Qontak WhatsApp

7 Teknik Pemasaran Ini Bantu Anda Sukses Memasarkan Produk Baru

Mengeluarkan sebuah produk atau jasa baru merupakan keniscayaan yang harus dilakukan bagi sebuah bisnis. Tujuannya jelas, yakni agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuat pelanggan semakin loyal. Namun tentu ada tugas lain yang menanti Anda setelah itu, yakni memasarkan produk atau jasa baru.

Sebagus dan sehebat apa pun produk atau jasa baru tetap saja dapat gagal di pasar bila Anda salah dalam memasarkannya. Dan kebanyakan pemasar pasti menggunakan metode pemasaran yang umum, yakni menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk iklan di televisi, radio, koran, internet, spanduk dan billboard tanpa memilah-milah.

Tentu menggunakan metode pemasaran seperti di atas tidaklah salah. Namun bila Anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan hasil maksimal, tentu akan jauh lebih baik.

Karena itu Anda perlu tahu 7 teknik pemasaran yang dapat membantu Anda sukses memasarkan produk atau jasa baru.

1. Identifikasi Target Pasar Anda

Sebelum memutuskan untuk membuat produk atau jasa baru tersebut, tentu Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu perihal target pasar Anda. Data-data riset tersebut harus Anda buka kembali saat ingin memasarkan produk Anda. Ketahui usia, jenis kelamin, status sosial dan ekonomi, dan ketahui motivasi atau alasan target market Anda mau membeli produk Anda.

2. Jabarkan Keunikan Produk/Jasa Baru Anda

Selayaknya produk atau jasa baru yang belum banyak diketahui orang, maka Anda harus menjabarkan berbagai keunikan atau kelebihan yang ditawarkan. Sehingga target market Anda pun dapat mengidentifikasi apa yang menjadi keunggulan produk Anda dibandingkan kompetitor atau produk sebelumnya.

Keunikan dan kelebihan dapat terbentuk melalui berbagai hal, seperti harga yang lebih bersaing, kualitas, bahan dasar, daya tahan, garansi, pelayanan, dan keuntungan yang didapat oleh pelanggan nantinya. Jangan lupakan bahwa hal yang membuat pelanggan mau membeli produk Anda adalah kegunaan produk tersebut bagi mereka. Keuntungan dan manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari produk tersebut.

Marketing Technique
Sumber Gambar: telllu.com

3. Bocorkan Informasi Sedikit Demi Sedikit

Rasa penasaran pada umumnya dapat mendorong seseorang begitu menginginkan sesuatu. Itulah yang bisa Anda ciptakan pada pelanggan Anda sebelum benar-benar mengeluarkan produk atau jasa baru Anda ke pasar. Buat rasa penasaran itu dengan membocorkan sedikit demi sedikit informasi mengenai produk atau jasa baru Anda. Dan Anda bisa memulainya dengan tagline “Coming Soon”.

4. Gandeng Influencer Ketika Launching

Saat ini keberadaan influencer dapat sangat menguntungkan bagi sebuah merek. Pasalnya, besarnya pengaruh influencer dapat membuat produk Anda yang baru cepat laku di pasar. Namun pastikan bahwa produk atau jasa Anda yang baru sesuai dengan latar belakang atau kesibukan influencer tersebut. Sehingga influencer pun terlihat benar-benar membutuhkan produk atau jasa baru Anda.

Dampak linfuencer yang besar dan luas juga tentu dapat lebih menguntungkan Anda dalam meminimalisir pengeluaran untuk iklan di televisi, radio, koran, internet, spanduk dan billboard.

5. Sebarkan Press Release Berkelanjutan

Umumnya produsen besar sering mengundang wartawan dalam proses launching produk baru mereka. Tujuannya agar peluncuran tersebut dapat diberitakan dan dibaca oleh khalayak luas. Tapi, satu kesalahan yang sering dilakukan produsen besar yaitu hanya memberikan press release saat launching. Setelah itu tak ada press release lagi yang diberikan.

Anda perlu menambahkan lagi hal yang dilakukan produsen besar tersebut, yakni hasilkan press release berkelanjutan. Setelah press release saat launching, Anda bisa menyebarkan press release yang berisikan testimoni pelanggan, kabar mitra terkait, atau hal lain yang masih berhubungan dengan produk atau jasa baru Anda. Sehingga berita yang bersangkutan dengan produk atau jasa baru Anda masih dapat terus tersiar.

Marketing Technique
Sumber Gambar: makomarketing.com

6. Biarkan Pelanggan Mencoba Sebelum Membeli

Beri kesempatan kepada pelanggan Anda untuk mengenali lebih dekat produk atau jasa baru yang Anda tawarkan. Anda bisa membuat versi uji coba gratis bila produk baru Anda berupa aplikasi. Atau Anda bisa berikan ulasan berupa video produk. Atau selipkan jasa terbaru Anda sebagai jasa gratis lebih dulu pada pelanggan yang menggunakan layanan jasa Anda yang sudah ada sebelumnya.

7. Tentukan Tempat dan Media Iklan Anda

Beriklan memang perlu dilakukan agar pelanggan Anda dapat selalu teringat pada produk Anda. Inilah kekuatan iklan yang paling diincar. Tapi Anda tak boleh sembarangan memasang iklan agar hasilnya setimpal dengan pengeluaran Anda nantinya.

Memasang iklan di televisi, radio, koran, internet, spanduk dan billboard tentu memerlukan biaya yang tak sedikit. Apalagi setiap media belum tentu efektif dan tepat bagi produk baru Anda. Karena itu Anda harus tahu betul target market Anda, seperti tempat apa yang sering mereka kunjungi, apakah mereka lebih sering menonton televisi atau mendengar radio, apakah mereka aktif di internet atau tidak, atau website seperti apa yang sering mereka kunjungi.

Bagaimanapun, teknik pemasaran yang tepat perlu dilakukan agar produk atau jasa baru Anda berhasil di pasaran. Sebab tanpa teknik pemasaran yang tepat, maka produk atau jasa baru Anda tidak mungkin dapat sampai ke pelanggan yang membutuhkannya. Sehingga sudah pasti produk Anda akan gagal di pasar. Karena itu 7 teknik pemasaran ini dapat menjadi pegangan bagi Anda agar lebih berhasil memasarkan produk atau jasa yang baru.

You may also like

By