Qontak WhatsApp

6 Contoh dan Manfaat Sistem CRM pada Perusahaan

6 Contoh dan Manfaat Sistem CRM pada Perusahaan

Sistem CRM pada Perusahaan dan Penerapannya Memberikan Banyak Manfaat

Sistem CRM pada perusahaan telah terbukti banyak memberikan manfaat bagi proses berkembangnya perusahaan. Fakta ini akhirnya menarik berbagai perusahaan dari industri yang berbeda untuk turut serta menggunakan sistem CRM pada perusahaan mereka. Salah satu contohnya adalah PT. Kalbe Farma. Perusahaan-perusahaan skala menengah dan besar tentu saja akan tergiur dengan berbagai manfaat dan kegunaan CRM yang ditawarkan. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai sistem CRM pada perusahaan.


Apa itu Sistem CRM pada Perusahaan?

Sistem CRM pada perusahaan adalah sistem yang dijalankan pada sebuah perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, menemukan calon pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan lama. CRM memfasilitasi pengumpulan, pengorganisasian, dan pengelolaan informasi pelanggan, semuanya pada satu tempat.

Sistem CRM tidak hanya dapat digunakan oleh perusahaan berskala besar dengan basis data pelanggan yang besar saja, namun juga dapat digunakan oleh perusahaan dengan skala kecil dan menengah. Sistem CRM dirancang untuk melacak dan merampingkan proses bisnis, sehingga sistem CRM dapat menjadi salah satu alat manajemen paling kuat bagi perusahaan.

Artikel Terkait: Top 10 Aplikasi CRM di Indonesia dan Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi CRM


Siapa Saja yang Perlu Menerapkan Sistem CRM pada Perusahaan?

Sistem CRM pada perusahaan dapat diterapkan bisnis dengan jenis dan model apapun, karena sistem CRM mudah untuk disesuaikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang spesifik sekalipun. Berikut ini merupakan beberapa model bisnis yang membutuhkan sistem CRM pada perusahaan:

– B2B (Business to Business)

Sistem CRM pada model bisnis ini berperan untuk menyatukan mitra, vendor, dan pihak lainnya, sehingga model bisnis B2B akan mampu melakukan seluruh proses pengelolaan dan transaksi lainnya dengan lebih baik.

– B2C (Business to Consumer)

Bisnis dengan model ini membutuhkan penanganan manajemen pelanggan yang lebih cepat dan tepat. Sistem CRM akan melakukannya dengan baik berkat hadirnya fitur yang lengkap, seperti: manajemen saluran penjualan, pemasaran secara otomatis, pencatatan riwayat telepon, dan sebagainya. Kegunaan CRM tersebut dapat memudahkan penggunanya dalam mengelola pelanggannya.

– UMKM

Sistem CRM juga dapat diterapkan pada UMKM karena adanya opsi untuk menggunakan CRM berbasis cloud yang harganya lebih terjangkau. Selain itu penggunaannya juga lebih sederhana. Hal ini dapat membantu UMKM untuk tumbuh dengan lebih baik sehingga dapat bersaing dengan bisnis-bisnis besar lainnya.

– Enterprise

Yang terakhir tentu saja sistem CRM akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan dengan skala besar. Sistem CRM dapat meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan berbagai tugas yang rumit. Semua informasi pelanggan dari berbagai saluran dan lokasi dapat dipusatkan dan disimpan dalam sebuah sistem terpadu sehingga akan lebih mudah untuk dikelola.


Apa Manfaat Menerapkan Sistem CRM pada Perusahaan?

Kegunaan CRM sebenarnya dapat dirasakan oleh semua departemen atau divisi yang terlibat, bahkan sistem CRM juga akan bermanfaat bagi pelanggan. Beberapa hasil luar biasa dari sistem CRM mencakup:

  • Peningkatan layanan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan meningkat.
  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
  • Kerjasama tim dalam perusahaan menjadi lebih baik.
  • Retensi pelanggan baru.
  • Menghasilkan inisiatif penjualan dan pemasaran yang jauh lebih baik.
  • Memperoleh wawasan/ laporan bisnis secara akurat dan lengkap.
  • Meningkatkan pendapatan perusahaan.

