7 Modul CRM Paling Penting yang Perlu Anda Tahu

Modul CRM

Apa saja modul yang terpenting dalam sebuah sistem CRM?

Jawabannya tergantung pada jenis industri dan besar kecilnya perusahaan Anda. Sebagian besar software CRM saat ini menyediakan modul beragam. Software CRM tidak hanya terdiri dari satu atau dua fungsi saja, tetapi memiliki kumpulan modul yang terintegrasi untuk mengelola data yang ada.

Modul-modul CRM ini memiliki tugas yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Secara umum, modul-modul ini digunakan untuk memudahkan proses dalam bisnis yang biasanya kompleks. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan fungsi tugas modul tersebut dalam satu platform CRM. Sebab, tiap modul memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing.

Dengan berbagai tugas modul CRM yang ditawarkan, pertanyaannya adalah mana saja yang menjadi modul utama agar CRM dapat berjalan efektif? Tentu hal ini disesuaikan dengan jenis industri dan bisnisnya. Sebuah perusahaan transportasi mungkin akan lebih berfokus pada logistik dan pelacakan melalui GPS, sedangkan perusahaan retailer mungkin akan berfokus pada purchase order dan feedback pelanggan.

Secara umum, berikut adalah 7 modul utama yang harus ada pada software CRM Anda

Modul 1: Manajemen Kontak

Hal paling penting dalam sebuah bisnis adalah pelanggan. Untuk mengelola agar informasi pelanggan lebih terorganisir, modul manajemen kontak merupakan fitur CRM yang sangat penting bagi perusahaan.

Manajemen kontak yang efektif merupakan salah satu kunci kesuksesan strategi CRM. Pengguna CRM dapat menyimpan detail calon pelanggan maupun pelanggan eksisting, dan melacak interaksi pelanggan dengan perusahaan. Hal ini akan menciptakan hubungan yang lebih baik dan berkelanjutan dengan pelanggan.

Selain itu, manajemen kontak juga dapat menganalisis kebutuhan pelanggan dan mempersingkat proses perjalanan pelanggan. Hal ini akan membuat interaksi pelanggan bersifat personal dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, modul ini juga dapat digunakan untuk menganalisis buyer persona.

Modul CRM

Modul 2: Analisis CRM

Kumpulan data saja tidak cukup. Manajer harus menganalisis data tersebut. Modul analisis dalam CRM digunakan perusahaan untuk mengelompokkan pelanggan, menganalisis keuntungan, dan memperoleh customer view secara 360o, dan memprediksi kesuksesan.

Analisis ini akan mengurangi kemungkinan waktu yang terbuang dan usaha yang sia-sia akibat pemahaman yang salah atau kurang tepat terhadap data yang ada. Selain itu, modul analisis ini akan mempermudah atasan untuk melihat hasil analisis dalam bentuk laporan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Modul 3: Pelaporan

Data tanpa analisis tidak akan ada artinya. Sistem CRM harus mampu memroses dan menganalisis data secara efektif. Analisis data tersebut dapat dilihat dalam bentuk laporan. Laporan ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan proses bisnis di dalamnya. Beberapa pelaporan dalam sistem CRM yang paling berharga adalah pipeline report untuk melihat peluang sales, laporan aktivitas untuk melacak kegiatan anggota tim, laporan keluhan pelanggan, dan pelacakan calon pelanggan.

Modul 4: Modul Manajemen Kinerja

Dulu, sulit untuk menilai kinerja tim sales yang sedang berhadapan dengan client secara manual. Anda tidak tahu apakah yang mereka laporkan sesuai dengan kenyataan. Sekarang, dengan adanya fitur pada software CRM, Anda dapat melacak aktivitas tim sales Anda.

Modul ini dapat menilai key performance indicators atau KPI yang bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan. Fitur live check-in dengan GPS dapat melacak keberadaan anggota tim. Selain itu, Anda juga dapat melihat berapa jumlah penjualan dan keuntungan yang dihasilkan oleh masing-masing anggota sales.

Dengan demikian, Anda dapat melihat dengan jelas kinerja tiap anggota tim Anda dan mempermudah penilaian mereka.

Live GPS pada CRM

Modul 5: Manajemen Media Sosial

Saat ini, pelanggan akan merasa lebih nyaman untuk melakukan komunikasi melalui media sosial. Ketika ingin menanyakan informasi suatu produk ke perusahaan, pelanggan pasti akan mencari apa media sosial yang bisa dihubungi.

Modul ini berfungsi untuk mengintegrasi berbagai platform media sosial seperti WhatsApp, Line, Telegram, dan Facebook Messenger secara langsung ke sistem CRM perusahaan. Semua kontak dan percakapan yang ada di media sosial tersebut akan masuk dan terekam secara otomatis. Dengan demikian, Anda tidak perlu memasukkan data ke sistem CRM secara manual.

Modul CRM

Modul 6: Call center

Modul call center akan membantu dalam membuat panggilan, merekam panggilan, dan melacak riwayat panggilan. Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan detail interaksi dengan pelanggan. Modul ini biasanya dilengkapi notifikasi yang akan menginformasi Anda untuk melakukan panggilan yang terjadwal. Anda dapat melakukan panggilan secara otomatis kepada pelanggan potensial.

Beberapa modul call center pada software CRM juga dilengkapi Robocall Technology System, seperti yang dimiliki oleh Qontak. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan kepada ribuan orang secara otomatis yang akan menghemat pengeluaran bisnis Anda.

Modul ini akan sangat bermanfaat bagi tim sales dan customer service. Sistem CRM dapat menyimpan seluruh riwayat percakapan secara otomatis. Anda dapat menggunakan ini untuk menilai kinerja tim customer service, yaitu dengan melihat berapa banyak percakapan yang dilakukan, berapa lama percakapan terjadi, dan berapa jumlah pelanggan yang berhasil ditangani. Bagi sales manager, modul ini juga berfungsi untuk melihat kinerja anggota tim dengan melihat berapa panggilan yang berhasil dilakukan oleh masing-masing anggota. Hal ini akan berguna untuk menganalisis laju call-to-conversation anggota tim.

Modul 7: Sistem mobile CRM

Mobile CRM saat ini menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Pengguna sistem CRM perlu untuk mengakses software kapan pun dan di mana pun mereka berada. Keunggulan utama dari modul ini tentu saja ketersediaan sistem CRM selama 24/7. Tenaga sales dapat melakukan live check-in dengan GPS melalui smartphone mereka tanpa kesulitan. Tim customer service akan mendapat notifikasi langsung terhadap permintaan pelanggan dan menanganinya dengan mudah dan cepat.

Selengkapnya mengenai kelebihan penggunaan sistem CRM di smartphone.

Kesimpulan

Itulah 7 modul utama yang harus ada dalam software CRM Anda. Namun, Anda mungkin tidak membutuhkan semua modul tersebut. Dengan mengetahui tugas modul CRM di atas, Anda dapat menyesuikannya dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pastikan software CRM yang Anda miliki benar-benar membantu Anda dalam bisnis.

Jika Anda membutuhkan konsultasi modul apa saja yang dibutuhkan bisnis Anda, silakan hubungi kami. Kami dapat memberikan free trial selama 14 hari untuk Anda.

× Contact Us!