Qontak WhatsApp

6 Manfaat Aplikasi CRM Dalam Bisnis: Penting!

Apa Saja Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis?

Pelanggan adalah aset berharga sebuah perusahaan, tidak peduli apa pun jenis usaha maupun produk atau jasa yang ditawarkan. Pelanggan memberikan sense of purpose dan arah kepada perusahaan. Mereka dapat memberikan feedback yang tidak ternilai, yang dapat dijadikan sebagai ide dan konsep baru bisnis. Selain itu, mereka adalah sumber pendapatan bagi bisnis. Oleh sebab itu, menjaga hubungan dengan mereka merupakan hal yang sangat penting. Di sinilah letak manfaat aplikasi CRM dalam bisnis.

Aplikasi CRM membantu bisnis dalam menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Customer relationship management merupakan hal yang dapat membantu bisnis dalam memfasilitasi interaksi yang dapat mengubah calon pelanggan untuk melakukan pembelian. Proses CRM dapat memberikan customer experience yang lebih baik, di mana hal tersebut sudah seharusnya menjadi fokus bagi bisnis manapun. Bisnis harus bisa menghargai dan memahami pelanggan lebih baik untuk dapat memperoleh hati mereka dan menjadikan mereka loyal customer.


Apa itu Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu sebuah perusahaan atau bisnis dalam menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik.

Pelajari lebih lengkap mengenai aplikasi CRM dengan menonton video berikut ini:

Baca Juga: Top 10 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia


6 Manfaat Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dalam Bisnis 

Bagaimana cara memanfaatkan CRM untuk bekerja? Apa manfaat dari CRM untuk bisnis Anda? 

Mengumpulkan dan mengelola database customer bukanlah pekerjaan mudah. Terdapat risiko ketika data tersebut tidak terkelola dengan baik. Untuk itulah, investasi terhadap software pengelolaan customer seperti software CRM atau customer relationship management yang berkualitas adalah hal penting bagi bisnis jika ingin memberikan kepuasan pelanggan

Namun, aplikasi CRM tidak sebatas hanya sebagai platform menyimpan data pelanggan saja. Berbagai fitur dan manfaat dari CRM dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi, memahami, dan mendampingi klien sehingga dapat membangun customer relation yang lebih positif. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu khawatir kehilangan pendapatan akibat database customer yang tidak lengkap.

Berikut adalah 6 manfaat utama aplikasi CRM:

1. Meningkatkan kinerja sales yang lebih baik

Manfaat dari CRM merupakan alasan utama perusahaan ketika memutuskan untuk menggunakan aplikasi CRM. Software CRM yang baik memungkinkan bisnis untuk melacak prospek yang berkualitas sehingga dapat lebih hemat waktu. Siklus sales dapat berkurang dan kemungkinkan untuk berhasil juga lebih tinggi. Selain itu, perusahaan dapat mengecek riwayat pembelian untuk mengidentifikasi klien potensial, kesempatan untuk melakukan upsell, maupun repeat customer.

Software CRM yang baik juga mampu mengidentifikasi pelanggan yang bernilai tinggi dan menerapkan komunikasi personal untuk meningkatkan engagement dan konversi. Selain itu, tim sales juga dapat dengan melacak sales process untuk melihat mana saja klien yang perlu di follow-up, atau chat dan email yang belum direspon.

2. Meningkatkan keuntungan dan efisiensi

Keuntungan di sini bukan hanya sekedar meningkatkan penjualan, melainkan membuat operasional bisnis yang lebih efisien untuk memaksimalkan sales opportunity dan mengurangi biaya.

Dengan aplikasi CRM, karyawan dapat mengakes data penting dengan cepat untuk melayani kebutuhan customer atau melacak proses bisnis yang penting lebih cepat.

Customer engagement seperti chat dan telepon dapat dilacak dan segera ditindaklanjuti ke departemen yang tepat untuk ditangani. Aplikasi CRM juga mengintegrasi proses seperti akuntansi, inventarisasi, dan penjualan dalam satu sales pipeline.

