Daftar isi
5 min read

5 Tahap Proses CRM Pada Bisnis, Wajib Diketahui!

Tayang 27 Februari 2023
Diperbarui 14 Desember 2023
Image CTA for Proses CRM
5 Tahap Proses CRM Pada Bisnis, Wajib Diketahui!

Proses CRM dikenal juga dengan siklus proses CRM atau CRM process cycle. Siklus ini terdiri dari beberapa tahapan proses bisnis seperti kegiatan pemasaran, layanan pelanggan, dan penjualan.

Namun, perlu diketahui banyaknya jumlah tahapan proses CRM dapat berbeda antara satu bisnis dan bisnis lain. Hal yang sama juga berlaku pada sistem CRM yang berbeda.

Dalam penerapannya, sistem CRM dapat meningkatkan tingkat konversi hingga 300%. Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis untuk memperhatikan proses CRM untuk mendapatkan hasil optimal.

Lalu, apa saja tahapan pada proses CRM? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang proses CRM di bawah ini!

Baca Juga: Panduan Lengkap CRM (Customer Relationship Management)


Apa Itu Proses CRM?

Proses CRM adalah sejumlah tahapan yang dilakukan oleh bisnis untuk menjaga setiap interaksi dan komunikasi dengan pelanggannya, agar dapat dipersonalisasi dan bermakna bagi pelanggan.

Dalam penerapannya, CRM process ini juga dikenal dengan strategi atau siklus proses CRM yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Sementara itu, sistem CRM menyediakan data dan fungsionalitas yang dibutuhkan oleh tim Anda untuk melakukan seluruh tahapan CRM process guna mengubah prospek menjadi pelanggan.

Baca Juga: Manfaat, Strategi, dan Contoh Implementasi CRM pada Bisnis


Apa Saja Tahapan Proses CRM yang Efektif?

Siklus Proses CRM

Secara umum, sistem CRM memiliki 5 (lima) tahapan proses CRM yang terdiri dari:

1. Menjangkau prospek potensial

Tahapan Proses CRM pertama_Menjangkau prospek

sumber: freepik

 

Tahapan pertama dalam CRM process ialah menjangkau prospek potensial yang berkualitas. Ini dapat dilakukan bisnis dengan memberikan brand awareness yang tepat pada target audiens.

Dalam hal ini, bisnis perlu memahami siapa target audiens dengan melakukan analisis dan segmentasi pasar.

Selain itu, bisnis juga dapat membuat buyer persona untuk membantu memahami calon pelanggan dengan lebih mudah.

Kemudian lanjutkan dengan membuat strategi dan kampanye pemasaran yang sesuai dengan prospek atau calon pelanggan potensial yang telah ditetapkan sebelumnya.

Anda dapat menggunakan aplikasi CRM untuk mengetahui lebih banyak tentang informasi dan data calon pelanggan bisnis Anda.

2. Mengakuisisi pelanggan

Proses CRM kedua Mengakuisisi pelanggan

sumber: freepik

 

Apakah Anda sudah melakukan tahapan pertama? Jika iya, Anda dapat melanjutkan dengan langkah proses CRM berikutnya, yaitu mendorong prospek potensial untuk mempelajari lebih banyak tentang bisnis Anda dan terlibat dengannya.

Proses ini dapat dilakukan oleh tim pemasaran ataupun penjualan, tergantung pada struktur organisasi dan pembagian tugas yang dimiliki oleh perusahan Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat membagikan email dengan Call-to-Action, buletin, melakukan giveaway di media sosial, atau bahkan melakukan live chat di situs Anda untuk menjangkau calon pelanggan.

3. Melakukan konversi

Tahapan Proses CRM ketiga_Mengkonversi Pelanggan

sumber: freepik

 

Langkah selanjutnya adalah mengubah prospek potensial menjadi pelanggan yang berharga. Namun, bagaimana caranya?

Sebelum itu, Anda perlu memastikan bahwa tim dan agen sales Anda memiliki kemampuan penjualan yang sangat baik. Dengan demikian, agen akan mampu mendorong prospek untuk melakukan transaksi pembelian dengan bisnis Anda.

Anda dan tim juga dapat menggunakan data historis penjualan yang sukses di masa lalu melalui sistem CRM, untuk mengidentifikasi kriteria kualifikasi prospek yang sesuai untuk konversi.

Sehingga, tim dan agen penjualan Anda akan mampu untuk mengidentifikasi peluang dengan probabilitas penjualan yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, agen sales juga dapat menggunakan fitur notifikasi pengingat pada CRM untuk mengingatkan mereka tentang deals yang harus segera diselesaikan. Jadi, tidak ada lagi peluang penjualan yang akan terlewat begitu saja.

Baca juga: Apa itu Conversion Rate, dan Jenis-jenisnya

4. Meningkatkan retensi pelanggan

Tahapan Proses CRM keempat_Retensi Pelanggan

Sumber: freepik

 

Apakah Anda dan tim berhasil mengubah prospek potensial menjadi pelanggan? Selamat! Namun, proses bisnis CRM tidak berhenti sampai di situ saja.

Seperti namanya, CRM berfungsi untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Itu berarti bisnis perlu menggunakan sistem CRM untuk meningkatkan hubungan pelanggan dan pada akhirnya mendorong retensi pelanggan.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan memberikan dukungan layanan pelanggan yang unggul dan luar biasa bagi pelanggan.

Di mana Anda dapat memberikan layanan yang dipersonalisasi berdasarkan database pelanggan yang Anda miliki dari informasi dan riwayat interaksi pelanggan bisnis Anda.

5. Mendorong loyalitas pelanggan

Tahapan kelima proses CRM _Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

sumber: freepik

 

Retensi pelanggan saja ternyata tidak cukup, Anda juga perlu mendorong loyalitas pelanggan. Sehingga pelanggan dapat terus-menerus kembali untuk membeli produk bisnis Anda.

Anda dapat memaksimalkan loyalitas pelanggan bisnis Anda dengan menggunakan sistem CRM yang canggih, seperti mengirimkan email yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat dan kesukaan pelanggan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur pengingat untuk tetap menjaga hubungan pelanggan dan menanyakan bagaimana kabar mereka.

Hal ini akan membuat pelanggan merasa dispesialisasikan, senang, dan menyukai merek bisnis Anda. Pada akhirnya, Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Baca Juga: Fungsi dan Fitur CRM yang Wajib Dimiliki Perusahaan!


Pelajari Proses CRM dan Tingkatkan Bisnis Anda Sekarang!

Itu dia beberapa langkah proses CRM yang perlu Anda ketahui. Namun, mengetahui saja tidaklah cukup, Anda juga perlu mengaplikasikannya untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis Anda secara maksimal.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM terbaik untuk mendukung CRM process yang berkualitas dan berdampak pada bisnis Anda, seperti aplikasi CRM dari Mekari Qontak.

Aplikasi CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis, seperti manajemen database & lead, dashboard laporan canggih, integrasi Omnichannel, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales