Daftar isi
7 min read

8 Manfaat Aplikasi Customer Service untuk Bisnis

Tayang 08 Januari 2023
Diperbarui 12 Desember 2023
Manfaat aplikasi customer service
8 Manfaat Aplikasi Customer Service untuk Bisnis

Terdapat berbagai jenis aplikasi untuk customer service dengan fitur dan manfaat yang berbeda-beda. Satu kesamaan dari semua aplikasi tersebut adalah memberikan satu kesatuan platform untuk memantau dan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran.

Aplikasi tersebut mampu mengubah email, data dari media sosial, pertanyaan dari live chat, dan panggilan telepon, menjadi ticket dan notifikasi. Data-data tersebut kemudian akan dialihkan ke agen CS untuk mendapat penanganan segera.

Yuk, pelajari manfaat aplikasi customer service pada artikel berikut.

Apa itu Aplikasi untuk Customer Service?

Aplikasi customer service adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mengumpulkan, mengatur, merespon, dan melaporkan permintaan dari customer support.

Dengan aplikasi ini, perusahaan dapat mengelola saluran komunikasi, seperti email, chat, dan pesan, yang biasanya terintegrasi dengan alat komunikasi lainnya seperti media sosial. Aplikasi ini juga biasanya digunakan untuk menyimpan database pelanggan dalam satu platform.

Perusahaan biasanya menggunakan aplikasi customer service untuk memiliki customer support yang lebih cepat dan efisien, serta dapat digunakan oleh banyak agen CS sekaligus.

Apa saja Jenis-Jenis Aplikasi Customer Service?

Apa yang disebut dengan ‘aplikasi customer service’ bisa sangat luas bentuknya, mulai dari akun gratis Gmail hingga sistem call center yang canggih. Di bawah ini adalah 6 jenis aplikasi untuk customer service:

1. Aplikasi shared inbox dan help desk

Shared inbox simpelnya adalah satu akun email yang bisa dibuka oleh beberapa orang sekaligus. Namun, untuk aplikasi customer service, biasanya ini merujuk pada sebuah aplikasi khusus dengan fitur tambahan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan melaporkan komunikasi pelanggan oleh beberapa agen CS sekaligus.

Aplikasi ini biasanya diintegrasikan dengan software CRM untuk memastikan produktivitas dan efisiensi sehingga banyak digunakan oleh bisnis saat ini.

2. Aplikasi service desk

Hampir sama dengan help desk, aplikasi service desk biasanya digunakan oleh manajemen service IT.

Selain mengelola ticket, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengubah request, konfigurasi service, dan manajemen license.

3. Sistem Live Chat

Live chat menjadi pilihan utama oleh bisnis dalam hal pelayanan pelanggan. Software ini memberikan pendekatan komunikasi ke pelanggan secara real time dan one-on-one. Biasanya sistem ini muncul di pojok website perusahaan.

4. Aplikasi Messaging

Aplikasi messaging menjadi layanan pelanggan yang cukup favorit. Sebab pelanggan dapat berinteraksi langsung dengan bisnis kapan saja.

Bahkan customer service platform jenis ini dilengkapi dengan chatbot, seperti Whatsapp Chatbot. Di mana sistem chatbot nantinya akan otomatis merespon pelanggan selama 24/7 dengan lebih efektif dan efisien.

5. Aplikasi Call Center

Layanan melalui telepon tetap menjadi pilihan yang populer untuk pelanggan yang ingin penanganan secara cepat dan pasti dari perusahaan.

Call center menjadi pilihan banyak pelanggan yang membutuhkan informasi lebih jelas.

Baca Juga: 20 Aplikasi Call Center Terbaik untuk Bisnis

6. Software CRM (Customer Relationship Management)

Software CRM berfokus pada membangun dan menggunakan database informasi pelanggan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan. CRM menghindari terjadinya silo dan menyediakan informasi kepada karyawan kapan pun dan di mana pun.

Beberapa sistem software memiliki lebih dari satu kategori di atas, atau rangkaian fitur yang merupakan gabungan dari kategori tersebut. Perusahaan yang sedang mencari aplikasi untuk customer service sebaiknya memilih fitur yang ditawarkan berdasarkan pelayanan yang ingin diberikan.

Fungsi Aplikasi untuk Customer Service

Menggunakan aplikasi untuk customer service membantu perusahaan memberikan customer experience yang lebih baik. Beberapa fungsi aplikasi customer service adalah:

  • Memberikan respon yang lebih cepat dan konsisten
  • Memperoleh insight pelanggan. Mengidentifikasi dan mengumpulkan feedback dan permintaan pelanggan dapat digunakan perusahaan sebagai cara untuk memperbaiki pelayanan yang diberikan.
  • Kerja sama yang lebih baik. Aplikasi customer service membantu mengurangi pekerjaan yang sama, melacak pertanyaan pelanggan, koordinasi respon pelanggan dengan berbagai tim antar departemen, dan memberikan jawaban yang up-to-date.
  • Analisis dan pelaporan. Beberapa aplikasi seperti CRM dilengkapi dengan fitur pelaporan dan analisis untuk melihat berapa jumlah panggilan dan pelanggan yang ditangani.
  • Meningkatkan pelayanan. Penggunaan aplikasi membantu perusahaan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik. Hal ini didukung dengan penanganan pelanggan oleh beberapa agen sekaligus, database pelanggan yang lengkap dan canggih, otomatisasi, dan integrasi dengan sistem lainnya.

