Manajemen Effisiensi Waktu.

Terkadang kita berharap waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan semua pekerjaan atau rencana di satu hari setelah bingung dengan apa saja yang kita lakukan sehingga waktu terasa cepat dan tidak cukup padahal kita sendiri yang sudah mengatur jadwal.

Kemampuan untuk memanajemen waktu dengan baik inilah yang sangat diiinginkan oleh semua orang tapi terlihat sangat sulit untuk dilakukan.

Beberapa langkah berikut dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

Di Mulai Dengan Keteraturan

Keteraturan atau teratur bukan hal yang sulit namun bukan hal yang mudah juga untuk dilakukan. Sebagai kunci utama dari manajemen waktu, keteraturan sangat mutlak diperlukan, tanpa keteraturan akan sulit bagi kita untuk melihat apa yang harus selesai, dan prioritas di saat itu juga rencana jangka panjang.

Ketika hal ini tercapai, selain kemampuan kita meningkat juga apresiasi terhadap waktu akan semakin terjaga dengan sejumlah target yang terus berganti dan bertambah.

Terukur & Jelas

Target adalah sesuatu yang harus ada dalam setiap kegiatan maupun aktivitas apalagi di dunia profesional dimana target dan pencapaian selalu menjadi tolak ukur keberhasilan dari pekerjaan yang dilakukan, bahkan pekerjaan dengan level paling bawah pun memiliki target.

Target harus jelas, maksudnya jelas adalah sesuai dengan jobdesk dan bidang yang Anda ingin capai, bisa dari pimpinan apabila Anda seorang karyawan atau dari diri Anda sendiri apabila Anda pemilik usaha.

Target harus terukur, dalam artian kita memahami target tersebut dan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikannya, komitmen dan persiapan penting dimana timeline pekerjaan tanpa perhitungan atau asa – asalan akan menghasikan sesuatu yang asal – asalan juga.

Terakhir, Tentukan Prioritas

Semua pekerjaan pasti penting untuk diselesaikan, tapi ada prioritas dimana “sense of urgency” harus di letakan dipekerjaan itu agar urutan pekerjaan lainnya lancar dan waktu tetap terjaga.

Gambar berikut akan menjelaskan bagaimana cara membagi prioritas pekerjaan dengan mudah

 

prioritas

 

 

You may also like