5 Cara Meningkatkan Bisnis Online Dengan Website Chat

website chat

Website Chat Membantu Para Pengunjung Website Bisnis Online

Website chat saat ini telah banyak dijumpai pada website toko online. Anda dapat melihat fitur ini pada bagian pojok bawah pada sebuah website. Web chat application biasanya diwakilkan oleh ikon yang dilengkapi dengan tulisan “Chat Us” atau “Tanyakan pada kami” atau tulisan lainnya yang mengajak pengunjung website untuk mengklik ikon tersebut. Ini akan memudahkan mereka jika memiliki pertanyaan seputar konten yang dimuat di sana, misalnya produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak hanya untuk bertanya, namun pengunjung juga dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk melakukan negosiasi, berbelanja online, konsultasi, dan sebagainya. Fitur ini menjadi sangat bermanfaat bagi pengunjung yang masih mengalami kebingungan ataupun keraguan.


Baca penjelasan mengenai website chat secara singkat pada presentasi slide di bawah ini:


Apa itu Website Chat?

Website chat disebut juga sebagai live chat, yaitu sebuah web service yang berfungsi sebagai media komunikasi secara real-time antara pelaku bisnis dengan konsumen yang mengunjungi website atau situs toko online mereka. Web chat application ini dapat berupa layanan pelanggan yang berbentuk obrolan ataupun formulir yang harus diisi terlebih dahulu oleh pengunjung website. Pesan yang dapat disampaikan kepada tim customer service tersebut dapat berupa pertanyaan, keluhan, permintaan maupun hal lainnya yang berhubungan dengan bisnis online tersebut.

Hasil survei APJII pada Dirjen PPI Kementerian Kominfo menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang sangat signifikan terkait dengan jumlah online shop terutama di bidang kesehatan saat pandemi terjadi. Mereka menuliskan:

Online shop itu sempat naik sampai 400% ketika bulan kedua kita mengalami pandemi, dan juga kegiatan-kegiatan yang terkait dengan government itu juga banyak dilakukan dengan conference, bahkan rapat-rapat kami dengan beberapa Menko, rapat terbatas dan lain-lain juga seringkali dilakukan dengan online

Dengan meningkatnya jumlah bisnis online serta kegiatan-kegiatan lain yang menggunakan internet, dapat dipastikan bahwa media komunikasi lain seperti live chat pada sebuah website sangatlah dibutuhkan.

Apa Pentingnya dan Manfaat Menggunakan Fitur Website Chat bagi Bisnis Online?

Setelah mengetahui beberapa kegunaan dari fitur website chat untuk bisnis, mari kita bahas manfaat web chat application lainnya:

Pengunjung website dapat lebih mudah berinteraksi dengan tim CS bisnis Anda tanpa perlu repot-repot berganti gadget atau aplikasi. Hal ini merupakan poin plus bagi bisnis Anda karena selain dapat meningkatkan penjualan, Anda juga dapat membangun hubungan pelanggan yang baik sehingga mereka dapat menjadi pelanggan setia bagi bisnis Anda.

Fitur website chat yang disediakan oleh Qontak.com dapat diakses melalui smartphone sehingga tim CS dapat membalas pesan dari konsumen dengan lebih cepat. Tanggapan cepat yang didapatkan oleh konsumen dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda.

  • Website Chat dapat Menghemat Biaya

Anda dapat memangkas biaya komunikasi yang harus dikeluarkan untuk berinteraksi dengan konsumen Anda. Bayangkan jika Anda harus menyediakan pulsa lebih untuk menelepon atau mengirim sms kepada konsumen atau prospek Anda, tentu hal ini termasuk pembengkakan biaya operasional. Selain itu, Anda juga dapat melacak sales/penjualan serta menentukan strategi bisnis selanjutnya melalui fitur ini tanpa biaya tambahan.

  • Mengurangi Cart Abandonment

Tanggapan yang diberikan dalam waktu yang cukup lama kepada prospek atau konsumen Anda dapat membuat mereka frustasi dan enggan melanjutkan proses belanja mereka, sehingga meninggalkan keranjang belanja mereka begitu saja.

  • Meningkatkan Penjualan

Komunikasi yang baik yang terjalin antara CS Anda dengan prospek atau konsumen Anda dapat meningkatkan penjualan pada website toko online Anda. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena pengunjung website Anda memperoleh informasi yang lengkap dan cepat tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka.