Manfaat Aplikasi Customer Service

Perusahaan mungkin dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan tanpa menggunakan software. Namun, seiring dengan pertumbuhan perusahaan, akan semakin banyak hal yang harus ditangani, yang membutuhkan bantuan software untuk penanganannya.

Barikut manfaat menggunakan aplikasi customer service untuk bisnis adalah

1. Meningkat Layanan Pelanggan

Aplikasi customer service membantu perusahaan untuk memberikan pelayanan pelanggan cepat dan personal. Hal ini seiring keinginan pelanggan yang mengharapkan respon cepat kurang dari 10 menit.

Dilansir dari Hubspot bahwa sekitar 90% pelanggan menilai tanggapan “segera” sebagai penting atau sangat penting ketika mereka memiliki pertanyaan tentang layanan pelanggan. Sementara sebanyak 60% pelanggan mendefinisikan “langsung” sebagai 10 menit atau kurang.

Dengan fitur unggulan aplikasi CS seperti chatbot, bisnis bisa memberikan respon otomatis untuk menjawab pertanyaan dalam beberapa detik. Bahkan fitur ini bisa bekerja selama 24 jam non stop. Hal ini tentu meningkatkan layanan pelanggan bisnis sesuai harapan pelanggan.

2. Loyalitas Pelanggan Bertambah

Pelayanan pelanggan yang baik akan meninggalkan kesan positif. Hal ini juga akan menumbuhkan rasa puas bagi pelanggan. Terlebih apabila bisnis bisa menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat. Kemudian akan tercipta loyalitas pelanggan.

Sekitar 83% pelanggan sangat setuju bahwa mereka merasa lebih setia pada merek yang menanggapi dan menyelesaikan keluhan mereka.

Pelanggan yang loyal juga tidak akan ragu untuk merekomendasikan produk atau brand ke kolega mereka. Hal ini secara tidak langsung membantu memasarkan bisnis dan meningkatkan penjualan.

3. Meningkatkan Penjualan

Salah satu bagian dari customer service adalah menjelaskan detail mengenai produk yang bisnis tawarkan. Hal ini memberikan wawasan baru untuk pelanggan mengenai produk tersebut.

Melalui penjelasan fungsi dan cara kerja yang baik, diharapkan pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut. Bahkan sebagian tim support juga bisa menjual produk dengan menawarkan produk lain untuk mengatasi permasalahan yang pelanggan alami.

4. Meningkatkan Manajemen Layanan Pelanggan

Aplikasi call center dapat membantu perusahaan untuk memberikan menjawab panggilan pelanggan secepat mungkin dan membantu meningkatkan manajemen layanan pelanggan secara keseluruhan.

5. Tingkatkan produktivitas

Aplikasi call center dapat membantu perusahaan untuk mengotomatiskan workflow dan tugas yang harus dilakukan oleh agen, sehingga agen dapat memiliki kinerja dan produktivitas yang lebih maksimal.

6.  Menghemat Biaya Operasional

Aplikasi call center memungkinkan perusahaan tidak perlu lagi mempekerjakan banyak agen untuk menangani banyak panggilan.

7. Membangun Citra Profesional

Penggunaan aplikasi call center dapat menunjukkan keseriusan perusahaan dalam melayani pelanggan, ini kemudian membangun citra profesional yang positif bagi perusahaan.

8. Meningkatkan Keamanan

Aplikasi call center yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik seperti solusi end-to-end, dapat membantu perusahaan untuk melindungi keamanan data mereka secara optimal.

Bagaimana Memilih Aplikasi Customer Service yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika ingin memilih aplikasi untuk customer service adalah:

Pengalaman seperti apa yang ingin diberikan kepada pelanggan ketika mereka memerlukan bantuan?

Pertanyaan tersebut dapat membantu menentukan produk yang tepat. Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih software yang tepat yaitu:

  • Memahami apa yang ingin dicapai oleh customer service Anda
  • Menilai sumber daya tim customer service. Misalnya, berapa jumlah anggota tim dan biaya yang dialokasikan
  • Menyaring pilihan yang tersedia
  • Memahami fitur mana saja yang harus dimiliki

Apa pun software yang dipilih nantinya, yang terpenting adalah bagaimana Anda memberikan pelayanan kepada pelanggan, yaitu memberikan pengalaman terbaik yang membuat mereka terus kembali.

Baca Juga: 23 Rekomendasi Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia

Optimalkan Manfaat Aplikasi Customer Service untuk Kembangkan Bisnis Anda

Ada berbagai jenis App customer service yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Namun, jika Anda membutuhkan semua fungsi dari masing-masing aplikasi, maka Anda dapat memilih software customer service terbaik dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi customer service yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai sistem canggih lainnya. Hal ini mendukung kinerja layanan pelanggan Anda secara optimal.

Selain itu, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan untuk menangani layanan dan hubungan pelanggan mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo aplikasi customer service terbaik dari Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

WhatsApp WhatsApp Sales