6 Dampak CRM Bagi Bisnis Anda

dampak crm

Bagaimana CRM dapat memberikan dampak bagi bisnis?

Customer Relationship Management (CRM) atau Manajemen Hubungan Pelanggan telah menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi di kalangan bisnis. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Customer Relationship Management, atau sering disingkat CRM, dapat membantu bisnis dalam meningkatkan customer experience atau pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Apa saja dampak CRM yang dapat dirasakan oleh bisnis?

Mengenal CRM

Sebelumnya mari pelajari secara singkat apa itu CRM. CRM adalah pendekatan strategis yang memungkinkan bisnis dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan maupun pelanggan potensial dan seluruh data yang berkaitan dengannya.

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis akan semakin berkembang, begitu juga data perusahaan. Perusahaan memiliki banyak sekali data dari berbagai sumber, mulai dari sales, customer service, hingga marketing. Software CRM membantu mengelola data tersebut lebih baik sehingga perusahaan dapat menggunakannya untuk menganalis trend penjualan dan perilaku pelanggan sebagai dasar strategi bisnis ke depannya.

Dengan demikian, CRM membantu perusahaan dalam memberikan insight yang lebih baik terhadap pelanggan dan bisnis secara keseluruhan. Selain itu, proses CRM juga membangun customer experience yang lebih baik melalui informasi terkini yang bisa diakses kapan pun secara real-time.

Dampak CRM bagi Bisnis

Pelanggan merupakan hal terpenting dalam bisnis. Karena itulah CRM menjadi penting. Pengalaman pelanggan yang lebih baik dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hubungan dengan pelanggan tidak bisa disepelekan jika ingin bisnis terus berkembang.

Berikut ini adalah 5 hal bagaimana CRM memberikan dampak bagi bisnis:

  1. Mengelola dan menganalisis data dengan mudah

CRM membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dengan lebih baik dan cepat berdasarkan data real. Software CRM memberikan laporan dalam format yang mudah dipahami dan dapat diakses kapan saja melalui aplikasi mobile CRM.

  1. Mengidentifikasi dan mengelola prospek

CRM sangat berdampak bagi efisiensi proses penjualan. Tampilan sales pipeline pada software CRM dapat membantu tim sales dalam melakukan follow up.

CRM dapat berfungsi sebagai software manajemen tugas yang akan memudahkan tim sales dalam melakukan sales monitoring untuk mengidentifikasi dan mengelola siapa saja prospek yang sedang berjalan.

Dengan demikian, tim sales lebih efisien dalam mengelola hubungan dengan prospek.

dampak crm

  1. Mengantisipasi kebutuhan pelanggan

Dengan CRM, pegawai dapat memperoleh data seperti kontak, riwayat pembelian, rekaman percakapan, dan lain sebagainya dengan cepat dan mudah. Dengan seluruh data pelanggan tersebut, perusahaan dapat memahami pelanggan lebih baik lagi dengan mengantisipasi kebutuhan pelanggan. Hal tersebut akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan perusahaan akan mendapatkan loyalitas mereka.

  1. Meningkatkan layanan kepada pelanggan

Tiga dari empat pelanggan mengatakan akan menghabiskan uang lebih banyak pada perusahaan yang memberikan customer experience yang positif. CRM meningkatkan customer experience melalui kemudahan akses terhadap data pelanggan sehingga tim customer service dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada pelanggan.

Selain itu, adanya integrasi dengan aplikasi lain seperti Whatsapp API juga semakin memudahkan komunikasi dengan pelanggan.

  1. Meningkatkan penjualan

Software CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan. Terdapat berbagai statistik CRM, salah satunya menunjukkan bahwa CRM dapat meningkatkan keuntungan hingga 41% per sales person. Selain itu, CRM juga meningkatkan customer retention hingga 27%. Dengan demikian perusahaan dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan lebih mudah dalam melakukan upsell kepada pelanggan eksisting.

  1. Melacak kegiatan dan KPI perusahaan

CRM dapat berfungsi sebagai aplikasi tracking untuk melacak kegiatan dan KPI perusahaan. Hal ini sangat penting, terutama di situasi saat ini di mana perusahaan menerapkan sistem work from home atau WFH. Alasan pentingnya CRM untuk WFH di antaranya adalah kemudahan dalam melacak aktivitas yang dilakukan anggota tim serta kinerja perusahaan melalui software KPI (key performance indicator).

dampak crm

Berikan Dampak yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda dengan CRM

Perusahaan menyadari pentingnya mengimplementasikan CRM untuk keberhasilan dalam hubungan dengan pelanggan. Aplikasi CRM dapat digunakan untuk berbagai macam industri dari berbagai skala, sebagai contoh industri retail, konstruksi, kesehatan, manufaktur, hotel, hingga bisnis kecil UMKM.

Memilih aplikasi CRM yang tepat sangatlah penting dalam memenuhi kriteria spesifik tiap industri untuk membuat CRM agar berhasil di perusahaan.

Aplikasi CRM Qontak telah membantu memberikan dampak positif bagi berbagai perusahaan di Indonesia dari berbagai jenis industri dan skala bisnis. Miliki pemahaman yang lebih baik terhadap pelanggan Anda dan kembangkan bisnis Anda bersama kami.

 

× Contact Us!