5 Keuntungan CRM bagi Bisnis Anda

keuntungan CRM

Ketahui keuntungan-keuntungan CRM bagi bisnis Anda

CRM atau customer relationship management adalah sebuah metode atau proses dalam bisnis yang digunakan untuk mempelajari kebutuhan perilaku belanja pelanggan sehingga menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Mengimplementasikan CRM pada perusahaan Anda mungkin membutuhkan biaya dan waktu untuk penyesuaian. Namun, dengan langkah-langkah membangun CRM yang baik dan membuat CRM agar berhasil di perusahaan, Anda akan memperoleh keuntungan serta manfaat CRM bagi perusahaan Anda.

Bagaimana CRM dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda

Bisnis merupakan lingkungan yang sangat kompetitif. Perusahaan-perusahaan memperebutkan pelanggan yang sama. Sementara itu, pelanggan mengharapkan layanan yang cepat, interaksi dengan pendekatan personal, dan pembelian yang berjalan lancar.

Idealnya, sebuah sistem CRM memiliki kelebihan membantu bisnis Anda dalam melakukan manajemen hubungan pelanggan, mencari pelanggan baru, dan menggapai pelanggan Anda sebelumnya. Sistem ini terintegrasi dengan software yang memfasilitasi kumpulan data dan interaksi pelanggan. Sebuah sistem CRM dapat bermanfaat baik bagi bisnis skala besar maupun skala kecil, selama diimplementasikan dengan baik.

Baca: 7 Kunci Sukses CRM – Implementasi untuk Bisnis Anda

Menurut data dari Discover CRM, sebanyak 91% bisnis dengan > 11 karyawan menggunakan CRM, Sementara itu, CRM semakin banyak digunakan oleh bisnis skala kecil, yaitu sebanyak 50% perusahaan dengan 10 karyawan atau kurang menggunakan CRM. Dari data tersebut, 74% di antaranya mengatakan CRM telah meningkatkan penggunaan dan akses terhadap data pelanggan mereka secara signifikan.

Lalu, apa lagi keuntungan lain yang ditawarkan CRM?

Setiap perusahaan unik. Dampak dan manfaat CRM bagi perusahaan berbeda-beda. Daftar di bawah ini merupakan keuntungan software CRM yang paling umum, yang merupakan pilihan aman untuk berbagai kondisi.

Inilah keuntungan-keuntungan CRM yang harus Anda tahu untuk menentukan software yang tepat bagi perusahaan Anda.

5 Keuntungan CRM bagi Bisnis Anda

  1. Mempertahankan pelanggan Anda

Selain mencari pelanggan baru, salah satu hal penting yang harus Anda lakukan dalam bisnis adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada, atau istilah lainnya adalah customer retention.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Frederick Reichheld dari Bain & Company menunjukkan bahwa peningkatan customer retention dapat meningkatkan keuntungan hingga 25% – 95%. Bahkan, menurut Harvard Business Review, mencari pelanggan baru akan membutuhkan biaya sebanyak 5 hingga 25 kai lipat lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Bagaimana CRM melakukan customer retention?

CRM membantu mengelola hubungan dengan pelanggan pada tiap tahapan pembelian mereka.

Beberapa hal spesifik yang membuat pelanggan datang kembali:

  • Insight pelanggan

Anda dapat melihat preferensi pelanggan sehingga dapat menyediakan hal yang sesuai dengan kebutuhan mereka

  • Survey

Dengan ini Anda dapat mengukur kepuasan pelanggan

  • Multi-channel support

Anda dapat mempersonalisasi konten yang akan Anda tawarkan pada pelanggan, mulai dari email, spanduk di toko, maupun melalui website.

Berikan pelanggan Anda customer experience terbaik. Ketika Anda berinvestasi pada pelanggan, kemungkinan mereka membeli dan menjadi pelanggan setia akan lebih besar.

  1. Meningkatkan layanan customer service

Customer service merupakan garda terdepan bisnis Anda. Salah satu faktor terbesar apakah pelanggan akan tinggal atau pergi adalah customer service Anda.

Sebagai pelanggan, tentu kita tidak ingin menghadapi customer service yang buruk.

