4 Cara Optimalkan Link Building untuk Support SEO E-Commerce

Link Building

E-commerce merupakan industri berbasis teknologi dan internet yang saat ini tengah naik daun. Hal tersebut dapat terlihat dari terus bermunculannya pemain baru di antara berkuasanya pemain lama. Tak heran bila persaingan ini membuat industri e-commerce memiliki persaingan ketat. Salah satunya dalam upaya menguasai Search Engine Optimization (SEO).

SEO memang merupakan kunci utama persaingan pada industri berbasis internet. Artinya, SEO juga berpengaruh pada strategi internet marketing sebuah bisnis. Dan ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat memenangkan persaingan SEO ini. Sebut saja yang paling akrab ialah penggunaan kata kunci, konten, sampai link building. Dan kali ini, mari kita bahas mengenai link building atau membangun link.

Link building penting dijalankan oleh para pelaku industri e-commerce. Pasalnya, link building dapat sangat memengaruhi SEO sehingga dapat menentukan peta persaingan di ranah internet.

Salah satu bentuk link building yang paling akrab adalah tombol share atau ‘berbagi’ yang ada pada sebuah artikel blog atau website hingga produk online shop. Sederhananya, semakin banyak yang membagikan sebuah artikel maupun produk online shop, maka kesempatan berada di halaman satu mesin pencari Google akan terbuka lebar.

Tapi, tentu saja membangun link bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi sudah pasti para pesaing Anda pun melakukan hal serupa. Inilah kenapa sangat penting Anda mengetahui cara yang tepat agar berhasil membangun link untuk kelangsungan bisnis Anda. Karena bisa saja kompetitor Anda sedang menjalankan cara yang salah.

Karena itu, agar tak ikut salah langkah, Anda harus mengoptimalkan link building dengan 4 cara ini:

1. Gunakan Influencer

Influencer bukan hanya dapat digunakan dalam strategi social media marketing. Influencer juga dapat digunakan dalam strategi internet marketing. Dalam hal ini Anda bisa memilih menggunakan influencer media sosial maupun blogger untuk mengulas produk online shop maupun website e-commerce yang Anda miliki. Jangkauan influencer yang luas tentu dapat memudahkan Anda untuk membangun link atau link building.

Tapi pastikan Anda tidak salah menunjuk influencer yang memiliki jaringan atau pengikut sesuai dengan target market bisnis Anda.

Link Building
Sumber Gambar: metalfluence.com

2. Buat Laman Blog

Kenapa di setiap website e-commerce atau online shop selalu ada laman blog? Jawabannya sederhana, karena blogging merupakan komponen yang paling menyokong SEO. Karena tentunya blog berisikan artikel-artikel yang sudah dioptimasi dengan kata kunci. Belum lagi apabila artikel yang dimuat tergolong menarik dan informatif sehingga akan banyak pembaca yang membagikan artikel tersebut dengan senang hati. Saat itulah link building Anda sudah tercapai.

3. Mainkan Sistem Diskon atau Poin

Salah satu hal paling efektif dan menarik bagi konsumen adalah tawaran diskon atau sistem reward berupa poin. Anda bisa menyiasati hal ini untuk membangun link. Caranya bisa dengan mengharuskan pengunjung untuk membagikan informasi diskon produk tertentu di online shop Anda kepada jaringannya bila ingin mendapatkan diskon saat membeli produk tersebut.

Atau dengan memberikan poin setiap kali konsumen Anda menuliskan dan membagikan testimoninya pada produk yang dibelinya di online shop Anda kepada jaringannya. Hal ini tentu dapat membuat link Anda menjadi rujukan orang banyak.

Link Building
Sumber Gambar: markdalton.net

4. Kaitkan pada Link Internal

Sekalipun Anda tengah fokus mengoptimalkan link building lewat faktor eksternal, jangan lupakan faktor internal Anda. Salah satu faktor internal yang dapat mengoptimalkan link building Anda adalah seperti penggunaan widget yang dapat menampilkan produk-produk atau artikel terkait pada halaman yang dikunjungi oleh konsumen.

Penambahan widget semacam itu telah terbukti mampu membantu meningkatkan pembelian dengan efisiensi waktu bagi konsumen. Karena konsumen bisa mendapatkan rekomendasi produk yang berkaitan dengan produk yang ingin dibelinya. Lihat saja bagaimana setiap situs jual-beli selalu memiliki widget semacam ini.

Inilah 4 cara yang dapat Anda jalankan untuk bisa mengoptimalkan link building situs e-commerce Anda. Pada intinya, mengoptimalkan link building bukanlah hal yang tergolong mudah. Tapi juga bukan hal yang terlalu sulit dilakukan. Karena masih ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan link building pada situs e-commerce Anda.

You may also like

× Contact Us!