5 Rekomendasi Software CRM Terbaik Tahun 2020

software crm

Apa saja rekomendasi software CRM terbaik di tahun 2020?

Di era Industri 4.0 saat ini, perusahaan dituntut untuk semakin melek terhadap teknologi. Penggunaan internet dan software untuk pengelolaan data dan otomatisasi adalah hal penting yang harus digunakan untuk meningkatkan nilai kompetitif perusahaan. Software CRM merupakan solusi penting bagi perusahaan untuk pengelolaan database pelanggan dan otomatisasi proses bisnis.

Software CRM atau customer relationship management adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan selama siklus pelanggan berlangsung. Namun, teknologi CRM tidak terbatas hanya untuk mengelola data pelanggan saja. CRM secara umum digunakan untuk mengelola penjualan dan customer service. Sistem CRM biasanya memiliki berbagai fitur lainnya, seperti KPI dan task management, integrasi dengan sistem lain (Whatsapp, Facebook, ERP, dll), sistem call center, hingga melacak kehadiran secara live melalui GPS. Software CRM membantu bisnis memperbaiki produktivitas serta mengotomatisasi bisnis sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan menghemat biaya.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi CRM yang dapat menjadi pertimbangan untuk perusahaan Anda.

5 Rekomendasi Software CRM

  1. Qontak

software CRM

Rekomendasi software CRM pertama adalah Qontak. Qontak merupakan teknologi social CRM asal Indonesia dengan fitur lengkap yang tidak kalah dengan Software CRM populer lainnya.

Fitur-fitur utama yang dimiliki Qontak yaitu memberikan tampilan 360 derajat terhadap pelanggan, monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Selain itu, Qontak juga memiliki fitur lainnya seperti melakukan pelacakan lokasi GPS secara offline tanpa internet, KPI dan task management, otomatisasi dokumen, dan integrasi dengan chat (chat omnichannel), call center, dan Whatsapp.

Qontak merupakan salah satu official partner Whatsapp di Indonesia. Anda dapat memperoleh Whatsapp Business API melalui Qontak, sekaligus mengintegrasikannya dengan sistem CRM menjadi Whatsapp CRM. Dengan demikian Anda dapat memiliki solusi bisnis lengkap hanya dari satu vendor.

Qontak dapat memberikan konsultasi gratis dan free trial untuk yang ingin mencoba fitur-fitur yang ditawarkan dan manfaatnya bagi perusahaan.

  1. Salesforce

Selanjutnya ada Salesforce, yaitu software CRM yang dapat digunakan untuk perusahaan dari berbagai skala bisnis. Salesforce menawarkan solusi sales dan customer service, baik bagi perusahaan B2B maupun B2C. Software ini membantu bisnis untuk bekerja lebih efisien dan berbagi data bisnis melalui integrasi. Fitur-fitur yang dimiliki meliputi pelacakan secara real-time, tampilan alur kerja, forecasting, marketing, dan pelaporan.

Salesforce menawarkan free trial dan dapat dimiliki mulai dari $25/user/bulan.

  1. Freshsales

Sistem CRM Freshsales dikembangkan untuk membantu tim sales menjangkau calon klien secara efektif dan memberikan informasi yang lengkap terhadap mereka. Salah satu fitur utamanya adalah mengefisienkan lead management, yaitu melalui lead scoring dan prioritas lead berdasarkan ranking. Fitur ini membantu perusahaan untuk mengidentifikasi mana yang siap untuk close deal dan mana yang perlu pendekatan lebih lanjut. Fitur utama lainnya adalah email tracking, event tracking, panggilan langsung, manajemen sales, analisis, dan pelaporan.

Freshsales dibanderol mulai dari $12/user/bulan hingga yang termahal $79/user/bulan.

  1. Pipedrive

Pipedrive didesain secara spesifik untuk mendukung para professional sales dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Software ini membantu mengelola tiap tahapan dalam proses sales, mulai dari menarik calon pelanggan hingga manajemen kontak. Fitur utama dari Pipedrive adalah mengelola sales pipeline secara efisien sehingga dapat mengidentifikasi calon pelanggan potensial dan deals yang harus diprioritaskan. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan sistem bisnis populer lainnya seperti Google Aps.

Pipedrice memberikan free trial, dengan biaya berkisar antara $15-99/user/bulan

  1. Insightly

Insightly merupakan software CRM berbasis cloud untuk melacak tiap tahapan dalam siklus pelanggan. Software ini membantu perusahaan untuk melakukan aktivitas sales, membangun hubungan pelanggan, dan mengelola project sesuai permintaan pelanggan. Insightly cocok digunakan untuk bisnis kecil, walaupun banyak juga perusahaan besar yang berhasil dengan software ini.

Beberapa fitur utama Insightly adalah lead management, email automation, dan workflow automation.

Harga yang ditawarkan oleh Insightly berkisar antara $29-99/user/bulan.

Tips Memilih Software CRM

Implementasi sebuah sistem baru dalam perusahaan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu untuk penyesuaian. Sebelum memilih software yang tepat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah fungsi CRM Anda gagal. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki strategi CRM dan visi bisnis yang jelas terlebih dahulu.

Berikut adalah tips dalam memilih software CRM:

  1. Mudah digunakan dan diakses

Salah satu hal penting dalam memilih aplikasi CRM adalah mudah digunakan, sebab rendahnya adaptasi pengguna adalah salah satu penyebab utama kegagalan CRM project. Pastikan software memiliki tampilan yang ramah digunakan dan dapat diakses dari berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet, maupun smartphone.

software crm

  1. Fitur lengkap dan mudah disesuaikan

Kebutuhan tiap bisnis berbeda-beda. Selain itu, ketika bisnis semakin berkembang, fitur yang diperlukan dalam CRM juga dapat berubah. Pastikan software CRM yang dipilih memiliki fitur yang dapat mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda dan bisa disesuaikan di kemudian hari.

  1. Biaya pemasangan: on premise atau cloud?

Pemilihan teknologi CRM menentukan biaya pemasangan. Jika memilih on-premise, software akan menjadi milik perusahaan dan tidak ada biaya subscription. Namun biaya pemasangan akan lebih mahal, dan akan diperlukan ahli IT untuk maintenance. Sedangkan jika memilih sistem cloud tidak diperlukan biaya pemasangan dan maintenance sehingga biaya akan lebih terjangkau.

  1. Integrasi dengan sistem lain

Sistem CRM harus dapat berfungsi secara fleksibel dengan sistem lain yang sudah digunakan perusahaan. Dengan demikian seluruh sistem yang ada terintegrasi satu sama lain dan tidak berfungsi secara terpisah.

Software CRM untuk mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis

Penggunaan teknologi seperti software CRM dapat membantu bisnis dalam berbagai hal, mulai dari manajemen database pelanggan, melacak dan mengotomatisasi proses bisnis, sales monitoring, hingga melacak KPI. Berbagai fitur tersebut memberikan berbagai dampak CRM bagi bisnis, di antaranya mengelola dan menganalisis data lebih mudah, meningkatkan layanan kepada pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Anda dapat memperoleh fitur dan manfaat tersebut dengan CRM Qontak. Pelajari lebih lengkap mengenai Qontak di sini untuk konsultasi gratis dan free trial selama 14 hari.

× Contact Us!