7 Karakteristik CRM yang Baik dan Berhasil

karakteristik CRM

Apa saja karakteristik CRM yang harus diperhatikan untuk implementasi pada bisnis Anda?

Customer relationship management atau CRM dapat membantu mengembangkan dan mengotomatisasikan bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dan melakukan penjualan. Berbagai jenis dan skala bisnis yang beragam mungkin akan memerlukan aplikasi CRM yang berbeda pula untuk memenuhi kebutuhan mereka. Terlepas dari apa pun aplikasi CRM yang digunakan, terdapat beberapa karakteristik CRM yang harus diperhatikan untuk implementasi dalam bisnis.

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis Kecil/UMKM

Bisnis sangat bergantung pada pelanggan. Oleh sebab itu, customer service dan kepuasan pelanggan harus menjadi perhatian utama dalam bisnis. CRM hadir untuk menjadi solusi bisnis tersebut.

Apa itu CRM? Customer relationship management atau CRM adalah istilah yang merujuk pada penerapan, strategi, atau teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan selama siklus pelanggan berlangsung. CRM membantu bisnis berkembang dengan mengelola hubungan dan data pelanggan sehingga bisnis dapat berjalan lebih efisien dan efektif.

Bagaimana karakteristik CRM yang baik?

Banyak bisnis telah beralih ke sistem CRM karena menyadari manfaat CRM dan kegunaan CRM, terutama dalam mengotomatisasi dan merampingkan proses penjualan. Otomatisasi proses penjualan ini sering disebut juga Sales Force Automation (SFA).

Aplikasi CRM yang tersedia di pasaran saat ini memiliki berbagai fitur dan modul CRM yang beragam. Hal ini dapat membingungkan untuk memilih mana yang terbaik. Tentunya fitur dan modul tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Walapun kebutuhan bisnis dapat berbeda-beda, secara umum berikut ini adalah karakteristik CRM yang baik untuk kesuksesan implementasi dalam bisnis.

7 Karakteristik CRM yang Baik dan berhasil

  1. Memperbaiki customer experience

Sesuai dengan namanya, CRM atau manajemen hubungan pelanggan bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. CRM yang baik harus dapat melihat profil pelanggan secara menyeluruh, bukan hanya sekedar kumpulan kontak saja. Aplikasi CRM harus memudahkan bisnis dalam menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

karakteristik crm

CRM yang berhasil dapat meningkatkan customer retention, yang akan berujung pada meningkatnya penjualan dan pemasukan bisnis.

Selengkapnya: Bagaimana CRM dapat memperbaiki customer experience secara drastis?

  1. Mudah diintegrasikan

Kemudahan sistem CRM dalam melakukan integrasi merupakan hal yang penting untuk memastikan tidak ada waktu yang terbuang ketika sistem diterapkan. Salah satu karakteristik CRM yang baik adalah kemudahan dalam memasukkan dan menyinkronasi data dari database yang sudah ada, seperti dari Microsoft Excel atau Gmail, maupun dengan aplikasi eksternal seperti Whatsapp API.

  1. Mudah digunakan

Masa transisi merupakan salah satu isu dalam implementasi software CRM, sebab karyawan harus melakukan adaptasi terhadap sistem yang baru. Hal ini tentu memerlukan waktu dan tenaga lebih. Oleh sebab itu, pastikan lakukan analisis terhadap kemudahan user interface sebelum memilih aplikasi CRM untuk bisnis Anda. Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya kendala dalam implementasi CRM.

karakteristik crm

  1. Dapat beradaptasi

CRM bertujuan untuk mengembangkan bisnis. Oleh sebab itu, salah satu karakteristik CRM yang baik adalah tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan bisnis sekarang, tetapi juga dapat beradaptasi dengan kebutuhan bisnis di masa yang akan datang.

  1. Kemudahan dalam pelaporan dan analisis kinerja

CRM yang baik harus bisa menganalisis pelanggan, aktivitas karyawan serta kinerja bisnis secara keseluruhan. Hal ini penting untuk melihat pertumbuhan bisnis serta sebagai dasar perencanaan maupun strategi bisnis ke depannya. Untuk itu, karakteristik CRM yang baik meliputi fitur pelaporan dan pelacakan, baik terhadap informasi dan interaksi pelanggan, maupun kinerja atau key performance indicator (KPI) karyawan dan penjualan. Pastikan software CRM juga dapat berfungsi sebagai KPI software dan aplikasi tracking.

karakteristik crm

  1. Mengotomatisasi proses bisnis

Salah satu fungsi utama CRM adalah mengotomatisasi proses bisnis, atau sering juga disebut sales force automation (SFA). CRM yang baik dapat mengotomatisasi tugas bisnis seperti proses sales, melacak interaksi pelanggan, serta menganalisis prakiraan dan kinerja sales. Dengan demikian, bisnis terhindar dari pekerjaan repetitif dan bisa berfokus melakukan penjualan.

karakteristik crm

  1. Membantu manajer mengambil keputusan yang lebih baik

Manajer harus bisa melihat bisnis secara keseluruhan dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. CRM yang baik dan berhasil mampu menyediakan informasi kuantitatif dan kualitatif penting yang diperlukan, seperti laporan kinerja maupun melihat tahapan dalam tiap proses sales yang sedang berlangsung dalam sales pipeline.

 

Mengetahui karakteristik CRM di atas dan 7 Kunci Sukses CRM, dapat membantu kesuksesan implementasi CRM dalam bisnis Anda.

Baca juga:

6 Langkah Membangun Strategi CRM

Bagaimana Membuat CRM agar Berhasil pada Perusahaan Anda?

6 Langkah-Langkah Membangun CRM yang Baik

Qontak sebagai software CRM Indonesia terbaik memenuhi karakteristik CRM di atas untuk dapat mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis Anda.

Jika bisnis Anda memerlukan pendampingan dan konsultasi untuk menemukan CRM yang tepat, silakan hubungi kami.

× Contact Us!