5 Manfaat Aplikasi Sales Order untuk Mengakselerasi Bisnis

aplikasi sales order

Apa itu aplikasi sales order?

Secara umum, tahapan-tahapan dalam sebuah proses bisnis, terutama pada business to business, diawali dengan dokumen penawaran dari penjual ke pembeli. Jika pembeli tertarik dengan penawaran tersebut, pembeli akan mengirimkan purchase order. Selanjutnya penjual akan membuat sales order berdasarkan purchase order tersebut. Setelah itu, penjual akan mengirimkan produk beserta invoice berdasarkan sales order yang telah dibuat. Aplikasi sales order dapat membantu bisnis mempermudah proses-proses tersebut.

Aplikasi sales order merupakan sebuah aplikasi yang membantu bisnis dalam mengontrol pesanan pembelian dari pelanggan serta produk/jasa yang ditawarkan. Selain untuk mengelola sales order, aplikasi ini juga ada yang dilengkapi fitur sehingga dapat berfungsi sebagai aplikasi untuk memantau sales atau sales tracking system.

Terdapat berbagai jenis aplikasi sales order, mulai dari ERP (enterprise resource planning) hingga CRM (customer relationship management). Biasanya perusahaan memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin lebih berfokus untuk memperbaiki efisiensi proses bisnis, ERP akan lebih tepat. Namun jika ingin mencari aplikasi untuk customer service sekaligus untuk mengelola sales, CRM adalah jawabannya.

Baca juga: CRM System vs. ERP system: Apa Bedanya?

Pentingnya menggunakan aplikasi sales order

Sales order sangat penting dalam inventarisasi dan sistem manajemen order. Sales order akan memberikan informasi apakah produk tersedia beserta jumlahnya. Hal tersebut membantu bagian purchasing dalam melakukan prakiraan pembelian. Melalui penggunaan aplikasi, manajemen sales order dapat dilakukan lebih baik dengan:

  • Mengotomatisasi pesanan pembelian
  • Mengelola pesanan pembelian dari berbagai sumber, baik dari aplikasi seluler maupun situs web
  • Integrasi dengan sistem dan departemen lain
  • Memperoleh laporan analitik untuk melihat kinerja sales keseluruhan, tim, maupun individu

aplikasi sales order

Aplikasi sales order juga dapat melakukan sales automation, yaitu otomatisasi untuk mempersingkat tugas administrasi pada proses penjualan sehingga tim sales dapat fokus dalam melakukan penjualan. Hal ini membuat proses bisnis dapat berjalan lebih efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Manfaat aplikasi sales order

  1. Manajemen proses dan penawaran dalam CRM

Melakukan manajemen sales order melalui software CRM dapat membantu melacak semua proses bisnis dan penawaran dalam satu software. Aplikasi CRM seperti Qontak dapat disesuaikan untuk mengembangkan bisnis dengan mudah.

  • Memvisualisasikan sales pipeline menggunakan sistem papan Kanban dengan fungsi drag dan drop
  • Menyesuaikan setiap tahapan bisnis yang unik
  • Mengotomatisasi reminder pada tiap tahapan bisnis

aplikasi sales order

  1. Melacak aktivitas penjualan

Menggunakan aplikasi sales CRM untuk mengelola sales order juga membantu manajemen dan melacak aktivitas penjualan sehingga dapat meningkatkan kinerja keseluruhan.

  • Memantau seluruh aktivitas penjualan dan membangun metriks KPI
  • Memperoleh perspektif 360 derajat seluruh pelanggan
  • Menyimpan seluruh data penjualan
  1. Meningkatkan customer service

Menggunakan software sales order dapat membantu tim sales untuk memperoleh informasi penting tentang pelanggan dengan sekejap tanpa harus mencari di tumpukan kertas. Permintaan pelanggan dapat dipenuhi secara cepat dan efisien. Selain itu, melalui otomatisasi proses dan dokumen, kesalahan terkait pesanan maupun pembayaran dapat berkurang sehingga dapat memberikan kepuasan pelanggan.

  1. Efisiensi waktu kerja

Pekerjaan administrasi merupakan salah satu tugas yang paling menghabiskan waktu bagi tim sales. Dengan bantuan aplikasi, tim sales dapat mengotomatisasi berbagai dokumen dan masuk ke sistem CRM. Hal ini dapat mengurangi entry data yang berulang sehingga dapat mengurangi waktu dan tenaga pegawai. Hanya dengan memasukkan data sekali ke dalam sistem, data tersebut dapat digunakan oleh tim lain dari berbagai departemen, baik itu procurement, accounting, hingga customer service.

aplikasi sales order

  1. Akses data dari mana saja

Kemudahan aplikasi yang bisa diakses melalui perangkat mobile memungkinkan tim sales untuk memroses dan mengakses data dari mana saja. Akses data yang cepat akan meningkatkan efisiensi dan memuaskan pelanggan.

Hal tersebut juga sangat bermanfaat bagi tim sales lapangan. Selain membantu mereka untuk mengakses data kapan saja, beberapa aplikasi seperti Qontak dapat berfungsi sebagai aplikasi sales lapangan untuk memantau keberadaan mereka melalui fitur live GPS. Ini tentu saja sekaligus membantu manajer sales dalam mengukur kinerja mereka.

Kesimpulan

Penggunaan aplikasi dapat membuat alur kerja berjalan lebih mulus dan menghemat waktu, mulai dari produktivitas yang lebih baik hingga membangun customer retention untuk jangka panjang. Pilihlah aplikasi dengan fitur lengkap yang tidak hanya dapat melakukan manajemen sales order saja, tetapi sekaligus sebagai aplikasi mapping sales. Jika ingin satu aplikasi yang dapat mengakselerasi keseluruhan bisnis, Qontak bisa menjadi pertimbangan terbaik Anda.

 

You may also like

× Contact Us!