5 Tren yang Tengah Mengubah Layanan Customer di Bidang Manufaktur

Manufacturing Industry Trend

Masa depan layanan customer industri manufaktur sedikit demi sedikit mengalami perubahan dan penyesuaian dengan kemajuan teknologi. Bagi Anda yang ada di industri manufaktur dan penyedia jasa serta produk ke csutomer yang juga menyediakan bisnis, tren terkini dalam layanan customer Anda harus juga Anda perhatikan secara saksama. Sudah berlalu waktu di mana pengiriman terlambat masih menjadi isu serta penugasan teknisi yang masih kurang memenuhi ekspektasi.

Untuk bisa memiliki tim pelayanan dengan performa terbaik, Anda perlu memahami sudut pandang customer yang juga unik dan dapat menjadi kunci perubahan dalam cara Anda menghadapi customer. Customer Anda tidak pernah melihat departemen yang berbeda-beda di dalam perushaan Anda, customer Anda hanya melihat satu perusahaan dan jika satu brand atau bisnis yang mereka kenal ini menyediakan layanan yang tidak konsisten, 78% dari customer terbukti akan berpindah brand. Demi menanamkan relasi mendalam dengan customer Anda dan membuat mereka loyal terhadap brand Anda, interaksi dengan customer haruslah konsisten di tiap departemen.

Tren layanan customer yang penting untuk diketahui oleh semua pelaku bisnis manufaktur tersedia sebagai berikut untuk Anda terapkan:

1. Teknologi yang tersedia telah membuat customer Anda untuk memindahkan bisnis mereka untuk berpartner dengan bisnis lain selain Anda

Consumers Anda bukanlah orang tanpa akses teknologi dan teknologi telah memperkuat dan membuat pengambilan keputusan mereka semakin mudah dan cepat, termasuk untuk berganti partner jika tidak sesuai ekspektasi. Loyalitas memang bukan lagi hal yang mudah diperoleh bagi bisnis di bidang manufaktur, namun teknologi yang dimanfaatkan dengan benar dapat membuat para pelaku bisnis manufaktur bisa membangun relasi mendalam dengan pemahaman yang menyeluruh pada kebutuhan customer dan pada prosesnya mampu melakukan upsell pada customer yang sudah tersedia.

2. Untuk mendapatkan dan menjaga relasi dengan customer, para pelaku industri manufaktur perlu memprioritaskan pembangunan relasi

Pengumpulan data dalam metriks internal yang dimiliki oleh sistem operasional para pelaku manufaktur haruslah membuat aktivitas bisnis lebih efisien, sanggup menekan pengeluaran dan memperbaiki margin. Pengumpulan data internal sangatlah penting dan dibutuhkan, namun sistem yang ada dan banyak digunakan masih saja kurang mampu memenuhi kebutuhan pelaku bisnis manufaktur untuk dapat memahami customer dan melebarkan sayap bisnis. Kini, 71% dari layanan manufaktur ini sudah lebih terfokus pada pembangunan relasi customer dalam setahun belakangan. Interaksi dengan layanan personal pun sudah mulai ditingkatkan.

Manufacturing Industry Trend
Sumber Gambar: eHow.com

3. Pelaku industri manufaktur akan meningkatkan budget layanan mereka dalam 2 tahun ke depan

Layanan customer menjadi sesuatu yang krusial dalam sebuah bisnis dan para pelaku manufaktur tidak lagi bisa mengandalkan kualitas produk saja untuk memenangkan deal. Customer experience menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan sebagai salah satu elemen kompetitif yang dimiliki sebuah bisnis untuk mengungguli saingannya. Karenanya, peningkatan budget dalam area layanan customer perlu mendapatkan peningkatan.

4. Berpartner dengan sales untuk melebarkan sayap bisnis

Pada sektor manufaktur, dua departemen yang paling harus saling menopang dan bekerja sama adalah departemen penyedia layanan customer serta departemen sales. Dengan memiliki pandangan lengkap mengenai customer, di mana para pengguna bisnis Anda mudah mengaksesnya, tim sales dan pemberi layanan akan sama-sama sukses dan berhasil. Kesempatan dan potensi pun menjadi lebih mudah diidentifikasi dan dapat dengan cepat memberikan notifikasi pada tim sales.

Manufacturing Industry Trend
Sumber Gambar: industrialin.com

5. Layanan oleh pelaku industri manufaktur menjadi semakin cepat, pintar dengan teknologi seperti Internet of Things dan Artificial Intelligence

Pelaku manufaktur dengan pintar telah mulai menginvestigasi kegunaan Aritficial Intelligence atau AI untuk semua area bisnis manufaktur, mulai dari layanan pembantu yang langsung mengantisipasi kebutuhan customer hingga alat yang saling terkoneksi untuk setiap analisa kebutuhan customer.
Apa saja yang sudah mulai Anda aplikasikan ke bisnis manufaktur Anda?

You may also like