Sistem CRM memungkinkan semua karyawan memiliki pengetahuan yang sama terhadap kebutuhan spesifik dan interaksi pelanggan. Customer service akan menjadi lebih baik jika karyawan bisa meningkatkan respond terhadap pelanggan dan karakteristiknya.

keuntungan CRM
Tampilan kontak pelanggan pada software CRM

Fitur pada CRM dapat memberikan semua hal yang perlu Anda tahu tentang pelanggan Anda dalam satu tampilan. Seluruh data pelanggan mulai dari detail kontak, percakapan, deals, maupun meeting, bisa dilihat secara keseluruhan.

Selain itu, dengan adanya integrasi WhatsApp dengan CRM, layanan customer service Anda akan menjadi lebih terlacak dan terekam dengan baik.

Customer service yang baik akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengurangi ketidakpuasan pelanggan.

  1. Mempercepat proses closing deals tim penjualan

Sistem CRM membantu mempercepat proses closing deals dengan memberikan informasi serta respon yang lebih cepat dan efisien terhadap calon pelanggan. Pelanggan dapat lebih yakin untuk melakukan pembelian jika mendapat respon yang tepat dan cepat.

keuntungan CRM
Tampilan sales pipeline pada CRM

Dengan CRM, Anda dapat melihat deals yang sedang berlangsung dalam tampilan pipeline sehingga Anda dapat melihat dengan jelas deals pada tiap pelanggan sedangkan berada pada tahapan mana.

  1. Meningkatkan efektivitas kerja

Data interaksi pelanggan dapat terlihat sangat membingungkan. Salah satu keuntungan CRM adalah kemampuan untuk mengatur meeting, kontak, customer service, hingga strategi marketing.

Software CRM saat ini memiliki tampilan yang mempermudah penggunanya untuk melihat alur calon pelanggan melalui sales pipeline atau menemukan informasi secara cepat di dashboard. Hal ini tentu akan jauh lebih efektif dibandingkan harus menelusuri data secara manual.

Selain itu, CRM juga membantu menciptakan workflow untuk mengotomatisasi proses bisnis Anda. Sebagai contoh:

  • Mengirimkan reminder meeting
  • Sinkronisasi antar data
  • Memindahkan data pelanggan dari satu tahapan pipeline ke tahap berikutnya
  • Menambahkan kontak dari tempat lain (contoh: Microsoft Excel)

keuntungan CRM

Sistem CRM membantu Anda mengurangi pekerjaan yang repetitif dan membosankan sehingga Anda dapat bekerja lebih efektif.

  1. Pelaporan data yang lebih canggih

Data tersedia di mana saja: kontak pelanggan, interaksi pelanggan, hingga data penjualan.

Bagaimana Anda memanfaatkan data-data tersebut?

Data mentah tersebut tidak akan ada artinya jika tidak ditampilkan dalam format yang tepat. Software CRM memiliki kemampuan untuk menganalisis data tersebut dan menyajikannya dalam bentuk laporan yang mudah dipahami.

Beberapa data yang dapat Anda lihat antara lain:

  • Sales report
  • Melacak kegiatan dan KPI anggota tim
  • Deals yang sedang berlangsung
keuntungan CRM
Tampilan sales report pada CRM

Fitur pada CRM ini sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Anda dapat mengelola KPI dengan software dalam tampilan yang mudah dipahami sehingga dapat melihat keseluruhan perusahaan Anda secara 360o.

 

Pada intinya, sistem CRM berkutat pada pelanggan Anda. Dengan kelebihan dan keuntungan CRM di atas, Anda dapat memberikan customer service yang tepat dan pengalaman yang berkesan sehingga pelanggan akan terus datang. Hasilnya? Performa bisnis Anda akan meningkat.

Terdapat beberapa sistem CRM yang tersedia di pasaran Indonesia saat ini. Jika Anda masih bingung dalam menentukan, kami dapat memberikan solusi untuk Anda. Qontak menawarkan sistem CRM sehingga Anda dapat mendapat keuntungan-keuntungan CRM di atas.

× Contact Us!