4 Cara Tepat Menggunakan Whatsapp Blast

whatsapp blast

Simak hal penting yang perlu kamu tahu sebelum menggunakan Whatsapp Blast!

Penggunaan Whatsapp saat ini telah berkembang sebagai media interaksi bisnis dengan pelanggan yang paling efektif. Hampir bisa dipastikan bahwa seluruh pengguna smartphone memiliki aplikasi Whatsapp. Selain itu, Whatsapp juga memiliki open rate lebih tinggi dibandingkan media komunikasi lain seperti email. Oleh sebab itu, tidak heran bahwa bisnis semakin memanfaatkan Whatsapp untuk menjangkau pelanggan maupun calon pelanggan. Salah satu fitur yang cukup banyak diminati oleh pelaku bisnis, terutama bisnis online dan pihak marketing, adalah Whatsapp Blast.

Apa itu Whatsapp Blast?

Istilah Whatsapp Blast tentu sudah tidak asing lagi bagi pemilik usaha maupun orang yang bergerak di bidang marketing. Whatsapp Blast adalah fitur Whatsapp yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan Whatsapp ke banyak nomor secara bersamaan. Pesan tersebut dapat dikirim secara massal tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu di kontak. Fitur ini sangat disukai oleh pelaku bisnis online karena dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga mereka untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

whatsapp blast

Perbedaan Whatsapp Blast dan Whatsapp Broadcast

Banyak yang mengira bahwa blast sama dengan broadcast. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda. Walaupun dari segi fungsi sama yaitu untuk mengirim pesan secara massal ke banyak nomor, WA blast dan broadcast memiliki cara kerja yang berbeda.

Whatsapp Broadcast merupakan fitur resmi dari aplikasi Whatsapp untuk mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus. Fitur ini terbatas hanya bisa mengirim ke maksimal 256 kontak saja. Selain itu, nomor yang dikirimi pesan harus menyimpan kontak Anda agar pesan dapat terkirim. Jika Anda sudah menyimpan kontak mereka namun mereka tidak menyimpan kontak Anda, otomatis pesan tidak akan terkirim. Tidak hanya itu, pesan juga biasanya tidak terkirim semua di hari yang sama. Whatsapp akan secara otomatis mengatur jeda waktu antar pesan sehingga beberapa pesan mungkin baru sampai keesokan harinya atau beberapa hari kemudian.

Sementara itu, Anda tidak akan mendapatkan fitur blast di Whatsapp biasa maupun Whatsapp Business. Whatsapp Blast merupakan aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh developer sehingga Anda harus bekerja sama dengan vendor untuk dapat memilikinya. Kelebihan dari WA blast yaitu:

  • Jumlah kontak untuk mengirim tidak terbatas
  • Tidak perlu menyimpan kontak yang ingin dikirimi pesan
  • Tidak ada delay waktu pesan terkirim

Bagaimana cara mendapatkan Whatsapp Blast?

Blast bisa diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan memiliki Whatsapp Business API dan bekerja sama dengan vendor yang menyediakan aplikasi Whatsapp Blast.

  1. Melalui Whatsapp API

Cara membuat API Whatsapp pertama-tama adalah dengan memilih official Whatsapp partner Indonesia, misalnya Qontak. Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi perusahaan dan mengaktifkan nomor yang ingin didaftarkan. Cara ini mungkin terlihat lebih rumit, namun nomor Anda lebih terjamin karena Anda bekerja sama dengan partner resmi Whatsapp. Selain itu, kelebihan lain dari menggunakan Whatsapp API di antaranya:

  • Mendapat tanda centang hijau resmi dari Whatsapp
  • Menggunakan satu nomor Whatsapp di berbagai perangkat (Whatsapp multiple device)
  • Menganalisa dan menyimpan seluruh riwayat percakapan

whatsapp blast

  1. Melalui vendor penyedia aplikasi Whatsapp Blast

Saat ini cukup banyak vendor yang menyediakan aplikasi Whatsapp Blast. Namun, banyak di antaranya yang tidak bisa digunakan sama sekali, bahkan merugikan penggunanya. Cara ini memang lebih mudah dan lebih murah, terutama jika Anda hanya mencari fitur blast tanpa embel-embel lainnya.

