5 Alasan Pentingnya Live Chat Untuk Bisnis Anda

Di dunia digital seperti sekarang ini, kecepatan adalah segalanya. Hal tersebut juga berlaku dalam bisnis, seperti kecepatan pengiriman dalam satu hari, akses yang mudah terhadap produk yang ditawarkan, hingga customer service. Jika tidak bisa menawarkan kecepatan kepada pelanggan, mereka akan beralih ke bisnis serupa yang lain. Salah satu cara terbaik untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada pelanggan adalah melalui penggunaan live chat.

Livechat merupakan salah satu jenis aplikasi untuk customer service berbentuk sistem chat yang fungsinya hampir sama dengan Whatsapp Chatbot. Live chat bisa juga dikategorikan ke dalam aplikasi helpdesk online. Aplikasi live chat memungkinkan bisnis untuk memiliki percakapan real-time dengan pelanggan ketika mereka sedang mengunjungi website bisnis tersebut. Pelanggan biasanya menyukainya karena live chat memberikan respon yang lebih cepat dibandingkan media lainnya. Penggunaan live chat sudah tidak asing lagi digunakan oleh perusahaan, mulai dari bank hingga e-commerce. Livechat memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperbaiki waktu respon kepada pelanggan.

Selain memberikan customer support yang lebih cepat, masih banyak lagi manfaat yang diberikan.

5 Manfaat Live Chat untuk Bisnis

  1. Meningkatkan konversi dan penjualan

Salah satu manfaat utama dari penggunaan live chat pada website bisnis Anda adalah potensi meningkatnya penjualan.

Sebuah penelitian dari American Marketing Associaton menunjukkan bahwa perusahaan B2B yang menggunakan livechat dapat meningkatkan rata-rata konversi hingga 20%.

live chat

Pada saat melakukan browsing di website, biasanya akan muncul pertanyaan dari prospek dan pelanggan mengenai produk/jasa yang ditawarkan. Dengan live chat, Anda dapat menjawabnya secara langsung di saat pembeli masih berada di website. Bahkan, biasanya bot akan menjangkau terlebih dahulu dengan menawarkan bantuan. Dengan terhubung kepada pelanggan secara proaktif selama proses pembelian, bisnis dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Penelitian lainnya dari eMarketer menunjukkan bahwa 35% orang melakukan pembelian setelah menggunakan live chat.

  1. Mengurangi biaya customer support

Sistem call center hanya memungkinkan agen customer service untuk menangani satu pelanggan di satu waktu. Sementara itu, dengan menggunakan software livechat, agen CS dapat berinteraksi dengan banyak pelanggan sekaligus. Manfaat ini sama ketika bisnis menggunakan Chatbot Whatsapp untuk customer support.

Dengan menangani banyak pelanggan sekaligus, bisnis hanya memerlukan tim CS yang lebih sedikit, yang artinya dapat mengurangi biaya customer support. Dari segi biaya pun, pemasangan software livechat lebih murah dibandingkan sistem call center.

  1. Membangun kepercayaan pelanggan

Membangun kepercayaan pelanggan yang baru pertama melakukan pembelian tidaklah mudah, apa lagi ketika dilakukan secara online. Melalui penggunaan live chat, bisnis dapat melakukan interaksi langsung dengan pembeli sehingga dapat membangun kepercayaan mereka.

Hal ini sangatlah penting, sebab jika pembeli tidak mempercayai bisnis tersebut, mereka tidak akan memberikan informasi kontak atau detail personal lainnya.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Live chat merupakan salah satu cara untuk memperbaiki manajemen customer service dan meningkatkan customer relation melalui pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Penggunaan live chat dapat meningkatkan kepuasan karena memberikan efisiensi dan kecepatan dalam merespon pelanggan. Dengan berkomunikasi melalui platform yang disukai pelanggan, bisnis dapat mempertahankan mereka menjadi pelanggan loyal.

  1. Memahami pelanggan lebih baik dengan analitik live chat

Salah satu kunci dari proses penjualan adalah memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat kepada mereka. Software livechat tidak hanya mempercepat terjadinya close deal, tetapi juga mengumpulkan insight pelanggan. Caranya yaitu dengan meninjau riwayat percakapan yang terjadi dengan pelanggan. Bisnis dapat memperoleh informasi berharga dan memahami pemikiran, opini, dan perilaku mereka. Hal tersebut kemudian dapat digunakan untuk pengembangan produk, marketing, hingga strategi bisnis ke depannya.

Menggunakan live chat untuk bisnis Anda

Pelanggan tentu menginginkan pelayanan langsung yang cepat untuk membantu mereka selama proses pembelian. Dengan menggunakan livechat, bisnis dapat berkomunikasi dengan pelanggan melalui media yang mereka inginkan dan memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan. Selain itu, bisnis juga dapat mengurangi biaya customer support dan meningkatkan penjualan keseluruhan.

live chat

Jika tertarik menggunakan livechat untuk bisnis Anda, salah satu yang menyediakan layanan tersebut adalah Qontak. Qontak tidak hanya membantu bisnis dalam berinteraksi melalui website saja, tetapi juga telepon, email, serta aplikasi pesan seperti Whatsapp, Facebook Messenger, dan Line. Selain itu, kelebihan lainnya platform Qontak memungkinkan agen untuk mengintegrasi interaksi pelanggan langsung dengan software CRM. Integrasi berbagai saluran dalam satu dashboard ini dikenal dengan istilah omnichannel, yang merupakan strategi bisnis untuk meningkatkan customer experience (CX).

Miliki interaksi pelanggan yang lebih baik dan tingkatkan penjualan Anda melalui penggunaan livechat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

× Contact Us!