7 Langkah Mengembangkan Strategi CRM

strategi crm

Mengapa Anda membutuhkan strategi CRM untuk bisnis Anda?

Tingginya persaingan di pasar dengan jenis bisnis yang sama membuat pelanggan dihadapi dengan banyak pilihan. Apa yang bisa membuat bisnis Anda unggul dibandingkan dengan bisnis serupa? Bagaimana membuat pelanggan memilih dan loyal terhadap brand Anda? Anda memerlukan strategi bisnis untuk memenangkan persaingan dan menjalankan operasional bisnis secara efektif. Salah satunya adalah dengan mengembangkan strategi CRM.

Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu strategi CRM dan mengapa hal tersebut penting untuk bisnis Anda.

Apa itu strategi CRM?

Customer relationship management atau CRM adalah sebuah software yang dapat menyimpan seluruh data penjualan dan pelanggan dalam satu platform.

Strategi CRM meliputi kemampuan bisnis dalam memanfaatkan software CRM dengan data pelanggan untuk mencapai tujuan bisnis. Salah satu kunci sukses CRM dalam membangun CRM yang baik dan efektif adalah memilih partner yang tepat.

Membangun strategi CRM membantu bisnis dalam hal:

  • Merampingkan dan mengukur proses penjualan. Software CRM dapat digunakan bisnis untuk mengelola sales pipeline, calon pelanggan, dan close deal.
  • Memberikan customer service yang lebih baik. Banyak perusahaan menggunakan CRM untuk membantu tim customer service dalam memberikan informasi bisnis secara real time. Hal ini dapat membantu penanganan pelanggan lebih mudah.
  • Mendorong tingkat customer retention dan loyalitas brand. Anda dapat meningkatkan customer experience melalui proses CRM
  • Mengambil keputusan berdasarkan data

Seluruh manfaat CRM tersebut membuat CRM menjadi platform yang tepat untuk menumbuhkan dan meningkatkan bisnis Anda.

7 Langkah Mengembangkan Strategi CRM

  1. Tentukan tujuan bisnis

Setiap keberhasilan strategi CRM diawali dengan tujuan dan sasaran yang jelas yang spesifik. Anda dapat memulainya dengan menggunakan metode SMART, yaitu Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-Bound.

strategi CRM

Anda bisa memulai dengan pertanyaan seperti:

  • Seperti apa bisnis Anda di masa depan?
  • Apa yang Anda butuhkan untuk berhasil? Apakah pelanggan baru, atau penjualan yang tetap?
  1. Temukan dan rekam baseline bisnis Anda

Untuk mengukur keberhasilan CRM, Anda harus menentukan baseline sebagai dasar untuk dikembangkan. Lacak dan rekam seluruh data pelanggan yang berhubungan dengan tujuan bisnis Anda.

Jika ingin meraih lebih banyak pelanggan, Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu ebrapa banyak pelanggan yang dicapai tiap minggunya. Selidiki dari mana mereka berasal dan evaluasi laju konversi mereka

Jika ingin memperbaiki sales funnel pada pelanggan, temukan di mana hambatan yang ditemui tim sales Anda.

Anda perlu melacak key performance indicator (KPI) melalui aplikasi KPI. KPI akan menunjukkan bagaimana ketercapaian bisnis terhadap tujuan yang ingin diraih.

  1. Tentukan segmen pelanggan

Segmentasi pelanggan membantu bisnis dalam menargetkan pelanggan secara lebih fokus dan spesifik.

Tiap segmen pelanggan memiliki situasi dan kondisi yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan mereka dalam membeli. Hal ini berarti tiap segmen memerlukan pendekatan yang berbeda.

Data yang telah terkumpul harus dibedakan berdasarkan tiap segmen pelanggan. Hal ini untuk mempermudah dalam melakukan analisis dan pendekatan yang tepat.

strategi crm

  1. Dokumentasikan seluruh interaksi pelanggan

Selain berkutat pada data pelanggan, Anda juga perlu melihat seluruh proses sales yang terjadi pada tiap pelanggan dalam sales funnel. Hal ini dapat dilakukan melalui aplikasi tracking atau aplikasi mapping sales.

Penting bagi sebuah bisnis untuk melihat seluruh interaksi pelanggan, mulai dari chat yang masuk, preferensi produk, dan lain sebagainya.

Ketika melihat apa yang dialami pelanggan, Anda dan tim dapat mengetahui perbaikan seperti apa yang harus dilakukan. Identifikasi permasalahan yang ada untuk membangun solusi terbaik dan memperbaiki customer experience.

  1. Membuat strategi CRM

Gunakan strategi CRM sebagai pegangan untuk meraih tujuan bisnis Anda dengan menggunakan CRM software.

Selain perencanaan yang baik dan menggunakan software CRM yang tepat, Anda perlu sumber daya manusia, waktu, pastinya biaya. Salah satu kendala dalam implementasi CRM adalah bagaimana meyakinkan orang untuk berubah. Oleh karena itu, pastikan seluruh karyawan memahami visi yang sama dalam mencapai tujuan dengan CRM.

  1. Menemukan software CRM terbaik

Terdapat banyak aplikasi CRM di pasaran saat ini, dan menentukan mana yang terbaik bagi bisnis Anda dapat membingungkan. Terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi CRM Jakarta dan Indonesia terbaik, beberapa di antaranya adalah:

  • Fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
  • Kemudahan integrasi dengan software lain

Untuk dapat memperoleh hal tersebut, aplikasi CRM Qontak dapat menjadi pilihan Anda.

  1. Bagikan strategi CRM yang sudah dibuat dengan tim

Pengelolan data dengan aplikasi CRM membantu meningkatkan kolaborasi antar departemen. Tim sales, customer service, hingga marketing akan bekerja sebagai satu kesatuan tim.

Untuk memastikan tim Anda memiliki visi yang sama, tonjolkan bagaimana sistem CRM dapat memberikan keuntungan bagi tiap anggota tim.

Implementasi strategi CRM tidak dapat terjadi dalam waktu singkat. Dibutuhkan waktu untuk adaptasi bagi tiap karyawan maupun proses bisnis secara keseluruhan.

Anda mungkin perlu jadwal tersendiri untuk melatih tim Anda. Setelah beberapa saat, seluruh tim akan merasakan manfaat dari proses bisnis yang baru dan mulai memperoleh data berharga untuk meraih tujuan bisnis semakin dekat.

Kembangkan strategi CRM Anda

Dengan mengikuti 7 langkah di atas, Anda dapat mengembangkan strategi CRM untuk bisnis Anda dan membuat proses sales berjalan lebih mulus dan mudah bagi semua orang.

Memilih software CRM yang tepat akan sangat membantu dalam keberhasilan strategi CRM. Konsultasikan bisnis Anda bersama Qontak dan kembangkan strategi CRM Anda bersama kami.

× Contact Us!