkonsultasi setiap bulan, tetapi Anda bisa menunggu lebih lama jika Anda lebih suka analisis triwulanan.

  1. Pendapatan dan Keuntungan Penjualan

Kedua indikator ini sangat penting dalam bisnis apa pun. Yang pertama mengukur volume penjualan dalam dolar, sedangkan yang kedua mengukur laba atas penjualan.

  1. Tingkat Konversi

Ini mewakili persentase peluang penjualan yang membuatnya dari satu langkah proses penjualan ke langkah berikutnya. Anda harus melacak antara 3 dan 5 – Metodologi Penjualan Dasar, misalnya, memiliki 3. Meskipun tingkat konversi adalah indikator hasil, Anda dapat menggunakan angka setelahnya untuk menentukan jumlah kegiatan penjualan yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

  1. Penjualan Baseline

Tingkat konversi seperti yang diilustrasikan oleh metode Penjualan Dasar-Foto kredit: Prima Ressource

  1. Nilai Penjualan Rata-rata

Indikator ini berguna saat menghitung nilai rata-rata penjualan pertama. Ukuran ini membantu perwakilan mengetahui sekilas jika akun baru berada dalam kisaran nilai rata-rata dan juga dapat digunakan untuk menghitung persyaratan pipa secara memadai.

 

CRM Anda harus menghitung indikator-indikator ini untuk Anda, memungkinkan Anda untuk melacaknya secara visual, dan mengingatkan Anda untuk setiap penyimpangan target. Mengelola penjualan bukan tentang melihat ke belakang, tetapi tentang melihat ke depan, itulah sebabnya sangat penting untuk fokus pada kegiatan dan perilaku. Untuk mencoba uji coba gratis dan konsultasi secara mendalam, hubungi tim Qontak di link disini dan kami akan melayani Anda.

Untuk mempelajari KPI atau Key Performance indikator lebih lanjut Anda dapat membaca artikel dibawah ini:

You may also like