6 Langkah-Langkah Membangun CRM yang Baik

cara membangun crm yang baik

Bagaimana langkah-langkah membangun CRM yang baik untuk perusahaan Anda?

Dalam sebuah bisnis, diperlukan langkah-langkah membangun sistem CRM yang baik sebagai cara agar keseluruhan proses bisnis Anda dapat berjalan secara efektif. Pernyataan ini bukanlah tanpa dasar. Penelitian yang dilakukan oleh Forrester dan CustomerThink menemukan bahwa kesuksesan sebuah CRM bukan hanya berdasarkan pemilihan software yang tepat, melainkan diperlukan pendekatan dari beberapa hal fundamental. Sebesar 33 persen bisnis mengalami kesulitan untuk membangun CRM yang baik.

Banyak terjadi kasus kegagalan CRM. Salah penyebabnya adalah tujuan bisnis yang tidak tercapai. Artikel dari Harvard Business Review menyatakan bahwa alasan utama ketidakberhasilan sistem CRM dalam peningkatan bisnis adalah, CRM seringkali digunakan untuk melakukan inspeksi, seperti pelaporan progress, daripada meningkatkan proses penjualan.

Untuk itu, membangun strategi customer relationship management (CRM) yang baik dengan matang sangatlah penting.

Mengapa diperlukan strategi CRM yang baik?

Fokus dari strategi CRM adalah bagaimana mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan Anda, dan menjaga pelanggan dengan melakukan komunikasi yang disesuaikan dengan pelanggan Anda. Konsep CRM dapat membantu meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan mencapai tujuan mereka.

Dengan strategi CRM yang efektif, Anda akan mendapat:

  • Marketing yang lebih efisien
  • Komunikasi yang efektif dengan pelanggan
  • Pengambilan keputusan berdasarkan data
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan

Ikuti langkah-langkah berikut yang dapat membantu Anda dalam cara membangun strategi CRM yang baik dan membuat CRM agar berhasil di perusahaan Anda.

cara membangun CRM yang baik

6 Langkah-Langkah Membangun CRM yang Baik untuk Perusahaan Anda

  1. Buat visi perusahaan sebagai cara membangun CRM yang baik

Memiliki visi yang jelas adalah aspek penting dalam membangun strategi CRM. Dengan menetapkan tujuan dari strategi CRM, Anda dapat melacak kemajuan tim. Pastikan tujuan tersebut menjadi pegangan dalam meningkatkan customer experience dan penjualan Anda.

  1. Gunakan CRM untuk meningkatkan pendapatan

CRM merupakan alat untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan, mengakses data yang dibutuhkan selama siklus penjualan berlangsung, dan mengatur proses bisnis keseluruhan. Jika tim penjualan menyadari fitur dan fungsi CRM ini, Anda akan memperoleh informasi data yang dibutuhkan.

  1. Selaraskan sistem CRM dengan strategi perusahaan Anda

Fokus dari perusahaan adalah meningkatkan pemasukan dan menawarkan customer experience yang berbeda. Strategi perusahaan dan CRM Anda harus dapat saling melengkapi satu sama lain. Software CRM Anda harus berfungsi untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Periksa data eksisting Anda secara seksama

Data eksisting yang Anda miliki memiliki peranan penting dalam membangun strategi CRM Anda. Hal ini penting untuk memetakan data pelanggan dengan menganalisis buyer persona. Menurut Hubspot, buyer persona adalah representasi pelanggan ideal berdasarkan market research dan data asli pelanggan eksisting Anda.

Dengan melakukan segmentasi data pelanggan menjadi beberapa kelompok, Anda dapat mengidentifikasi perbedaan dan eksepktasi pelanggan yang unik. Dengan demikian, Anda dan tim dapat memprioritaskan kelompok ini dan menginisiasi komunikasi kepada mereka.

  1. Rencanakan strategi content marketing Anda

Memiliki perencanaan content marketing yang efektif merupakan salah satu cara membangun CRM yang baik. Konten yang anda buat harus menyampaikan pesan yang relevan terhadap target audience Anda, terutama yang berpotensi melakukan pembelian.

Anda juga harus menentukan channel apa yang akan digunakan, bisa melalui media sosial maupun website.

  1. Software yang tepat adalah cara untuk membangun CRM yang baik

Salah satu kesalahan yang dilakukan pebisnis adalah memilih software CRM yang salah. Menemukan software yang tepat bukanlah satu-satunya kunci keberhasilan CRM. Namun, penting untuk menemukan software CRM yang dapat mengintegrasikan keseluruhan operasional bisnis Anda.

Solusi CRM yang baik akan membantu mengatur seluruh interaksi pelanggan secara digital dan mulus. Terutama, pastikan software CRM yang Anda pilih memiliki aplikasi mobile yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Selengkapnya mengenai kelebihan penggunaan sistem CRM di smartphone dapat dibaca di sini.

Terdapat berbagai macam solusi software CRM yang ada di Indonesia. Kuncinya adalah memilih software yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pilihlah software CRM all-in-one yang mencakup berbagai fungsi dalam satu platform, yaitu sales, marketing, dan customer. Pastikan sistem CRM yang dipilih dapat melihat sudut pelanggan secara 360 derajat. Jika Anda mencari solusi software terbaik yang mencakup keseluruhan fungsi tersebut, Qontak merupakan pilihan yang sangat tepat. Segera konsultasikan bisnis Anda secara gratis di sini.

Membangun CRM yang baik merupakan cara untuk meningkatkan bisnis Anda. Ikuti langkah-langkah di atas untuk membangun CRM dan membuat CRM agar berhasil pada perusahaan Anda

× Contact Us!