Qontak WhatsApp

7 Aplikasi Distributor Terbaik di Indonesia, No. 1 Wajib!

7 Aplikasi Distributor Terbaik di Indonesia

Aplikasi Distributor, Apa Saja Pilihan Terbaik?

Aplikasi distributor terbaik selalu dicari oleh para pengusaha karena software ini sangat berguna bagi perusahaan atau bisnis yang bergerak dalam bidang distribusi. Hal ini disebabkan karena aplikasi untuk distributor dapat meningkatkan fungsionalitas bisnis ke level yang lebih tinggi. Semua proses pendistribusian dari awal sampai akhir tidak perlu lagi dilakukan secara manual jika Anda menggunakan distribution management software (Sales Automation). Untuk itu, jika Anda berkecimpung dalam bisnis yang melibatkan masalah distribusi, Anda harus mencari aplikasi distributor terbaik agar semua proses manajemen distribusi dalam bisnis Anda dapat menjadi lebih efektif dan efisien.


Apa itu Aplikasi Distributor?

Aplikasi distributor adalah aplikasi yang dirancang untuk mengelola seluruh aktivitas distribusi pada sebuah bisnis. Aktivitas distribusi yang dimaksud misalnya adalah mengelola pesanan, pemantauan harga pasar, pengiriman barang, penagihan, dan sebagainya. Aplikasi distributor biasanya dikenal sebagai DMS (Distribution Management System).

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi suatu bisnis karena sistem yang dijalankan berbasis digital sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang biasanya disebabkan oleh kelalaian pegawai. Mari kita bahas lebih jauh, agar Anda dapat memilih aplikasi distributor terbaik bagi bisnis Anda.

Selengkapnya: Apa itu Aplikasi Distributor dan Kegunaannya


Manfaat Menggunakan Aplikasi Distributor

Manfaat utama dari aplikasi untuk distributor adalah meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis atau perusahaan, sebagai akibat dari manfaat-manfaat lain yang diperoleh dari aplikasi distributor, yaitu:

Itulah beberapa manfaat dari distribution management software yang dapat Anda peroleh jika Anda menggunakannya. Dibawah ini saya akan membahas tentang beberapa penyedia aplikasi distributor terbaik yang dapat Anda pilih.

Baca Juga: Top 10 Aplikasi CRM di Indonesia

Berikut adalah 7 pilihan Aplikasi Distributor terbaik di Indonesia yang dapat Anda pilih:

  1. Qontak.com
  2. Megaventory
  3. ZibDX
  4. Zoho
  5. Zangerine
  6. Epicor Propher 21
  7. Oracle Netsuite

7 Aplikasi untuk Distributor Terbaik di Indonesia

1. Qontak.com

Salah satu penyedia aplikasi distributor terbaik di Indonesia adalah Qontak.com

Merupakan salah satu penyedia aplikasi sales dan CRM (Customer Relationship Management) yang memiliki fitur wajib yang lengkap untuk sistem distribusi bisnis Anda. Aplikasi tersebut menjadi aplikasi distributor terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai macam kemudahan dalam pengoperasiannya. Fitur aplikasi untuk distribusi dari Qontak.com adalah:

  • Pelacakan Penjualan (Sales Tracking) – Memungkinkan penggunanya mengetahui semua tahapan dalam proses penjualan dari awal sampai akhir direkam dalam sistem kemudian diolah menjadi sebuah data atau analisis. Misalnya untuk menetapkan target prospek, memilih barang/jasa yang potensial, menentukan kampanye yang sesuai, dan sebagainya.
  • Manajemen Stok – Memudahkan penggunanya untuk mengatur katalog produk sesuai pesanan secara otomatis. Pesanan tersebut kemudian diintegrasikan secara real time ke dalam sistem manajemen persediaan barang oleh sistem CRM. Jadi meminimalisir kesalahan pada proses penginputan data yang biasanya dilakukan secara manual, pengiriman, atau stok yang habis tanpa pemberitahuan.
  • GPS Tracking Dapat menampilkan data secara lengkap dan real time mengenai waktu, lokasi check-in dan check-out tenaga sales. Kelebihan lainnya dari aplikasi yang ditawarkan Qontak.com terletak pada fitur GPS offline yang dapat melacak lokasi tenaga sales walaupun tanpa koneksi internet sekalipun. Para tenaga sales pun juga dapat memperbarui laporannya walaupun tanpa koneksi internet, yang kemudian akan di update secara otomatis oleh sistem.
  • Pengambilan Order (Taking Order) – Memungkinkan para tenaga sales untuk mencatat pesanan yang masuk dari para pelanggan melalui aplikasi untuk distributor. Pesanan bahkan dapat diinput tanpa memerlukan koneksi internet. Pesanan atau order tersebut akan otomatis disimpan dan diteruskan ke divisi terkait setelah terkoneksi dengan internet.
  • Otomatisasi Dokumen – Membuat sistem otomatisasi dokumen dimana penggunanya dapat mengunggah berbagai template penting seperti: quotation, proposal, invoice dan sebagainya secara instan dan mudah.

