6 Manfaat API Whatsapp untuk Industri Retail

api whatsapp

Bagaimana API Whatsapp dapat dimanfaatkan oleh industril retail untuk meningkatkan customer experience?

Dengan lebih dari 1,5 Milyar pengguna di seluruh dunia, Whatsapp telah menjadi sarana komunikasi digital yang paling banyak digunakan. Kemudahan Whatsapp untuk berkomunikasi dimanfaatkan oleh bisnis untuk melakukan interaksi dengan pelanggan melalui versi khusus yaitu Whatsapp Business. Whatsapp juga telah mengeluarkan API yang dapat berguna bagi komunikasi perusahaan retail. Bagaimana industri retail dan e-commerce dapat menggunakan API Whatsapp untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan customer experience?

Situasi pandemik Covid-19 saat ini telah membuat industri retail lesu. Bagaimana tidak? Industri retail yang menjual barang secara langsung ke konsumen sangat bergantung pada kunjungan pelanggan. Pembatasan aktivitas yang tidak perlu di luar rumah rumah telah membuat pengunjung menurun secara drastis. Hal ini membuat industri retail harus mencari cara untuk tetap bertahan, yaitu dengan melakukan penjualan secara online. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah melalui penggunaan API Whatsapp.

Baca juga: Bisnis Anda Work from Home? Ini 4 Alasan Pentingnya CRM!

Apa itu API Whatsapp?

Sebelumnya mari ketahui dulu apa itu API Whatsapp. Whatsapp API adalah perangkat yang digunakan oleh perusahaan untuk melayani pelanggan melalui Whatsapp.

API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memungkinkan developer untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, pengguna dapat mengintegrasi Whatsapp dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah Ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service.

Bagaimana memanfaatkan API Whatsapp untuk industri retail

Whatsapp Business API dapat diintegrasikan dengan platform komunikasi pelanggan yang sudah dan dan digunakan untuk mengotomatisasi pesan dan notifikasi melalui Whatsapp. Interaksi yang dilakukan dengan pelanggan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap perusahaan. Hal ini dapat menjadi keunggulan yang membedakan brand satu dengan yang lainnya.

Baca juga: API Whatsapp Link: Bagaimana Mengoptimalkannya untuk Bisnis Online

Berikut ini adalah 6 manfaat API Whatsapp Business bagi industri retail untuk meningkatkan customer experience

  1. Menciptakan asisten virtual untuk customer service

Kecepatan dan kenyamanan dalam mencari solusi atas kendala yang dihadapi selama berbelanja secara self-service merupakan hal yang dicari pelanggan saat ini. Hal ini dinyatakan oleh 76% responden melalui survey yang dilakukan oleh Forrester.

API Whatsapp dapat menjadi sarana untuk memberikan asisten virtual dalam melakukan interaksi dengan pelanggan. Fitur yang dapat mempermudah hal tersebut adalah melalui Whatsapp Chatbot.

Whatsapp Chatbot dapat berperan sebagai asisten virtual untuk menyapa pelanggan dan menjawab FAQ (frequently asked questions) dengan bahasa senatural mungkin. Dengan Whatsapp bot ini, retailer dapat memberikan customer support selama 24/7. Whatsapp chatbot partner seperti Qontak dapat membantu bisnis membuat Whatsapp chatbot tanpa harus memulainya sendiri dari awal.

api whatsapp

Whatsapp bot memberikan keuntungan bagi retailer dengan membantu pelanggan mendapat solusi atas keluhan mereka lebih mudah tanpa harus menelepon call center.

Sebanyak 83% pelanggan mempelajari produk/jasa yang ditawarkan melalui komunikasi digital. Whatsapp dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pembelian inbound.

  1. Menangani pelanggan sekaligus hanya dengan satu nomor Whatsapp

Salah satu kelebihan fitur Whatsapp Business API dibandingkan Whatsapp Business biasa adalah kemampuan menggunakan satu nomor Whatsapp untuk banyak agen/admin.

Pada Whatsapp Business biasa, satu nomor hanya bisa diakses oleh maksimal 2 orang. Sementara untuk Whatsapp API, satu nomor bisa diakses oleh banyak admin. Hal ini memudahkan perusahaan dalam mengelola Whatsapp yang masuk. Selain itu, pelanggan juga tidak bingung untuk menghubungi beberapa nomor.

api whatsapp

  1. Integrasi dengan sistem CRM sales dan customer service

Beberapa perusahaan mungkin telah memiliki sistem CRM maupun customer service sebelumnya. Dengan API Whatsapp seperti yang dimiliki Qontak, perusahaan dapat dengan mudah mengintegrasi Whatsapp dengan sistem CRM yang sudah ada. Integrasi tersebut disebut juga dengan Whatsapp Automation.

api whatsapp

Berikut ini adalah kelebihan yang diperoleh dari Whatsapp Automation:

  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam Whatsapp CRM
  • Mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service, lalu mengintegrasikannya dengan Whatsapp
  1. Memudahkan proses pembayaran

Whatsapp API telah dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem Whatsapp. Hal ini tentunya memudahkan pelanggan dalam melakukan proses pembayaran sehingga mereka dapat memiliki pengalaman berbelanja yang lebih baik.

  1. Membantu pelanggan melacak dan terhubung dengan program loyalitas pelanggan

Hampir seluruh perusahaan retail memiliki program loyalitas pelanggan. Walaupun sudah terdaftar, seringkali program ini terlupakan oleh pelanggan. Kendala lainnya adalah kesulitan pelanggan dalam melacak reward yang mereka miliki.

Whatsapp dapat digunakan untuk memudahkan akses dan mendorong keterikatan dengan program loyalitas tersebut. Pelanggan dapat melacak dan mengelola reward atau poin yang mereka miliki. Whatsapp juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk memberikan notifikasi mengenai poin terbaru dan penawaran lainnya sesuai dengan target marketing yang ada.

  1. Mengelola proses pengiriman dan pengembalian

Dengan Whatsapp, perusahaan dapat memberikan update kepada pelanggan mengenai pembelian mereka, mulai dari ketika mereka melakukan konfirmasi pemesanan, waktu pengiriman secara real-time, hingga barang tersebut sampai.

Whatsapp juga membantu mengelola after sales, seperti kendala dalam pengiriman atau pada barang yang dipesan. Dengan Whatsapp, pelanggan dapat memperoleh respon secara langsung dan mendapat penanganan segera.

Gunakan API Whatsapp untuk transformasi digital customer experience

Dengan beralihnya penjualan ke online, Whatsapp Business API merupakan sarana yang tepat bagi industri retail untuk tetap bertahan dan terhubung dengan pelanggan.

Whatsapp memungkinkan perusahaan melakukan komunikasi yang mulus dan personal dengan pelanggan sehingga dapat membangun hubungan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Miliki API Whatsapp dengan Qontak, salah satu official business partner Whatsapp Business di Indonesia yang sudah menangani klien dari berbagai skala bisnis.

× Contact Us!