6 Kegunaan CRM Untuk Kesuksesan Perusahaan Anda

kegunaan CRM

Sudahkah Anda mengetahui apa kegunaan CRM? 

Jika Anda seorang pebisnis dan belum mengetahui apa itu CRM dan kegunaan CRM, sayang sekali!

CRM merupakan singkatan dari customer relationship management, atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai manajemen hubungan pelanggan.

Dalam sebuah bisnis, pelanggan adalah raja. Ya, hal ini tidak dapat dipungkiri. Tidak peduli apa pun jenis industri atau jasa yang Anda tawarkan, baik besar maupun kecil, pelanggan adalah aset berharga dalam perusahaan Anda. Pelanggan dapat memberikan feedback yang dapat digunakan untuk peningkatan bisnis Anda. Dan tentu saja, pemasukan Anda berasal dari pelanggan Anda.

Bagaimana suatu perusahaan melakukan majemen hubungan terhadap pelanggan mereka akan menentukan keberhasilan bisnis.  Kepuasan pelanggan haruslah menjadi fokus utama bisnis manapun.

Menurut Salesforce, 3 dari 4 pelanggan mengatakan akan menghabiskan uang mereka pada perusahaan yang memiliki customer experience positif.

Baca juga: 5 Cara Untuk Meningkatkan Customer Service Anda

Bagaimana kegunaan CRM bagi perusahaan Anda?

Ketika bisnis Anda berkembang, database pelanggan Anda akan bertambah. Hal ini akan membuat semakin sulit untuk menyatukan dan meringkas komunikasi dengan calon pelanggan dan pelanggan Anda.

Menyusun dan mengorganisir data pelanggan Anda secara rapi dapat menjadi hal yang melelahkan dan membosankan jika dilakukan secara manual. Belum lagi kemungkinan human error yang mengakibatkan kesalahan input data dan miss terhadap deals yang sedang berlangsung.

Sistem CRM yang tepat akan membawa keuntungan bagi bisnis Anda. Sistem ini dapat melacak dan mengatur semua interaksi dan komunikasi tim Anda dengan calon pelanggan dan pelanggan Anda.

Kegunaan software CRM bagi perusahaan diantaranya adalah untuk mengidentifikasi, memahami, dan menangani pelanggan Anda. Anda tidak perlu khawatir akan kemungkinan kehilangan pendapatan akibat data yang tidak lengkap.

Selain kelebihan CRM di atas, baca lebih lanjut untuk mengetahui apa saja kegunaan software CRM lainnya.

6 kegunaan CRM yang dapat membantu kesuksesan perusahaan Anda

  1. Memahami pelanggan lebih baik

Semakin memahami pelanggan Anda, semakin baik Anda dapat memberikan pengalaman positif kepada mereka.

Interaksi dengan pelanggan sebaiknya teridentifikasi, terdokumentasi, dan terekam dengan baik. Hal ini untuk memudahkan ketika sewaktu-waktu data tersebut dibutuhkan. Misalnya, ketika pelanggan menyampaikan keluhan dan tim customer care memerlukan riwayat pembelian mereka. Untuk itu, Anda tidak bisa hanya mengandalkan tempelan post-it atau kumpulan kertas yang tidak terorganisir. Diperlukan teknologi untuk mengatur agar data-data tersebut dapat terorganisir dengan baik dan tersedia bagi seluruh departemen.

Dengan CRM, semua hal ini menjadi mungkin. Sistem CRM dapat menyimpan nama, email, nomor telepon, dan alamat pelanggan Anda. Selain itu, data project, meeting, penjualan, deals, email, dan chat dengan pelanggan juga tersimpan di sistem.

Sistem CRM membuat Anda mengetahui pelanggan dan apa yang mereka butuhkan.

kegunaan CRM

  1. Sales Automation

CRM membantu bisnis dalam melakukan sales automation atau otomatisasi penjualan. Tim sales Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencatat email, telepon, meeting, dan interaksi dengan pelanggan. Semua informasi ini akan secara otomatis tersusun dalam sistem CRM.