2. Megaventory

Megaventory adalah sebuah aplikasi berbasis cloud untuk bisnis dengan skala menengah yang menangani masalah manajemen pesanan dan inventaris. Fitur manajemen pesanan membantu penggunanya dalam mengelola pesanan penjualan dari pelanggannya, serta pesanan pembelian dari pemasok barang. Sedangkan fitur manajemen inventaris menitikberatkan pada hal-hal yang berkaitan dengan inventaris, seperti memeriksa stok barang di beberapa lokasi, memeriksa ketersediaan pemasok barang, serta memastikan pengembalian inventaris tepat pada waktunya.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh distribution management software ini adalah sebagai berikut:

  • Pemenuhan pesanan,
  • Manajemen manufaktur,
  • Pembuatan faktur,
  • Pelaporan, dan lain-lain.

3. ZibDX

Merupakan sebuah distribution management software berbasis cloud yang dipakai dalam dunia farmasi. Aplikasi ini memungkinkan farmasi untuk menjual, mendistribusikan, dan mengelola produk di banyak apotek pada platform terpusat. Inilah manfaat yang diperoleh dengan menggunakan aplikasi distributor ini:

  • Pengguna dapat melacak status pesanan dan mengurutkan produk ke dalam beberapa kategori dan subkategori.
  • Apotek dapat menambahkan obat-obatan yang diperlukan dalam daftar, memanfaatkan skema yang ditawarkan pada produk, dan memfasilitasi komunikasi dengan pihak distributor melalui chatting.
  • Distributor dapat mengidentifikasi produk terlaris, pembeli terlaris, serta membuat laporan analitis untuk memantau penjualan secara keseluruhan. Pihak distributor juga bisa mengintegrasikan sistem dengan berbagai aplikasi lainnya.

4. Zoho

Aplikasi distributor ini dapat memantau jaringan distribusi bisnis Anda secara efisien. Sistem distributor management software ini memiliki fitur-fitur  aplikasi untuk distributor dari Zoho mempunyai manfaat, antara lain:

  • Manajemen inventaris menjadi mudah,
  • Bekerja berdasarkan database pusat,
  • Mengotomatisasi dan membuat standarisasi akuntansi di seluruh jalur distribusi,
  • Menyederhanakan pemprosesan pesanan,
  • Memantau aktivitas penjualan,
  • Menangani pesanan pembelian secara efisien, dan lain-lain.

5. Zangerine

Sebuah aplikasi berbasis cloud yang diciptakan khusus untuk bisnis online skala kecil hingga menengah. Aplikasi distributor ini memungkinkan penggunanya untuk mengelola database produk dalam jumlah yang tak terbatas. Penggunanya juga dapat menentukan berbagai atribut produk, seperti: berat, ukuran, warna, bahan, dan sebagainya. Untuk mengoptimalkan halamannya, penggunanya juga dapat membuat tag dan judul yang ramah SEO. Aplikasi ini dapat secara otomatis mengirimkan rekomendasi pembelian, serta dapat secara otomatis memberitahu pengelola untuk melakukan restock jika ada stok barang yang hampir habis.

Fitur-fitur pada distribution management software ini adalah:

  • Manajemen inventaris dan pesanan,
  • Penawaran harga dan pembelian,
  • Manajemen hubungan pelanggan ,
  • Point of Sale,
  • Pemasaran, dan sebagainya

6. Epicor Prophet 21

Yaitu sebuah aplikasi berbasis cloud yang didukung oleh Microsoft Azure. Aplikasi distributor ini dirancang untuk merampingkan berbagai proses distribusi. Aplikasi ini sangat cocok digunakan di kawasan industri. Penggunanya dapat memakai aplikasi ini di browser apapun, perangkat apapun, dan dimanapun. Fitur-fitur yang dimiliki oleh distribution management software ini adalah:

  • Inventaris dan manajemen keuangan,
  • CRM,
  • Manajemen pesanan, penetapan harga, dan pembelian,
  • Managing gudang dan manufaktur,
  • Pengaturan layanan dan pemeliharaan.

7. Oracle NetSuite

Salah satu vendor terbaik penyedia aplikasi distributor

Adalah penyedia aplikasi untuk distributor berbasis SaaS (Software as a Service). Aplikasi tersebut berbasis web untuk grosir dan distributor. Manfaat dari aplikasi  ini adalah membantu bisnis dalam melaksanakan dan merencanakan alur kerja bisnis. Aplikasi tersebut menawarkan fitur-fitur sebagai berikut:

  • ERP,
  • Inventaris,
  • E-commerce,
  • Akuntansi,
  • Pemenuhan, dan
  • CRM.

Baca Juga: Aplikasi Sales dan Distribusi beserta Manfaatnya


Dapatkan Aplikasi Distributor Terbaik

Dari beberapa penyedia aplikasi sales dan CRM yang berfungsi sebagai distribution management software diatas, dapat kita simpulkan bahwa Qontak.com adalah penyedia aplikasi distributor terbaik. Hal tersebut dapat dilihat dari lengkapnya fitur aplikasi untuk distributor yang ditawarkan oleh Qontak.com.

Baca juga: 5 Alasan menggunakan Aplikasi CRM dan 5 Software CRM Terbaik 2021

Segera miliki aplikasi distributor terbaik di Indonesia untuk bisnis Anda. Coba GRATIS sekarang. Qontak.com selalu siap membantu Anda.

You may also like

By