  • Meningkatkan Retensi Konsumen

Selain mengharapkan terjadinya sales/ penjualan, Anda juga perlu mengupayakan mereka kembali lagi ke toko online Anda untuk berbelanja. Retensi konsumen yang tinggi merupakan sebuah bukti bahwa mereka puas dengan pelayanan serta produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Meningkatkan Konversi

Konversi merupakan cara untuk membuat prospek atau konsumen melakukan tindakan lanjutan yang kita harapkan dari mereka, seperti melakukan pembelian atau pemesanan pada toko online kita. Anda dapat meningkatkan konversi pada bisnis online Anda dengan cara mengoptimalkan layanan CS Anda menggunakan web chat application.

  • Website Chat Mampu Meningkatkan Reputasi Bisnis

Reputasi bisnis merupakan salah satu senjata utama pada bisnis Anda yang dapat diperoleh dengan meningkatkan pelayanan kepada konsumen Anda. Hal ini dapat diperoleh jika Anda menggunakan live chat pada website toko online Anda. Reputasi yang baik dapat meningkatkan retensi dan konversi konsumen terhadap bisnis online Anda.

Baca Juga: Chatbot WA untuk Optimalkan Bisnis

website chat

5 Cara Meningkatkan Bisnis Online dengan Website Chat:

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan bisnis Anda dalam pelayanan customer service, salah satunya adalah mengoptimalkan live chat pada website atau toko online Anda. Inilah 5 cara yang dapat Anda perhatikan saat menggunakan web chat application, yaitu:

  1. Sediakan online support selama 24/7 dan terima chat serta pemesanan secara otomatis

Prospek dan konsumen Anda pasti menyukai pelayanan tanpa batas. Mereka mungkin sibuk pada jam kerja dan ingin berbelanja pada malam hari. Jika mereka kesulitan menghubungi Anda, tentu hal tersebut dapat menjadi sebuah hambatan pada transaksi yang akan mereka lakukan. Layanan penuh 24/7 memungkinkan Anda menerima pemesanan dari konsumen Anda setiap waktu.

  1. Letakkan chat button di tempat yang strategis dan sapa pengunjung secara otomatis

Biarkan pengunjung website Anda menemukan tim CS Anda dengan mudah. Letakkan ikon tim support Anda di tempat yang strategis. Jika bisa, sambut mereka terlebih dahulu agar mereka mengetahui bahwa ada tim yang siap membantu mereka kapan pun dibutuhkan.

  1. Gunakan chat transfer dan kerja sama antar departemen

Tim CS Anda mungkin saja tidak mampu menjawab atau membantu konsumen yang menghubungi mereka. Maka alangkah baiknya jika Anda menyediakan fitur chat transfer (pengalihan obrolan) kepada tim helpdesk dari departemen atau divisi lain yang mampu memberikan jawaban atau bantuan sesuai permintaan konsumen.

  1. Gunakan indikator typing dan aktifkan notifikasi

Indikator sedang mengetik dan notifikasi yang muncul  dapat membantu tim CS Anda untuk selalu waspada serta membalas pesan dengan cepat.

  1. Integrasikan dengan Aplikasi CRM

Hal terpenting lainnya dalam upaya pengoptimalan fitur ini adalah adanya integrasi dengan Aplikasi CRM. Aplikasi CRM telah sangat dikenal dalam divisi customer service dan/atau call center. Aplikasi ini memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk menerapkan keduanya dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.

Baca Juga: 6 Manfaat Aplikasi CRM untuk Online Shop dan 10 Tantangan dan Kendala Bisnis tanpa Aplikasi CRM

Tingkatkan Penjualan Anda dengan Website Chat Terbaik dari Qontak.com

Setelah membaca informasi di atas, Anda pasti lebih memahami bagaimana sebuah fitur dapat sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis online. Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur website chat ini, Anda dapat memperolehnya melalui Qontak.com. Qontak.com merupakan salah satu penyedia aplikasi web chat application terbaik di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Qontak.com juga menyediakan Omnichannel CRM dengan fitur yang lengkap yang dapat Anda integrasikan dengan fitur live chat yang telah kita bahas di atas.

Coba GRATIS Aplikasi Web Chat terbaik sekarang juga atau hubungi kami disini!

website chat qontak

You may also like