5 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Saat Gencar Melakukan Digital Branding

Digital Branding

Memasarkan merek atau branding di era digital ini selalu tampak lebih mudah daripada sebelumnya. Tak heran bila persepsi demikian muncul sebab era digital telah mendobrak berbagai batasan yang dulu pernah ada.

Media sosial dan Google ads. pun menjadi sarana branding yang dianggap paling jitu saat ini. Sebab dengan dua metode ini penyebaran merek dapat lebih massif dengan menjangkau banyak orang.

Tapi kendati demikian para pelaku bisnis tidak boleh salah langkah dalam penggiatan digital  branding. Pasalnya, digital branding yang mampu mendobrak batasan-batasan ini justru menjadikannya rentan pada kegagalan di saat bersamaan.

Karena itu, agar digital branding dapat menuai hasil maksimal maka perhatikanlah 6 hal ini.

1. Utamakan Akses Aplikasi Mobile

Saat ini perkembangan dunia digital sudah memasuki era satu jari. Maksudnya, cukup dengan sekali klik melalui smartphone-nya konsumen sudah dapat mengakses merek Anda. Jadi, Anda bukan lagi hanya mengutamakan pada website sebagai wajah digital merek Anda, melainkan juga perlu segera membangun aplikasi mobile. Hal ini perlu Anda utamakan saat gencar digital branding agar konsumen lebih cepat mengenal, mendekati dan mempelajari merek Anda.

Digital Branding
Sumber Gambar: writerright.com

2. Perhatikan Kolom Komentar dan Testimoni

Era digital membuat siapa saja bebas bersuara dan berinteraksi. Ini juga menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan gencar menjalankan digital branding. Siapa pun dapat berkomentar sinis atau mengeluh pada website, aplikasi mobile, hingga media sosial merek Anda. Sebab itu pastikan Anda memiliki tim yang dapat segera merespon segala keluhan yang disampaikan oleh konsumen. Bahkan jangan ragu untuk membentuk tim sendiri yang bertugas menghapus komentar sinis dan bernada menjelekkan merek Anda tanpa sebab jelas.

Anda juga bisa berkolaborasi dengan para buzzer agar menempatkan testimoni positif pada merek Anda. Tapi tetap pastikan bahwa testimoni tersebut terkesan natural.

3. Membangun Nilai dan Kesan Merek

Untuk dapat diterima dengan mudah oleh konsumen, sebuah merek harus dapat benar-benar membangun nilai dan kesan yang dapat mewakili konsumennya. Layaknya kesan glamor yang sudah tersemat pada merek perhiasan atau kesan elegan yang sengaja disematkan pada merek rokok. Anda pun perlu menyematkan nilai dan kesan tersendiri pada merek Anda.

Dengan mampu menyematkan nilai dan kesan pada merek Anda yang terkesan mampu mewakili ‘status sosial’ konsumen Anda, maka konsumen Anda akan lebih cepat mengenal merek Anda.

Selain itu, tak ada salahnya juga bila Anda selalu menyebarkan komentar atau testimoni yang berasal dari konsumen biasa ketimbang testimoni buatan dari influencer media sosial.

4. Konsistensi Menjadi Hal Penting

Untuk dapat sukses menjalankan digital branding, Anda perlu memastikan bahwa merek Anda memiliki konsistensi yang tinggi dalam menjalankan berbagai kampanye. Ini penting untuk menumbuhkan nilai dan kesan di dalam benak konsumen Anda.

Tentu Anda pernah menemukan sebuah merek yang tiba-tiba saja hilang dari iklan tapi sebetulnya masih ada. Sentimen Anda pada merek tersebut pun bisa saja berubah. Mungkin Anda berpikir merek itu sudah tak lagi laku atau mulai goyah. Persepsi semacam itu bisa juga muncul di benak konsumen Anda saat merek Anda tak dapat menjaga konsistensinya di dunia digital.

Digital Branding
Sumber Gambar: blog.ngorder.id
Digital Branding
Sumber Gambar: blog.ngorder.id

5. Memiliki Toko Fisik Masih Penting

Sekalipun sudah memasuki era digital dan kecenderungan masyarakat mulai beralih ke toko online, bukan berarti Anda tak perlu lagi toko offline. Pasalnya, keberadaan toko offline masih diperlukan dalam strategi marketing. Seperti menciptakan pengalaman dan atmosfer berbeda bagi pelanggan yang datang ke langsung ke toko Anda melalui dekor dan salah satu proses produksi yang bisa dilihat langsung oleh konsumen.

Bagaimanapun toko fisik atau offline masih memiliki perannya yang penting bagi sebuah merek.

You may also like