6 Pertanyaan tentang WA API: Wajib Tahu!

WA API

Masih bingung dengan WA API? Simak pertanyaan-pertanyaan berikut untuk tahu lebih lanjut!

Whatsapp merupakan media komunikasi paling ampuh saat ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Whatsapp bahkan memiliki 2 versi untuk bisnis, yaitu Whatsapp Business dan Whatsapp Business API, atau sering disingkat WA API. Dalam artikel ini akan dibahas pertanyaan-pertanyaan tentang WA API: apa bedanya dengan Whatsapp Business biasa, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja keuntungannya.

  1. Whatsapp Business vs Whatsapp Business API

Whatsapp Business merupakan aplikasi gratis yang didesain untuk pemilik bisnis kecil. Aplikasi ini dilengkapi fitur untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan, seperti auto reply dan pembuatan katalog untuk menunjukkan produk yang ditawarkan.

API Whatsapp Business didesain untuk perusahaan menengah hingga besar. Untuk dapat memiliki WA API, perusahaan harus bekerja sama dengan official partner Whatsapp Business seperti Qontak. Whatsapp API memiliki fitur-fitur yang lebih canggih dibandingkan Whatsapp Business biasa. Salah satu kelebihan utamanya adalah fleksibilitas API yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasi Whatsapp dengan aplikasi lain, atau sering disebut Whatsapp Integration. Biasanya, integrasi ini dilakukan dengan sistem CRM untuk memudahkan bisnis dalam mengelola sales dan customer service.

Berikut adalah perbedaan utama fitur Whatsapp Business biasa dengan Whatsapp API.

wa api
Perbedaan Fitur Whatsapp Business dengan Whatsapp API
  1. Bagaimana memperoleh akses terhadap WA API?

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Whatsapp API:

  • Gunakan API mentah dan integrasikan dengan teknologi atau sistem internal perusahaan Anda
  • Anda juga bisa menggunakan Whatsapp API yang telah terintegrasi menjadi Whatsapp yang lebih canggih, seperti yang disediakan oleh Qontak. Qontak menyediakan Whatsapp API yang telah terintegrasi dengan sales dan customer service untuk membantu mengotomatisasi percakapan dan menumbuhkan bisnis Anda.
  • Ketika salah satu dari dua hal di atas telah dilakukan, Anda harus bekerja sama dengan official partner Whatsapp untuk dapat mengakses Whatsapp API, salah satunya adalah Qontak
  • Official partner akan memberikan beberapa pertanyaan untuk melihat apakah bisnis Anda memenuhi syarat untuk API dan selanjutkan akan memproses untuk mendaftarkan bisnis Anda ke Whatsapp secara langsung
  1. Bagimana penggunaan WA API?

Secara umum, terdapat 2 penggunaan Whatsapp API:

  • Customer Care, di mana pelanggan yang memulai percakapan. Biasanya ini dilakukan ketika pelanggan memiliki pertanyaan tentang produk yang ditawarkan, atau ketika memerlukan after sales service. Pelanggan dapat memperoleh nomor WA perusahaan dari media sosial, website, atau melalui API Whatsapp Link.
  • Notifikasi, di mana bisnis yang memulai percakapan. Notifikasi ini dapat berupa OTP, pengiriman faktur, reminder, dan konfirmasi pemesanan. Pihak Whatsapp melarang pesan yang bersifat promosi/kampanye. Kelebihan lainnya adalah pesan ini dapat dibuat dalam bentuk template sehingga bisnis tidak perlu mengetiknya secara berulang kepada pelanggan.

  1. Bagaimana memperoleh tanda centang hijau atau verifikasi pada Whatsapp?

Tanda centang hijau dapat diperoleh ketika Anda memiliki Whatsapp API. Seperti dapat dilihat pada tabel sebelumnya, salah satu kelebihan WA API dibandingkan Whatsapp Business biasa adalah pengguna memperoleh tanda centang hijau atau verifikasi dari Whatsapp.

Hal ini dapat menjadi kelebihan bagi bisnis dalam menunjukkan kredibiltasnya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

wa api

  1. Apa saja keuntungan Whatsapp API?

Beberapa keuntungan penggunaan Whatsapp API di antaranya adalah:

  • Menggunakan satu nomor Whatsapp untuk banyak agen di berbagai lokasi
  • Integrasi dengan sistem lain seperti CRM (customer relationship management) atau sering disebut Whatsapp CRM. Integrasi ini mempermudah mengelola proses bisnis untuk sales sales dan customer service
  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memperoleh analisis percakapan yang canggih untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • Dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem Whatsapp

  1. Bisakah membuat chatbot pada Whatsapp?

Ya! Anda bisa mendapatkan Whatsapp Chatbot melalui API Whatsapp. Seringkali pelanggan menanyakan hal yang sama kepada tim customer service. Dengan menggunakan Chatbot Whatsapp untuk customer service, perusahaan dapat memberikan jawaban dengan lebih efektif dan efisien.

whatsapp bot api

Beberapa keuntungan menggunakan Bot Whatsapp:

  • Memberikan pelayanan kepada pelanggan yang tersedia selama 24/7
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan
  • Memberikan customer experience yang lebih baik
  • Meningkatkan lead conversion

wa api

Whatsapp API merupakan solusi bisnis yang menawarkan berbagai macam fitur yang dapat digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Beberapa partner terpilih yang telah terverifikasi dapat mengakses API Whatsapp.

Sebagai official business partner Whatsapp API Indonesia, Qontak mampu memberikan berbagai keuntungan yang dimiliki Whatsapp API untuk mengoptimalkan komunikasi perusahaan kepada pelanggan.

Untuk dapat memperoleh WA API, silakan hubungi kami di sini.

× Contact Us!