Persiapkan 5 Hal ini Sebelum Menerapkan Multichannel Marketing

Multichannel Marketing

Menerapkan Multichannel Marketing

Konsumen memiliki banyak alternatif saluran komunikasi yang biasa mereka gunakan. Inilah perlunya multichannel marketing untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan lewat berbagai saluran. Penjualan pun dapat dilakukan bersamaan.

Beberapa multichannel marketing yang menjadi pilihan saat ini ialah email, website, media sosial yang terus bertambah, hingga SMS. Pilihan multichannel ini bisa terus bertambah seiring perkembangan zaman dan teknologi informasi. Namun, bukan perkara mudah bagi sebuah merek untuk bisa menerapkan multichannel marketing dengan segera. Apalagi tentunya setiap channel marketing memiliki cara pendekatan dan penggunaan yang berbeda-beda. Karena itu sebelum menerapkan multichannel marketing, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya.

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menerapkan Multichannel Marketing

Menurut AdReaction: The Art of Integration yang dikutip oleh MediaBUZZ, ada 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum menerapkan multichannel marketing:

1. Perlu Ide Kampanye yang Kuat

Karena setiap channel memerlukan konsep dan cara kampanye yang berbeda-beda, maka hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah ide. Ide merupakan pondasi awal yang paling penting dari sebuah kampanye. Kampanye atau iklan yang baik memang perlu sebuah konten dari gagasan yang kuat. Dengan adanya gagasan dan konten yang kuat, maka hasil kampanye akan bekerja lebih baik di semua channel.

Multichannel Marketing

2. Integrasi Lebih Banyak

Untuk bisa efektif membangun sebuah merek, maka paling tidak diperlukan kampanye yang terintegrasi. Menurut AdReaction, kampanye yang terintegrasi, 31% lebih efektif bekerja.

Konsumen umumnya mengharapkan adanya elemen penghubung dasar seperti logo dan slogan yang sama dalam setiap kampanye multichannel. Namun, penelitian menunjukkan karakter yang konsisten merupakan sikap individu yang paling membantu merek.

3. Jadikan setiap iklan dalam kampanye terintegrasi luar biasa

Setiap konten penting dan berkontribusi pada kesuksesan dan pembangunan merek secara keseluruhan. Kualitas kreativitas satu kampanye menentukan kesuksesan kampanye secara keseluruhan. Lakukan pengujian dan eksekusi ide kampanye Anda di semua media yang ingin digunakan.

4. Investasikan pada Channel yang Berperan Jelas

Saat ini saluran komunikasi memang marak dan memiliki banyak pengguna. Tapi hal itu tak lantas menjadikan sebuah merek mesti menggunakan seluruh saluran yang ada. Anda tetap perlu memilih channel marketing dengan bijak. Terlebih amat penting hanya memilih menggunakan channel yang dapat memberikan dampak dan kontribusi positif terhadap kampanye pemasaran Anda. Lihat juga dari segi biaya dan keefektifannya.

Multichannel Marketing

5. Siapkan Konten Sesuai dengan Channel yang Dipilih

Setiap saluran maupun channel tentu memiliki titik efektif yang berbeda-beda. Terutama soal urusan konten. Pastikan konten yang dibuat tetap dapat terintegrasi kuat dan lebih fleksibel untuk bisa digunakan di beberapa saluran yang dipilih. Ingatlah bahwa setiap saluran memiliki pengguna yang punya kebiasaan dan ketertarikan berbeda-beda.

Inilah 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum menerapkan multichannel marketing bagi merek Anda. Menerapkan strategi ini sudah menjadi hal yang perlu dilakukan. Untuk itu, pastikan pergerakan multichannel marketing Anda tak sia-sia, persiapkan segala sesuatunya dengan baik agar semua berjalan efektif dan mencapai goal. Namun, apakah menerapkan multichannel marketing saja cukup?

Apakah Menerapkan Multichannel Marketing saja Cukup?

Terlepas dari strategi multichannel marketing yang Anda terapkan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strateginya dengan bantuan sebuah aplikasi atau software yang tepat. Mengingat terus berkembangnya teknologi di era digital ini, maka penggunaan multichannel saja tidak cukup. Anda juga perlu menerapkan omnichannel, yaitu sebuah pengembangan dari multichannel. Baca perbedaan multichannel dan omnichannel disini.

Selain meningkatkan strategi marketing, omnichannel juga mengoptimalkan produktivitas dan penjualan bisnis Anda. Sementara bagi pembeli, hal ini dapat menciptakan pengalaman bertaransaksi yang menyenangkan. Untuk memudahkan Anda memulai strategi omnichannel, Anda bisa mencoba sistem CRM Omnichannel Qontak.com yang menunjang pengelolaan produk dengan berbagai saluran penjualan.

Konsultasikan strategi marketing Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Omnichannel sekarang juga!

You may also like