6 Cara Menggunakan Media Sosial secara Kreatif di Email

Social Media & Email Marketing

Selama ini, banyak sekali kontroversi mengenai efektivitas penggunaan email dan social media, dan klaim-klaim tersebut menyatakan bahwa kedua hal ini bukanlah media marketing yang maksimal. Padahal, pada kenyataannya, akuisisi dari customer potensial yang ditemukan dan dijangkau via email serta social media sendiri memiliki nilai yang cukup tinggi meski tidak bisa menutup ROI. Meski demikian, media sosial dan kampanye lewat email merupakan media yang tidak bisa diabaikan begitu saja dan sebaiknya diikutsertakan serta dikombinasikan satu dengan yang lainnya dalam perencanaan marketing sebuah bisnis. Beberapa cara menyertakan media sosial ke dalam email marketing secara kreatif untuk memberikan hasil yang diharapkan antara lain:

  1. Kirimkan newsletter lengkap dengan ikon sharing ke media sosial

Pilihan share yang harus Anda sertakan di dalam newsletter ini sebaiknya berbeda dari penyertaan ikon media sosial yang standar. Pilihan share ini haruslah memungkin penerima newsletter untuk langsung di share ke media sosial dengan private chat room sehingga sharing tidak terbatas hanya dari salah satu konten saja, tapi semua konten secara bersamaan dan keseluruhan.

Email dengan pilihan share terbukti memiliki click through rate atau CTR sekitar 158% lebih tinggi dari email tanpa pilihan share, menurut penelitian yang dikeluarkan oleh GetResponse. Click through rate tertinggi hadir dari Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest serta Google+. Pasangkan coding pada pilihan share yang akan membagikan laman HTML Anda sehingga penerima email tidak perlu masuk ke HTML webpage yang terpisah demi sharing konten semata. Tentukan sharing button yang akan diikutsertakan dalam email dan berikan keterangan yang menandakan apakah social share button tersebut menghubungkan penerima dengan page media sosial company atau untuk membagikan isi email tersebut ke orang lain via media sosial.

  1. Ikon sosial

Integrasi terpenting dari bisnis haruslah segera diimplementasikan dengan ikon sosial. Menyertakan ikon-ikon ini di setiap email memberikan kemudahan bagi penerima email untuk langsung terkoneksi dengan media sosial dari platform apa saja. Untuk mengembangkan basis keberadaan Anda di seluruh media sosial yang populer, hal ini perlu dilakukan. Jika Anda sedang fokus pada suatu kampanye yang Anda harapkan viral, social icons dapat bergeser posisi ke bawah. Anda juga dapat menyertakan hashtag untuk digunakan para penerima email dalam postingan media sosialnya sehingga menyatakan keikutsertaan mereka dalam kampanye.

Social Media & Email Marketing
Sumber Gambar: neilpatel.com
  1. Tambahkan elemen sosial pada halaman pembatalan subscription bisnis Anda

Ketika seseorang berniat membatalkan subscription dari email-email Anda, mereka akan dialihkan ke halaman yang memungkinkan mereka melakukan hal tersebut. Hal ini tidak berarti mereka mau menyingkirkan bisnis Anda sepenuhnya dan selalu sertakan ikon media sosial untuk mereka bisa memilih interaksi media sosial favorit mereka dengan perusahaan Anda. Anda dapat menyertakan copywriting yang menawarkan alternatif komunikasi dengan perusahaan Anda via media sosial.

  1. Adakan kontes

Terkadang, interaksi sosial media tidak cukup hanya dengan memanfaatkan email list saja. Anda dapat menawarkan insentif atau hadiah menarik sehingga mereka akan lebih terdorong untuk mengikuti Anda di media sosial, seperti di Facebook. Dengan meminta mereka me-like page Facebook atau follow Instagram dan Twitter untuk memperoleh voucher menarik misalnya, dapat menjadi penambah pengikut loyal dan calon customer Anda.

Social Media & Email Marketing
Sumber Gambar: digitalagencynetwork.com
  1. Sertakan bukti sosial pada kampanye Anda

Bukti sosial atau social proof merupakan fenomena psikologis di mana penerima email atau mereka yang mengakses bisnis Anda dapat melihat dan menilai aksi orang lain dalam mengikuti brand Anda sebagai pertimbangan mereka pribadi. Hasil survei terkini menunjukkan sebesar 63% customer akan merasa nyaman melakukan transaksi dari sebuah website jika terdapat rating dan review pada produknya. Dorong customer Anda untuk memberikan Anda review positif.

 

 

  1. Sertakan kode untuk social feeds live

Salah satu carra unik dan inovatif untuk mengikutsertakan media sosil dalam email Anda adalah berupa kode feeds live Anda. Dengan tambahan coding dan platform untuk melakukan tes email, Andaa dapat melakukan hal ini. Secara otomatis, mereka yang ingin ikut serta dalam live postingan dapat langsung bergabung. Biasanya, tipe penyertaan media sosial ini cocok untuk kampanye hal yang tengah tren.

 

Yang manakah yang dapat Anda aplikasikan bagi bisnis Anda?

You may also like