6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia

aplikasi customer service-qontak

Aplikasi Customer Service bagi Perusahaan

Aplikasi Customer Service mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dalam menciptakan pengalaman yang baik hingga memperoleh kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Kepuasan pelanggan tentu menjadi tujuan utama bagi tim support yang berfungsi sebagai garda terdepan pada sebuah perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Aplikasi CS sendiri memiliki beberapa jenis, seperti Aplikasi Help Desk, Aplikasi Call Center, dan Aplikasi CRM. Semua aplikasi tersebut dirancang khusus bagi tim customer service karena terdapat banyak kemudahan yang akan mereka terima saat menjalankan tugas.

Selain memudahkan tim customer service dalam melayani pelanggan secara cepat, Aplikasi CS juga dapat mengukur KPI customer service dan mengevaluasi kinerja mereka sehingga kadangkala orang menyebutnya sebagai Aplikasi KPI Customer Service. KPI customer service perlu diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pelayanan yang selama ini diberikan kepada para pelanggan. Dengan KPI yang terarah dan termonitor dengan baik, perusahaan dapat melakukan evaluasi serta perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. KPI pada setiap departemen sebuah perusahaan dapat berbeda-beda, dan tidak mudah untuk menentukan dan mengelolanya. Oleh karena itu Aplikasi Customer Service akan sangat membantu perusahaan.

Apa Saja Kelebihan Penggunaan Aplikasi CS?

Dengan mengetahui gambaran umum tentang Aplikasi Customer Service, mari kita bahas manfaat apa saja yang akan perusahaan dapatkan jika menggunakan Aplikasi CS tersebut:

1. Layanan pelanggan tersedia setiap waktu

Pelanggan dapat membutuhkan bantuan tim customer service kapan saja, oleh karenanya pelayanan yang dapat diakses setiap saat (24/7) pasti akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Aplikasi CRM Qontak memiliki fitur auto responder yang terintegrasi dengan Aplikasi WhatsApp Business API sebagai solusinya.

2. Peningkatan kinerja tim support dan agen customer service

Aplikasi WhatsApp API yang ditawarkan oleh Qontak dapat diakses oleh banyak customer service dengan hanya menggunakan satu nomor dalam melayani pelanggan.

3. Mampu melacak riwayat percakapan dengan pelanggan

Sistem CRM Qontak terhubung dengan sistem call center PBX sebagai Aplikasi CS yang dapat menyimpan riwayat percakapan dengan pelanggan. Hal ini penting karena tim support dapat memahami kendala yang sebelumnya dialami oleh pelanggannya.

4. Informasi pelanggan yang terpusat dan terorganisir dengan baik

Semua percakapan antara tim support dan pelanggan terekam dengan baik lewat Aplikasi Call Center. Sehingga, pelanggan tidak perlu menyampaikan ulang masalah atau permintaannya kepada tim support.

5. Tanggapan yang lebih cepat

Semua percakapan antara tim support dan pelanggan terekam dengan baik lewat Aplikasi Call Center. Sehingga, pelanggan tidak perlu menyampaikan ulang masalah atau permintaannya kepada tim support.

6. Otomatisasi dalam mengevaluasi laporan kinerja tim support

Pelanggan manapun pasti akan senang jika mendapat jawaban atau jika dapat dibantu secepat mungkin. Aplikasi Help Desk terintegrasi dengan WhatsApp API yang memiliki fitur untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis.

6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia

Lalu bagaimana cara memilih Aplikasi CS yang terbaik? Kami merangkum 6 Aplikasi Customer Service terbaik di Indonesia yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Qontak

Customer Service Software

Penyedia Aplikasi CS lokal dengan variasi fitur terlengkap adalah Qontak. Beberapa fitur Aplikasi KPI Customer Service dari Qontak adalah:

  • Software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proses bisnis Anda. Aplikasi call center Qontak dapat terintegrasi dengan software CRM dan Live Chat.
  • Aplikasi mobile dan GPS offline. Anda dapat melacak lokasi GPS sales lapangan Anda walaupun tanpa koneksi internet. Aplikasi sales ini akan berguna untuk perusahaan Anda.
  • Dashboard helpdesk laporan yang berisi analisis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya diatur per tenaga sales atau untuk periode tertentu.
  • Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metric yang kustomable agar dapat meningkatkan sales dan operasional bisnis.
  • Otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template spreadsheet dan word secara instan agar menghemat waktu dan biaya.
  • Aplikasi CS terintegrasi dengan Whatsapp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan dengan pelanggan secara instan.
  • Memiliki sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.

2. Zendesk

Perusahaan Amerika penyedia Aplikasi CS yang berkantor pusat di San Francisco, California, Amerika Serikat. Salah satu produk Zendesk menangani layanan pelanggan. Aplikasi layanan pelanggan Zendesk mudah untuk digunakan karena dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnis yang berbeda.

3. Freshdesk

Karena kecewa dengan layanan pelanggan yang dialami oleh pendirinya dulu, kemudian muncul lah Aplikasi Help Desk. Perusahaan yang pertama kali didirikan di Chennai India ini, kini telah berkantor pusat di San Mateo California, Amerika Serikat. Setelah sukses dengan Freshdesk, produk kedua yang diluncurkan bernama Freshsales. Kemudian PT Freshdesk merubah nama perusahaannya menjadi PT Freshworks untuk mencerminkan evolusinya sebagai platform produk.

4. Zoho Desk

Aplikasi Help Desk yang digunakan untuk melayani pelanggan karena pertanyaan/permintaan dari pelanggan dapat secara otomatis diatur berdasarkan prioritas, tenggat waktu, dan status CRM.

5. Jira Service Desk

Aplikasi CS yang memungkinkan tim support untuk memberikan pelayanan/tanggapan yang mudah dan cepat kepada pelanggannya. Dengan memakai Aplikasi CS ini, agen customer service dapat mengorganisir dan memprioritaskan pertanyaan/permintaan dari pelanggan.

6. eBesha xCRM

Aplikasi Customer Service Ebesha xCRM

Aplikasi CRM yang memudahkan pelanggan untuk menyampaikan keluhan/permintaan layanan kepada tim support secara efektif dan efisien. Seorang agen customer service dapat melihat seluruh catatan/history dari setiap interaksi yang tersimpan dalam sistem. Hal tersebut mempercepat penindaklanjutan dari setiap masalah pelanggan yang ada.

Apa yang Dapat Kita Simpulkan dari Penjelasan di Atas?

Masing-masing penyedia Aplikasi CS memiliki kelebihannya sendiri. Untuk itu Anda perlu memilih Aplikasi Help Desk mana yang terbaik dan cocok dengan bisnis Anda. Pilihlah Aplikasi KPI Customer Service yang dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda, yang juga dapat menghemat pengeluaran perusahaan. Misalnya seperti Aplikasi CRM, karena terdapat fitur otomatisasi yang akan sangat membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan sebuah Aplikasi Customer Service yang dapat terintegrasi dengan sistem CRM yang terotomatisasi, maka Anda dapat memperolehnya dengan mudah di Qontak, dan Anda bisa memperoleh uji coba GRATIS selama 14 hari. Jadi, tunggu apalagi? Cobalah sekarang juga!

You may also like

× Contact Us!