Qontak WhatsApp

Bagaimana Cara Membuat Customer Memilih Anda?

Membuat Customer Memilih

Di dalam dunia sales modern, strategi Anda dalam mendapatkan customer sudah mengalami pergeseran dari “menabrak” semua klien potensial menjadi fokus membuat customer tertarik dan akhirnya memilih Anda. Jika Anda merupakan salesperson dari suatu bisnis, maka Anda perlu melakukan penyesuaian strategi penjualan agar klien datang sendiri tanpa Anda perlu bekerja keras. Berikut ini beberapa tips untuk mewujudkan hal tersebut:

  1. Jangan sampai menargetkan semua orang

Menargetkan semua orang adalah kesalahan pemula dalam dunia sales yang seharusnya tidak Anda ulangi. Memperluas target Anda membuat Anda kurang produktif dan hanya buang-buang waktu saja. Tentukan satu niche customer potensial yang ingin Anda tuju, dan pastikan Anda mempersiapkan strategi Anda sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat bagi niche tersebut. Pada dasarnya, Anda tidak akan bisa memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat luas, jadi sebaiknya fokuslah pada satu yang paling relevan dengan bisnis Anda.

  1. Rancang strategi marketing yang menghibur

Meski iklan yang ditayangkan di televisi atau media cetak memang baik untuk menyampaikan informasi produk Anda, hal ini tidak akan menjamin terjadinya konversi atau transaksi. Anda perlu menampilkan pemicu yang sulit ditolak dalam kemasan kampanye marketing yang menarik, mudah diingat, jika memungkinkan juga lucu dan berharga untuk dibagikan oleh orang untuk orang lainnya. Tanpa hal ini, produk Anda juga akan mudah dilupakan.

Membuat Customer Memilih
Sumber gambar: turbotax.intuit.com
  1. Jangan ragu menyediakan sumber daya gratis

Menggratiskan jasa atau produk Anda dalam bentuk bundling atau dengan sales funnel dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan calon customer dan membuat mereka akan kembali lagi menggunakan brand Anda dan membantu memposisikan Anda sebagai ahli di bidang Anda.

  1. Manfaatkan posisi otoritas

Memposisikan diri sebagai pemilik otoritas membuat Anda dapat dilihat sebagai ahli pada bidang yang Anda pilih. Strateginya adalah dengan membangun network bersama sesama ahli di bidang yang sama atau dengan meminta izin pemilik bisnis di bidang yang relevan dengan bisnis Anda untuk memperbolehkan Anda memasang logo mereka atau meminta testimoni Anda di website bisnis Anda. Tampilkan diri Anda di media yang relevan dengan berusaha mendapatkan review mengenai bisnis Anda. Lakukan berbagai share di media sosial Anda berisikan informasi yang sesuai dengan bidang bisnis Anda dan yang memiliki nilai manfaat.

Membuat Customer Memilih
Sumber gambar: progressfocused.com
  1. Bangunlah profil digital yang kuat

Profil digital yang kuat merupakan sarana Anda untuk membangun branding diri Anda sendiri sehingga membuat customer yang memang mencari bisnis Anda datang sendiri kepada Anda. Pastikan apa yang ditampilkan di dunia maya ketika seseorang mengetik nama Anda cukup meyakinkan untuk membuat kesan pertama yang baik bagi calon customer atau calon klien Anda. Tunjukkan apa minat Anda, keahlian Anda dan orang seperti apa Anda dari profil Anda di dunia digital. Inilah resume online Anda yang bisa diakses oleh siapa saja sekarang, jadi sebaiknya, persiapkan hal ini secara matang agar kesan yang baik tidak hancur berantakan saat mengecek nama Anda di dunia maya.

Mana yang belum Anda lakukan? Ini saatnya bagi Anda untuk melakukan penyesuaian!

You may also like

By