8 Hal Yang Dapat Membantu Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan

Bisnis dengan orientasi profit, baik itu berupa produk maupun jasa, tentu selalu mencari cara untuk meningkatkan tingkat penjualan.

Seiring berjalannya waktu, persaingan bisnis-pun semakin ketat. Dalam waktu yang singkat, banyak bermunculan pesaing baru yang akan segera mengeluarkan produk / jasa yang serupa dengan bisnis Anda.

Jika tim penjualan tidak mampu bersaing dan menjual produk / jasa Anda, maka bisa dipastikan bisnis yang Anda jalankan tidak akan berlangsung lama. Namun bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan dan memenangkan persaingan yang ketat ini? Berikut beberapa metode yang bisa anda terapkan untuk membantu meningkatkan penjualan.

 

1. Target yang Jelas

Tentukan seberapa besar target penjualan Anda. Dengan mengetahui seberapa besar target yang harus dicapai, maka akan lebih mudah untuk menentukan strategi penjualan.

 

2. Tampilkan Demo yang Menarik

Calon pelanggan Anda, pasti telah beberapa kali melihat demo produk / jasa yang serupa dengan bisnis Anda. Tampilkanlah demo yang menarik dan berbeda, maka calon pelanggan Anda pun akan dengan segera memlih produk / jasa yang Anda tawarkan.

 

3. Adakan Kompetisi Internal

Sumber Gambar : Devomania
Sumber Gambar : Devomania

Sebuah kompetisi dapat meningkatkan tanggung jawab dan semangat. Mengadakan kompetisi seperti memberikan hadiah kepada tim yang mencapai target, akan membantu tim untuk mendongkrak penjualan dan bergerak ke arah yang benar.

 

4. Perbanyak Pintu Penjualan

Buka pintu penjualan sebanyak-banyaknya agar menyentuh seluruh pasar. Jika saat ini Anda hanya memiliki usaha offline, perluaslah dengan memasuki ranah online.

Artikel terkait : Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis

 

5. Selalu follow-up calon pembeli

Berdasarkan riset, 80% penjualan memerlukan 5 kali follow-up [Sumber: The Marketing Donut].

Pastikan untuk selalu melakukan follow-up calon pelanggan dengan cara dan waktu yang tepat.

Artikel terkait : Trik Follow Up Sukses

 

6. Hemat waktu dengan menggunakan database

infofree.com
infofree.com

Dapatkan data calon pelanggan yang sesuai dengan target bisnis Anda. Dengan melakukan pencarian melalui platform database seperi Qontak.com tentunya akan menghemat waktu dan biaya Anda.

Artikel terkait : Apa itu Qontak.com

 

7. Berikan perhatian yang lebih

Perlakukan pelanggan bagaikan raja. Perhatian ekstra dan komunikasi dua arah dari Anda, akan membuat mereka merasa penting sehingga tercipta hubungan yang lebih personal. Hal tersebut akan membuat mereka menjadi pelanggan yang setia, yang tentunya akan menguntungkan bisnis Anda.

 

8. Manfaatkan Koneksi Pribadi

Dalam dunia bisnis, koneksi adalah segalanya. Manfaatkanlah segala koneksi yang Anda miliki, baik itu teman, keluarga atau siapapun yang anda kenal untuk mendapatkan referral dari mereka.

 

Beberapa hal diatas mungkin bukan hal baru bagi Anda, namun tidak ada salahnya mengambil langkah proaktif dan kembali mencoba hal tersebut untuk meningkatkan penjualan Anda.

You may also like

× Contact Us!