3. Memudahkan pengambilan keputusan

Seorang manajer dapat mengambil keputusan lebih cepat ketika dapat mengakses data real-time ketika diperlukan. Software CRM dilengkapi fitur analisis dan pelaporan yang memungkinkan jajaran manajer dan direksi memperoleh insight yang akurat dan real-time sehingga dapat menyesuaikan strategi secara langsung terhadap perubahan mendadak yang terjadi.

Sebuah aplikasi CRM penjualan dan customer servis yang handal memberitahu semua yang perlu diketahui mengenai lead, dari satu layar – dalam perspektif yang statis dan dinamis.

aplikasi crm reporting

4. Keamanan data yang lebih kuat

Database customer yang bersifat rahasia dapat tersimpan dengan aman dalam sistem CRM terpusat. Ini tentu lebih aman dibandingkan ketika data tersebut tersimpan di tempat yang berbeda-beda dan tersebar. Perusahaan dapat fokus pada pembiayaan, sumber daya, dan infrastruktur modal dalam satu platform yaitu aplikasi CRM.

Sistem CRM seperti Qontak.com.com sangat fleksibel sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur data mana yang dapat diakses oleh semua orang, dan mana yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu.

aplikasi crm contacts qontak

5. Optimasi mobilitas untuk tenaga lapangan

Teknologi mobile saat ini memungkinkan tim sales lapangan untuk mengakses data CRM, seperti informasi kontak, pembelian, dan jadwal meeting. Dengan mengakses data di lapangan, mereka dapat lebih mudah dalam mengambil keputusan atau melaporkan langsung di tempat.

Fitur mobile aplikasi CRM sekaligus berguna untuk melacak kinerja tim lapangan melalui live check in GPS. Tim sales di lapangan dapat melakukan check-in dan check-out pada lokasi yang ditentukan sehingga manajer dapat dengan mudah melacak keberadaan mereka. Software CRM seperti Qontak.com bahkan dapat melakukan check in ketika berada dalam offline mode. Dengan demikian, keberadaan tim lapangan tetap bisa terlacak walaupun sedang berada dalam mode offline.

aplikasi crm qontak gps

6. Mengotomatisasi tugas harian

Ketika menyelesaikan sebuah sales, ada banyak tugas printilan yang harus diselesaikan agar semuanya berjalan dengan baik. Hal-hal seperti mengisi form, membuat quotation, maupun perjanjian kontrak, merupakan tugas yang menghabiskan waktu namun vital dalam proses sales.

Sistem CRM yang baik didesain melakukan sales force automation (SFA) untuk mengambil alih tugas-tugas tersebut melalui fitur otomatisasi. Dengan demikian, sales force dapat lebih fokus dalam melakukan close deal, dan biarkan sistem CRM yang mengelola detail sisanya.

Miliki Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis Sekarang!

Kunci untuk kepuasan pelanggan adalah dengan memahami mereka, dan itulah manfaat aplikasi CRM dalam bisnis. Sistem CRM memfasilitasi perusahaan dengan memberikan kemudahan komunikasi, data yang terorganisir, serta pelayanan yang lebih baik. Seluruh hal tersebut membantu bisnis memastikan seluruh kebutuhan pelanggan terpenuhi dan keluhan mereka tertangani dengan tepat.

Dengan bantuan aplikasi CRM Qontak.com, Anda dapat dengan mudah meningkatkan penjualan melalui email blast. Qontak.com menyediakan solusi end-to-end melalui aplikasi sales marketing yang dapat terhubung ke WhatsApp API dan omnichannel lainnya. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Selengkapnya Tentang CRM: Aplikasi CRM: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi sales marketing Qontak.com adalah sebagai berikut:

  • Integrasi dengan sistem email marketing dan dapat dipersonalisasi.
  • Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Aplikasi CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung.
  • Pelaporan dan analisis yang lengkap untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • Memiliki fitur pelacakan KPI marketing maupun sales dan task management yang dapat dikostumisasi. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.

Untuk mengetahui cara kerja aplikasi CRM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, segera hubungi Qontak.com.

You may also like

By