Qontak WhatsApp

5 Skill Wajib Dimiliki Project Manager

5 Skill Wajib Dimiliki Project Manager

Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Project Manager?

Menjadi seorang project manager bukanlah hal yang mudah. Faktanya tidak ada cara tertentu yang dapat memastikan keberhasilan suatu proyek. Seorang project manager harus memiliki kemampuan untuk dapat menghadapi dan mengatasi kendala yang tidak terprediksi dalam melakukan project management.

Apa itu Project Manager?

Project manager atau manajer proyek memegang peranan penting dalam sebuah proyek untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan kontrol. Mereka adalah seseorang yang terorganisir, passionate, dan berorientasi pada tujuan serta memahami proyek dan perannya agar organisasi dapat berhasil. Project manager bertanggung jawab terhadap keseluruhan scope proyek, tim, sumber daya, dan kesuksesan/keberhasilan sebuah proyek.

Dibalik kesuksesan sebuah proyek atau organisasi terdapat manajer proyek dengan skill tertentu. Pengetahuan tentang manajemen proyek atau project management tidaklah cukup untuk menjadi manajer proyek yang berhasil. Dalam artikel ini kita akan mempelajari skill yang menentukan kesuksesan sebuah proyek dan manajemennya.

5 Skill yang Harus Dimiliki Project Manager

  1. Komunikasi Efektif

Kurangnya komunikasi merupakan salah satu faktor kekacauan dalam proyek. Komunikasi yang jelas dan efektif dari seorang project manager akan membangun suasana yang kolaboratif dan membantu kesuksesan sebuah proyek.

Manajer proyek harus tahu bagaimana membangun engagement dan mengorganisir informasi dengan baik untuk menciptakan produktivitas dalam tim.

Skill membangun komunikasi yang efektif ditambah dengan penggunaan aplikasi manajemen proyek akan mempermudah kerja sama serta pendelegasian tugas kepada anggota tim.

  1. Macro-management

Proyek harus dilihat secara keseluruhan dalam bigger picture. Namun, kebanyakan project manager terjebak dalam melakukan micromanagement. Mereka harus dapat membangun kepercayaan dan tidak terlalu mengontrol anggota tim secara berlebih. Hal ini akan membantu mereka agar berfokus dalam melakukan manajemen workflow, bukan pada orangnya.

Efisiensi workflow merupakan landasan kesuksesan proyek. Menciptakan workflow atau alur kerja yang lancar tanpa keterlambatan dan halangan merupakan salah satu prioritas seorang project manager. Hal ini dapat dicapai dengan mencegah terjadinya hambatan sejak awal.

Metode Kanban atau Kanban Method yang dimiliki aplikasi manajemen proyek Qontak dapat sangat membantu melakukan manajemen tersebut. Metode ini membantu mengelola dan meningkatkan alur kerja dengan menyeimbangkan permintaan terhadap kapasitas yang tersedia.

aplikasi project manager untuk manajemen proyek

  1. Menyadari kemampuan tim

Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan tim dapat meningkatkan potensi tiap anggota tim. Menyadari dan mengasah skill yang dimiliki anggota tim akan menjaga hubungan, meningkatkan komunikasi, dan menaikkan kepercayaan diri mereka. Kerja sama dengan tim membutuhkan kemampuan seorang project manager untuk mempelajari skill mereka dan hubungan interpersonal agar proyek dapat maju.

Perusahaan dapat mendukung dengan memberikan pelatihan dan seminar unuk memastikan anggota tim memperoleh skill baru. Hal ini akan memberikan perbaikan berkelanjutan untuk mengoptimalkan proses bisnis.

  1. Selalu stay on track

Memimpin sebuah proyek artinya memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, merencakan, dan mengelola risiko proyek. Dalam melakukan manajemen proyek akan berhadapan dengan rintangan dan berjalan sesuai rencana penting bagi kemajuan tim.

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan proyek terselesaikan dan sesuai budget:

  • Menstandarisasi proses
  • Memonitor budget
  • Memperhatikan jadwal
  • Mendokumentasikan tiap detail proyek
  • Memastikan tim tahu deadline tugas mereka

project manager dengan aplikasi manajemen proyek

Dengan menggunakan aplikasi manajemen proyek, Anda dapat memperoleh manfaat di atas dengan mudah.

  1. Decision making

Salah satu peran manajer proyek adalah sebagai pengambil keputusan atau decision maker. Pengambilan keputusan akan semakin mudah jika memiliki argument berupa data yang melandasi keputusan yang diambil.

Penggunaan aplikasi manajemen proyek membantu penyimpanan data sehingga memudahkan dalam mengakses berbagai dokumen yang diperlukan. Beberapa aplikasi manajemen proyek bahkan dapat memberikan report atau laporan dalam bentuk grafik untuk mempermudah analisis dan pengambilan keputusan.

 

 

Dapatkan untuk Project Manager Anda Sekarang!

Memiliki 5 skill di atas serta dengan mengikuti 10 Cara Terbaik Untuk Tetap Terorganisir Sebagai Manajer Proyek akan membuat pengelolaan proyek yang lebih baik. Penggunaan software manajemen proyek juga membantu proyek Anda terkelola lebih mudah.

Jadilah project manager yang lebih cerdas dengan menghubungi CRM Qontak.com untuk konsultasi dan free trial.

You may also like

By