5 Langkah Praktis Agar Website Anda Muncul di Halaman Pertama Google

halaman pertama google

Berada di halaman pertama Google adalah penentu bagi bisnis Anda untuk mendapat lebih banyak trafik. Lebih banyak trafik tentu saja berarti lebih banyak penjualan yang dapat terjadi, membuat bisnis Anda meroket dengan sendirinya dan brand Anda berhasil diingat oleh orang yang mencari apa yang bisnis Anda tawarkan.

Sebegitu pentingnya halaman pertama di Google, sampai terdapat ungkapan yang menyatakan bahwa halaman kedua Google merupakan tempat untuk mencari saat hanya saat Anda sudah mulai putus asa. Anda tentu tidak mau bisnis Anda termasuk ke dalam kategori putus asa bukan? Untuk menghindari hal tersebut, usahakan website Anda ada di halaman pertama Google dengan 5 cara praktis berikut:

1.      Optimasi website Anda bagi search engines

Desain dan struktur yang sesuai pada website akan membantu website Anda ditemukan oleh kata kunci yang dimasukkan di dalam search engine. Untuk mewujudkannya, pastikan Anda memasukkan kota tempat Anda berada atau area geografis tempat bisnis Anda beroperasi. Desain juga website Anda agar mobile friendly, yaitu mudah diakses dari smartphone maupun tablet. Desain juga agar website Anda agar memiliki flow yang membuat pengunjung betah berlama-lama di website. Dengan demikian, Google akan menaikkan website Anda ke halaman pertama.

2.      Gunakan kata kunci yang efektif

Kata kunci yang banyak dimunculkan dalam website Anda adalah salah satu faktor penentu kelayakan Anda untuk mendapatkan tempat di halaman pertama Google. Selain tidak makan banyak biaya, jika bisnis Anda merupakan bisnis berskala kecil, bermain di kata kunci dalam website akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak trafik visitors. Meski demikian, berlebihan memasukkan satu kata kunci juga tidak akan membuat Google tertipu karena search engines ini sudah didesain sedemikian pintar dan dapat memblokir website yang demikian. Masukkan kata kunci di dalam title tags, meta content, URL links, dan di alt tags yang ada di dalam deskripsi foto. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, cobalah melihat kembali apa yang kira-kira dicari oleh customer Anda dan apa yang disediakan oleh website Anda. Cobalah juga melakukan pengecekan pada Google Trends dan Google Keyword Planner. Gunakan AdWords saat Anda memiliki budget-nya. Tambahkan SEO plugins jika website Anda termasuk WordPress plugins.

halaman pertama google
Sumber gambar: codeable.io

 3.      Buatlah halaman Google+

Google+ memang belum sepopuler Facebook atau Twitter, namun Google+ sangat membantu pemilik bisnis kecil. Profil yang terbangun dengan baik dalam Google+ dapat membantu ranking website naik di search engine. Google+ memungkinkan pengguna Anda mereview bisnis Anda dan membantu reviews tersebut mendapatkan ranking halaman pertama di Google.

4.      Daftarkan bisnis Anda dalam Yelp

Memiliki halaman Yelp dengan review yang baik dapat membantu meningkatkan keberadaan bisnis Anda secara online. Yelp sendiri juga membantu memperbaiki performa SEO lewat pencarian map atau lokasi bisnis serta lewat mobile searches, pencarian melalui smartphone yang semakin diakses oleh sesama pengunjung yang ada di lokasi yang sama semakin meningkatkan ranking di Google. Mulailah meminta customer Anda yang loyal untuk meninggalkan review di Yelp dan memberikan ratings yang membuat Google mem-pick up website Anda. Tata juga akun Yelp Anda untuk memiliki foto-foto berkualitas yang juga menarik orang yang melihatnya.

halaman pertama google
Sumber gambar: bigeyeagency.com

5. Jalankan kampanye AdWords

Untuk Anda yang ingin mempercepat naiknya website ke halaman pertama Google dapat menjadikan AdWords sebagai alternatif jalan pintas. Iklankan website Anda dengan metode PPC atau pay per click, yang hanya akan menarik biaya dari akun Anda setiap kali ada orang yang meng-klik website Anda via link yang tersedia untuk masuk ke website Anda. Lakukan hal ini hingga pencarian dan trafik organik Anda sudah cukup baik sehingga Anda bisa menghentikan kampanye AdWords.

Jangan tunda untuk bisnis Anda!

You may also like

× Contact Us!