6 Fitur Penting Aplikasi Sales Lapangan

aplikasi sales lapangan

Apa saja fitur penting yang harus ada dalam sebuah aplikasi sales lapangan?

Kebanyakan perusahaan menggunakan sales tracking system seperti CRM (customer relationship management) untuk mengelola sales, meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja, serta menyimpan customer database. Tahukah Anda bahwa beberapa software CRM juga dapat berfungsi sebagai aplikasi sales lapangan?

Penggunaan CRM semakin berkembang dalam dunia bisnis. Aplikasi CRM semakin dilirik karena memiliki berbagai fitur dan fungsi bagi perusahaan. CRM sering digunakan sebagai aplikasi mapping sales yang berfungsi untuk mengelola dan melacak tim sales suatu perusahaan, termasuk salesman di lapangan. Tim sales di lapangan memiliki KPI tersendiri yang harus diukur untuk mengetahui ketercapaian kinerja mereka.

Pentingnya sebuah aplikasi sales lapangan

Sales lapangan hingga saat ini merupakan salah satu cara perusahaan untuk melakukan pemasaran dan penjualan sekaligus. Namun, melakukan sales monitoring lapangan merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh manajer sales. Untuk itulah aplikasi sales lapangan hadir.

Aplikasi sales lapangan berfungsi untuk mengelola aktivitas maupun melacak tenaga sales yang berada di lapangan. Hal ini sangat penting sebab sulit bagi manajer sales untuk memastikan keberadaan mereka saat sedang melakukan tugasnya. Selain itu, penggunaan aplikasi juga penting untuk mengelola calon prospek. Fungsi tersebut untuk memantau progress tiap prospek serta mencegah agar tidak terjadi tumpang tindih tugas antar tenaga sales.

Aplikasi sales lapangan yang tepat tidak hanya digunakan untuk memantau tenaga sales dan mengelola calon prospek saja, tetapi sekaligus juga mengukur KPI salesman tersebut. Solusi aplikasi sales sebaiknya berfokus pada fleksibilitas, komunikasi, otomatisasi, dan tampilan UI yang bersahabat sehingga tim dan manajer sales dapat meraih kesuksesan dalam melakukan penjualan.

Fitur penting dalam aplikasi sales lapangan

  1. Akses mobile

Tenaga sales lapangan memiliki mobilitas tinggi untuk melakukan banyak hal seperti meeting dengan banyak klien di berbagai lokasi. Aplikasi sales harus memiliki akses mobile untuk mendukung pekerjaan mereka dan memastikan tetap produktif selama berada di luar kantor.

Idealnya, aplikasi sales lapangan memiliki kemampuan offline sehingga tenaga sales dapat melayani klien tanpa harus bergantung pada internet. Perubahan yang terjadi dapat tersinkronisasi ketika sudah ada koneksi internet untuk mencegah memasukkan data secara manual. Tidak banyak yang memiliki kemampuan seperti itu. Salah satu yang bisa menjadi pilihan untuk di Indonesia adalah Qontak.

 

aplikasi sales lapangan

  1. Manajemen calon pelanggan

Tidak banyak perusahaan yang memiliki proses yang canggih dan sistematis untuk mengelola calon prospek mereka. Aplikasi sales membantu mengelola calon prospek dari awal hingga akhir. Aplikasi yang baik memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dari mana mereka berasal. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan saluran dengan sumber prospek terbanyak.

Selain itu, aplikasi sales juga biasanya dilengkapi dengan sales pipeline untuk melihat tiap tahapan prospek yang sedang ditangani. Hal tersebut untuk memastikan tidak ada deals yang terlewatkan oleh tim sales.

Manajemen calon pelanggan yang baik membantu memperbaiki proses follow up, mengatur pengingat untuk tenaga sales, dan melacak deals yang sedang berlangsung.

aplikasi sales lapangan

  1. Live GPS tracking

Fitur ini adalah salah satu yang paling dicari dalam menentukan aplikasi sales lapangan yang tepat. Fitur live GPS tracking sangat membantu manajer sales dalam melacak keberadaan mereka ketika sedang bertugas di lapangan. Biasanya fitur ini menginformasikan waktu dan lokasi check-in dan check-out beserta laporannya untuk tiap anggota tim.

crm project

  1. Melacak KPI

Fitur ini membantu perusahaan, terutama manajer sales, dalam melacak kinerja tenaga sales. Software yang baik dapat mengatur metric sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk memperbaiki penjualan dan operasional bisnis mereka.

  1. Fitur pelaporan

Memiliki fitur pelaporan yang dapat diakses melalui sistem mobile setiap saat sangat membantu tim sales ketika berada di lapangan. Mereka dapat mengetahui informasi terbaru, bahkan hingga sesaat sebelum mereka berhadapan dengan klien.

  1. UI yang mudah digunakan

Ketika memperkenalkan sebuah software baru, salah satu hal yang paling menghabiskan waktu adalah mempelajarinya agar terbiasa dengan sistem tersebut. Dengan aplikasi yang memiliki user interface, tim sales dapat lebih mudah untuk mempelajarinya dan menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Menentukan aplikasi sales lapangan yang tepat

Penggunaan software yang tepat semakin menjadi kebutuhan perusahaan, terutama sebagai solusi yang dapat membantu bisnis dari berbagai industri dan skala untuk mengelola sales di lapangan.

Dalam memilih software untuk sales lapangan, penting bagi perusahaan untuk mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan dan harapan dari sistem tersebut. Dengan mengetahui fitur-fitur penting di atas, Anda semakin tahu apa saja hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan.

Qontak memberikan solusi yang komprehensif untuk sales lapangan Anda. Qontak mencakup seluruh fitur penting dalam aplikasi sales yang dapat membantu manajer sales dalam mengelola dan melacak penjualan di lapangan.

× Contact Us!