5 Cara Meningkatkan Bisnis dengan Whatsapp Bot API

whatsapp bot api

Bagaimana Whatsapp Bot API dapat Meningkatkan Penjualan?

Whatsapp Bot API telah dikenal penggunaannya untuk customer service. Whatsapp merupakan salah satu platform terbaik jika Anda ingin menggunakan chatbot. Saat ini hampir semua orang menggunakan Whatsapp. Whatsapp merupakan sarana terpercaya dan personal bagi pelanggan yang tersedia dengan mudah pada alat yang mereka gunakan setiap hari: handphone.

Namun kegunaan chatbot ternyata lebih dari itu. Selain meningkatkan customer service, bot bisa dimanfaatkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda dengan penggunaan yang tepat. Masih dalam rangkaian artikel Whatsapp Chatbot, kali ini kita akan membahas bagaimana Whatsapp Bot API dapat meningkatkan penjualan dan mendorong pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Apa itu Whatsapp Bot API?

Sebagian besar dari kita mungkin sudah familiar dengan chatbot pada website yang dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan umum tentang website tersebut. Dengan bot, kita dapat memperoleh respon secara cepat dan efisien.

Whatsapp Bot API sama dengan hal tersebut. Perbedaannya adalah Whatsapp bot dapat diakses pada media yang kita gunakan setiap hari, yaitu handphone. Hal ini memberikan beberapa keuntungan yang menjadikan Bot Whatsapp lebih personal dan lebih mudah diakses.

Selengkapnya mengenai Apa itu Whatsapp Chatbot?

whatsapp bot api

Whatsapp Bot API untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Lalu bagaimana sebenarnya Whatsapp Chatbot dapat mendorong pertumbuhan bisnis?

Chatbot merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan penjualan Anda. Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu memperoleh keuntungan maksimal melalui Whatsapp Chatbot.

  1. Memberikan penawaran kepada pembeli

Dalam proses komunikasi dengan pelanggan melalui Whatsapp, biasanya pelangganlah yang melakukan kontak terlebih dahulu dengan bisnis. Mereka biasanya memiliki pertanyaan tentang suatu produk, mencari nomor Whatsapp yang dapat dihubungi atau melalui API Whatsapp Link, dan memulai percakapan terlebih dahulu.

Ketika percakapan sudah berlangsung, bisnis dapat memanfaatkannya untuk memberikan penawaran melalui chatbot, misalnya promo yang sedang berlangsung. Memberikan penawaran langsung kepada pelanggan secara otomatis dan tertarget melalui chatbot dapat menjadi cara yang efektif dan hemat biaya untuk meraih pelanggan.

  1. Mengingatkan pembeli

Jika bisnis Anda sudah cukup canggih dengan memiliki website sendiri, terkadang pembeli seringkali mengabaikan barang-barang yang sudah mereka masukkan ke dalam shopping cart  dan lupa untuk melakukan pembayaran.

Whatsapp chatbot dapat dimanfaatkan sebagai pengingat yang mudah kepada pelanggan untuk melanjutkan pembayaran mereka. Anda hanya perlu mengirimkan pesan singkat melalui Whatsapp kepada pelanggan.

Whatsapp merupakan sarana yang tepat untuk memastikan mereka menyelesaikan pembelian mereka.

  1. Meningkatkan lead conversion

Kemampuan chatbot dalam membalas pesan secara cepat dan real time membantu menuntun pelanggan melewati sales funnel. Hal ini dapat mendorong mereka dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian sehingga dapat meningkatkan lead conversion.

  1. Mengurangi pengeluaran

Menghadapi pertanyaan rutin dari pelanggan atau sering disingkat FAQ (frequently asked questions), seperti pertanyaan daftar harga, produk apa saja yang ditawarkan, dan lain sebagainya, dapat menghabiskan waktu tim customer service. Pertanyaan-pertanyaan ini bersifat repetitif dan dapat diprediksi. Bahkan, kadang kala jawabannya sebenarnya sudah tercantum di deskripsi data.

Chatbot dapat menjawab pertanyaan tersebut secara otomatis dengan biaya yang sangat rendah. Kemampuannya dalam menjawab puluhan, atau bahkan ratusan pertanyaan sekaligus dapat menghemat biaya bisnis Anda secara signifikan sehingga dapat menangani pelanggan dengan lebih efisien.

whatsapp bot api

  1. Meningkatkan produktivitas karyawan

Whatsapp Bot API dapat membantu meningkatkan produktivitas tim support Anda dengan menangani pertanyaan-pertanyaan repetitif. Dengan demikian, agen CS dapat menangani pelanggan dengan pertanyaan yang lebih kompleks sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lebih lama.

Memilih Whatsapp Bot API

Keberhasilan penggunaan Whatsapp chatbot sangatlah bergantung pada software yang Ada gunakan. Tiap vendor memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda-beda, dan tentunya Anda ingin chatbot yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Whatsapp Bot API yang dimiliki Qontak memiliki beberapa fitur yang dapat membantu Anda untuk memiliki chatbot yang canggih, yaitu:

  1. Integrasi dengan sistem lain, misalnya software CRM sales dan customer service
  2. Menyusun alur percakapan dan mengubahnya dengan mudah sesuai kebutuhan bisnis Anda
  3. Melihat statistic chatbot

whatsapp bot api

Dengan Qontak, bisnis Anda dapat merasakan keuntungan dari Whatsapp Chatbot dengan mudah. Untuk pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi kami di sini.

× Contact Us!