Berdasarkan banyak pengalaman, cara ini berisiko membuat nomor Whatsapp terblokir. Kalaupun ada cara-cara tertentu untuk menghindari agar nomor Anda tidak terblokir, hal tersebut tidak menjamin aman dari blokir 100%.

Cara Tepat Menggunakan Whatsapp Blast

Sayangnya, fitur blast sering disalahgunakan oleh pelaku bisnis. Blast memang saat ini banyak digunakan sebagai strategi marketing Whatsapp untuk melakukan promosi dan mencapai target penjualan. Namun, melakukan blast promosi ternyata melanggar kebijakan dari Whatsapp. Jika ketahuan melanggar, nomor Anda akan diblokir oleh Whatsapp. Saat ini, Whatsapp mengandalkan dua cara untuk melakukan pemblokiran, yaitu melalui Bot Whatsapp, dan blokir dari pengguna.

Lalu bagaimana cara menggunakan blast yang tepat?

  1. Tidak melakukan spam berisi blast promosi

Perlu Anda ketahui bahwa Whatsapp tidak mengizinkan penggunanya untuk melakukan blast promosi maupun notifikasi kampanye. Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi atau kampanye jika diminta oleh pelanggan. Hal ini disebabkan Whatsapp tidak ingin penggunanya merasa terganggu dengan keberadaan pesan seperti itu. Jika tetap melakukannya, Whatsapp akan mendeteksinya sebagai spam dan nomor Anda akan diblokir.

  1. Mengirim pesan keluar sesuai ketentuan

Banyak pengguna yang masih belum mengetahui terms of service dari Whatsapp mengenai tipe pesan keluar yang diperbolehkan. Ada juga pengguna yang sudah tahu namun mengabaikan ketentuan tersebut. Berikut adalah tipe pesan keluar yang diizinkan oleh Whatsapp:

  • Pengiriman faktur
  • Pengingat
  • Notifikasi
  • OTP
  • Konfirmasi pesanan
  1. Gunakan untuk customer service

Karena tidak mengetahui terms of service dari Whatsapp, banyak yang mengira bahwa tujuan utama Whatsapp Blast adalah melakukan promosi. Di internet pun berseliweran berbagai tips untuk melakukan marketing melalui Whatsapp, bahkan hingga cara-cara untuk mengakali agar tidak diblokir. Padahal, jika dilihat dari ketentuan di poin sebelumnya, penggunaan Whatsapp lebih mengarah untuk customer service, bukan untuk marketing.

Gunakanlah blast sesuai dengan ketentuannya. Manfaatkan Whatsapp untuk customer service dan berikan layanan pelanggan terbaik untuk mendapatkan loyalitas mereka. Dengan demikian, penjualan Anda pun akan meningkat.

  1. Dapatkan melalui Whatsapp API

Cara terbaik mendapatkan Whatsapp Blast adalah melalui API Whatsapp. Selain karena melalui partner resmi Whatsapp, Anda akan terhindar dari pemblokiran selama tidak melanggar ketentuan jenis pesan keluar di atas. Dengan Whatsapp API, Anda juga bisa menggunakan template pesan dan melakukan pesan keluar otomatis sesuai trigger. Ditambah lagi, melalui integrasi dengan software CRM, database customer akan terhubung dan tersimpan secara otomatis.

Anda juga dapat memiliki berbagai fitur lainnya, seperti memiliki menggunakan satu nomor Whatsapp untuk banyak admin, Whatsapp Chatbot, hingga integrasi dengan aplikasi lain seperti Line dan Telegram (Whatsapp Omnichannel).

Kesimpulan

Jadilah pengguna yang bijak dengan menggunakan pesan blast sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika ingin melakukan pengiriman notifikasi massal, gunakanlah Whatsapp API melalui partner resmi Whatsapp. Penjualan pun dapat meningkat dengan memperbaiki kualitas layanan pelanggan bisnis Anda. Dapatkan demo gratis di sini.

You may also like

× Contact Us!