Artikel Terkait Lainnya: 6 Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis dan 10 Tantangan dan Kendala Bisnis tanpa Aplikasi CRM


Bagaimana Contoh Penerapan Sistem CRM pada Perusahaan?

Karena memiliki banyak manfaat, maka sistem CRM telah banyak diterapkan di beberapa perusahaan di berbagai bidang industri. Inilah beberapa contoh penerapan sistem CRM:

1. Industri Manufaktur

Sistem CRM pada Perusahaan Manufaktur

Sistem CRM pada perusahaan manufaktur akan mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan proses produksi. Hal tersebut dimulai dari melacak jenis barang yang sedang diminati (membaca trend pasar), penentuan jumlah barang yang harus diproduksi, serta pengelolaan tugas karyawan produksi dan distribusi barang.

2. Industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods)

Sistem CRM pada Perusahaan KPI Salesman

Industri ini memerlukan pengelolaan pendistribusian barang yang cepat dan tepat. Sistem CRM pada perusahaan model ini dapat sangat berguna untuk mengatur alur kerja dan penugasan tenaga sales lapangan dalam mendistribusikan barang serta mencatat pesanan yang baru masuk. Selain itu, sistem CRM juga dapat digunakan untuk mengukur KPI salesman.

3. Industri Retail

Sistem CRM pada Perusahaan Retail

Industri retail seperti online shop akan bergantung pada sistem CRM karena CRM dapat mempermudah serta mengotomatiskan proses bisnis retail yang cenderung memerlukan perhatian khusus pada hal-hal kecil, baik mengenai pelanggan maupun mengenai bisnis itu sendiri.

4. Industri Perbankan

Informasi Pelanggan pada Sistem CRM pada Perusahaan Perbankan

Sistem CRM pada industri perbankan merupakan sebuah keharusan untuk dimiliki dan diterapkan. Hal itu sangatlah wajar karena industri perbankan sangat memprioritaskan kepuasan pelanggan, dan hal tersebut dapat dicapai salah satunya dengan bantuan dari penggunaan sistem CRM. Sistem CRM akan mengotomatiskan penyimpanan data nasabah serta semua transaksi yang terjadi dari awal hingga akhir.

5. Industri Perhotelan dan Pariwisata

Sistem CRM pada Perusahaan Perhotelan dan Pariwisata

Sistem CRM dapat digunakan pada industri perhotelan dan pariwisata untuk melacak prospek yang tepat untuk dikirimkan kampanye atau promosi yang tepat. Sistem CRM dapat melacak minat target tertentu melalui riwayat penelusuran mereka dalam menggunakan internet.

Selengkapnya dapat dilihat di artikel ini.

6. Industri Pendidikan

Industri pendidikan juga memerlukan sistem CRM dalam mengelola bisnisnya. Dengan sistem CRM, pengguna dapat menugaskan tenaga pengajar sesuai dengan bidangnya atau kemampuannya di kelas yang tepat. Pengguna juga dapat mempromosikan layanannya kepada target atau prospek yang tepat. Hal tersebut dapat menekan biaya promosi yang cukup tinggi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Terbaik Aplikasi CRM Berbasis Web dan 6 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia


Dimana Saya dapat Memperoleh Sistem CRM pada Perusahaan yang Terbaik?

Anda dapat memperoleh sistem CRM yang terbaik hanya melalui Qontak.com. Sistem CRM yang disediakan oleh Qontak.com memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda, dan yang pasti harganya cukup terjangkau.

Sistem CRM pada Perusahaan Qontak.com

Telah banyak bisnis yang mempercayakan perusahaannya kepada Qontak.com karena sistem CRM Qontak.com dijalankan menggunakan sistem Omnichannel. Hal ini membuat sistem CRM Qontak.com dapat terintegrasi dengan saluran atau aplikasi bisnis penting lainnya.

Tak hanya berbagai kegunaan CRM saja yang ditawarkan oleh Qontak.com, namun juga layanan konsultasi gratis serta layanan pelanggan lainnya yang optimal. Anda juga dapat memanfaatkan free trial yang mereka berikan sebelum berlangganan.

Baca Juga: dan 6 Tips Memilih Aplikasi CRM Jakarta

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

You may also like

0 comments

By