5 Jenis Terobosan Teknologi yang Akan Mendominasi Bisnis Tahun 2017

New Technology Dominating Business in 2017

Berbagai penemuan, ilmu pengetahuan serta teknologi hanya akan semakin mengalami kemajuan yang pesat di tahun 2017. Menyikapi hal ini, dunia digital dan bisnis tentunya tidak luput dari kemajuan ini. Di tahun yang baru ini, berbagai teknologi yang perlu disambut untuk dunia bisnis meliputi:

  1. Coding untuk membangun website yang lebih ringan

Pengembangan kode untuk membangun suatu situs diprediksi akan menjadi lebih ringan dan bahkan bisa tidak dipakai sama sekali berkat adanya teknologi terbaru. Bisnis-bisnis besar mulai menangkap tren ini serta efisiensinya dan akan besar-besaran memanfaatkan hal ini di tahun 2017. Semakin berkembangnya penggunaan aplikasi langsung di smartphone customer membuat para pemilik bisnis semakin mempercayai pemecahan solutif dari tools yang memungkinkan mereka yang tidak mengerti hal-hal teknis untuk membangun sendiri aplikasi ini. Platform dengan coding paling sederhana menjadi pembuka jalan untuk para pelaku bisnis membangun keberadaan online mereka secara lebih efektif.

  1. Artificial intelligence yang menggantikan percakapan yang sering makan waktu

Seperti yang sudah pernah dibahas, Artificial Intelligence atau AI sudah digadang-gadang akan menjadi pemain utama dalam bisnis dari bidang industri apapun. Kemampuannya untuk menyesuaikan dengan apa saja kebutuhan teknologi suatu bisnis membuat penggunaannya menjadi tools utama tidak mungkin ditunda lagi. Bahkan, bos Facebook Mark Zuckerberg sudah menghabiskan satu tahun penuh di tahun 2016 lalu untuk membangun asisten pribadi berupa robot yang bisa bicara dan merespon serta membantu segala kebutuhan rumah tangga. Teknologi yang berdasarkan pada AI akan menjadi lebih mudah diakses untuk setiap bisnis dan akan mentransformasi cara perusahaan menggunakan dan mengolah data yang ada. Mulai dari rekomendasi produk yang lebih pintar, pengalaman customer yang terukur untuk perbaikan ke depannya, hingga ke interaksi layanan pribadi yang lebih personal, AI memungkinan dunia bisnis menjadi lebih maju dan efektif di tahun 2017.

New Technology Dominating Business in 2017
Sumber Gambar: autosfan.com

 

  1. Chatbots hadir dan akan terus menemani

Bots yang dimaksudkan di sini adalah robot yang khusus didesain untuk melakukan berbagai pekerjaan spesifik untuk membantu jalannya bisnis dan komunikasi Anda dengan customer maupun sesama rekan bisnis Anda. Salah satu bots yang sudah digunakan secara luas adalah chatbots, sebuah robot yang mampu berkomunikasi melalui sms atau dengan pengeras suara, yang sangat membantu departemen-departemen bisnis utama seperti customer service, asisten virtual, rekrutmen hingga pemberian konsultasi legal dan mengatur stok hingga perincian pajak. Contoh chatbots meliputi Siri dari Apple dan masih banyak lainnya. Dengan adanya chatbots, cara lama di mana respon cepat tidak memungkinkan setelah jam operasional selesai sudah tergantikan dengan respon chatbots yang dihubungkan ke sistem penjualan bisnis Anda.

 

  1. Pengiriman pesan melalui smartphone serta chat live

Teknologi berikut ini mengacu pada populernya cara berkomunikasi melalui chatroom ala generasi millennials. Hampir 49% customer tidak suka pembicaraan via telepon, dan lebih menikmati percakapan melalu aplikasi chat dan interaksi marketing dalam bentuk pesan sehingga bisnis mau tidak mau harus menyesuaikan. Berdasarkan statistik terbaru, Facebook Messenger setiap hari memiliki pengguna aktif baik dari iOS maupun Andorid sebanyak 900 juta per bulan di seluruh dunia dan WeChat memiliki pengguna aktif sebanyak 700 jutta per bulannya dengan 10 juta bisnis menggunakannya di Cina. Interaksi melalui aplikasi chat dirasa lebih personal dan instan, lebih cepat dan lebih nyaman.

New Technology Dominating Business in 2017
Sumber Gambar: shefinds.com

 

  1. Semakin nyatanya virtual reality di tahun 2017

Tahun 2016 menjadi tahun peluncuran berbagai platform VR alias Virtual Reality, mulai dari sistem berkualitas tinggi seperti Oculus Rift milik Facebook, hingga platform yang lebih murah dan berbasis di smartphone seperti Samsung’s Gear VR. Para early adopters sudah mencoba virtual reality diikuti berbagai games dan program yang kini dapat dinikmati secara luas. Di tahun 2017, VR hanya akan semakin menanjak popularitasnya serta akan berfungsi lebih dari sekedar alat untuk bermain games.

Apa saja tren yang bisa diadopsi oleh bisnis Anda?

You may also like

× Contact Us!