Selain itu, sistem CRM juga memudahkan dalam melihat tahapan CRM sales pipeline  dan memberikan update pada tahapan mana deals sedang berlangsung. Tampilan pada sales pipeline dapat diatur sesuai kebutuhan sehingga proses bisnis dapat berjalan lebih efisien bagi tim. Sales pipeline juga membantu tim sales memastikan tidak ada deals yang terlewatkan.

  1. CRM berguna untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan

CRM memungkinkan karyawan untuk memperoleh data pelanggan yang sama. Dalam proses penjualan, close deal tidak terjadi dalam 1 kali pertemuan. Ada kalanya proses tersebut dilakukan oleh orang yang berbeda. Pelanggan tentu tidak akan menjelaskan keinginan mereka berkali-kali pada orang yang berbeda.

Sistem CRM dapat mengatasi hal ini. Dengan data pelanggan yang detail dan terekam pada sistem, siapa pun yang membutuhkan dapat mengaksesnya.

Sehingga, siapa pun yang menangani pelanggan tidak menjadi masalah karena informasi yang didapat oleh karyawan Anda akan sama.

Ditambah lagi dengan adanya aplikasi mobile pada sistem CRM Anda, Anda dapat mengakses data tersebut kapan pun dan di mana pun melalui smartphone. 

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Capterra, berikut adalah aspek-aspek dalam bisnis yang terdampak secara signifikan dengan kegunaan CRM.

kegunaan CRM
Sumber: Capterra.com

Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction), yang akan membuat mereka lebih bertahan sehingga customer retention juga meningkat.

  1. Mempertahankan pelanggan dengan lebih baik

Selain untuk mencari pelanggan potensial, CRM berguna untuk membuat pelanggan eksisting Anda lebih puas.

Sistem CRM dapat membantu sebagai reminder pertemuan-pertemuan dengan pelanggan Anda, atau kapan Anda harus mengirimkan email follow-up. CRM juga membantu menjangkau pelanggan Anda yang sudah lama tidak dihubungi.

Salesforce mengatakan bahwa CRM meningkatkan customer retention sebesar 27%.

  1. Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan

Anda tidak ingin membiarkan pelanggan Anda menunggu. Sistem CRM dapat mengefisienkan waktu Anda dengan template email, surat, dokumen, quotation, undangan, dan lain sebagainya.

Ketika pelanggan Anda melakukan komplain, CRM dapat membantu Anda untuk mengakses history pembelian pelanggan tersebut. Hal ini akan mempermudah tim customer service Anda menangani pelanggan lebih baik. Semua percakapan pelanggan dan customer service Anda akan terekam dan terdokumentasi.

Baca: Bagaimana CRM Dapat Memperbaiki Customer Experience Secara Drastis?

  1. Meningkatkan Analisis Data dan Pelaporan

Jangan sampai salah perhitungan data menggagalkan bisnis Anda. Dengan sistem CRM, semua informasi disimpan dalam satu tempat sehingga dapat meningkatkan analisis data secara keseluruhan. Integrasi yang mudah dengan berbagai tools seperti Microsoft Office membuat Anda dapat menghasilkan laporan secara otomatis hanya dalam sekejap.

kegunaan crm

Anda dapat mengatur tampilan dashboard untuk memperoleh data yang diinginkan, seperti informasi pelanggan, analisis dan target penjualan, serta laporan kinerja karyawan. Report data yang baik akan mempermudah Anda dalam pengambilan keputusan sehingga tercipta pelanggan yang loyal dan profit bagi perusahaan.

 

Pelanggan adalah bagian terpenting dalam bisnis Anda. Kepuasan pelanggan haruslah menjadi prioritas Anda. Jangan ambil risiko! Segera investasikan bisnis Anda dengan software CRM yang berkualitas. Hubungi Qontak untuk mendapatkan solusi CRM terbaik di Indonesia.

× Contact Us!