4 Cara Meningkatkan Customer Retention dengan CRM Software

crm software

Customer retention sangatlah penting dalam bisnis. Bagaimana CRM software dapat membantu melakukannya?

Menarik pelanggan baru bukanlah hal yang mudah. Karena itu, mempertahankan pelanggan yang sudah ada sangatlah penting. Salah satu cara terbaik untuk dapat melakukannya adalah dengan CRM software. CRM software membantu melakukan strategi customer retention sehingga dapat memperoleh keuntungan bagi perusahaan. Namun strategi apa yang harus dilakukan? Bagaimana sistem CRM berperan?

Customer retention berperan dalam memberikan insight kepada perusahaan terhadap kinerja mereka. Mempertahankan pelanggan dapat menghemat biaya 5 hingga 25 kali lebih sedikit dibandingkan mencari yang baru. Selain itu, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan baru bisa 16 kali lebih sulit dibandingkan dengan pelanggan lama. Inilah yang membuat loyalitas pelanggan menjadi sangat penting.

Pertama-tama mari ketahui lebih dahulu apa itu customer retention dan mengapa hal tersebut sangat penting.

Apa itu customer retention?

Customer retention merupakan strategi dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk tetap loyal pada bisnis. Strategi customer retention yang berhasil dapat mengubah pembeli yang baru pertama membeli menjadi pelanggan loyal dan berulang. Dengan menjadi pelanggan loyal dan berulang, mereka akan menghabiskan lebih banyak, membeli lebih sering.

Bagian terbaiknya adalah, mereka bisa menjadi alat marketing gratis dengan memberitahukan bisnis kita kepada teman atau keluarga mereka. Customer retention dapat meningkatkan keuntungan dan mendorong bisnis yang berulang sehingga menghasilkan bisnis yang berkelanjutan.

Customer retention dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti loyalty program, menciptakan customer experience yang lebih personal, maupun meningkatkan customer service.

Lalu bagaimana customer relationship management (CRM) dapat menjadi alat untuk meningkatkan customer retention?

Mari ketahui terlebih dahulu Apa Itu CRM?

CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan alat yang digunakan untuk melacak seluruh perjalan pelanggan, mulai kontak, hingga riwayat seluruh interaksi mereka dengan bisnis. CRM memiliki banyak manfaat dan kegunaan, salah satunya adalah membantu customer retention. Ketika seluruh informasi dan interaksi pelanggan tersimpan dalam satu platform, perusahaan akan lebih mudah untuk memberikan customer experience yang lebih baik dengan proses CRM.

4 cara meningkatkan customer retention dengan CRM software

  1. Memusatkan seluruh data pelanggan ke dalam satu platform CRM software

Tiap departemen dalam perusahaan saling terhubung dan bergantung satu sama lain. Sebagai contoh, ketika pelanggan mengajukan klaim atau keluhan terkait produk yang dibeli, tim customer support akan membutuhkan data riwayat pembelian mereka kepada tim sales.

Integrasi antar departemen akan lebih mudah dilakukan ketika seluruh data pelanggan yang ada tersimpan secara terpusat pada CRM software. Transparansi data dalam salu platform membantu bisnis melihat sales funnel tiap pelanggan secara jelas dan terstruktur. Hal ini membuat setiap anggota tim memiliki informasi yang sama, sehingga membuat customer retention lebih efektif.

crm software

  1. Komunikasi yang lebih personal

Seluruh data penting pelanggan tersimpan dalam sistem CRM, namun bagaimana menggunakannya?

Dengan mengintegrasi seluruh data yang ada, Anda dapat menggunakannya untuk membuat komunikasi yang lebih personal dengan pelanggan. Hal ini merupakan cara termudah untuk membuat pelanggan merasa spesial.

Tim sales dan marketing dapat melacak dan menganalisis seluruh interaksi serta riwayat pembelian pelanggan dan menggunakannya untuk menjangkau pelanggan berdasarkan perilaku dan preferensi mereka.

crm software

  1. Melacak interaksi pelanggan

Data yang real time sangat penting dalam memberikan komunikasi pelanggan yang lebih bermakna, terutama jika Anda ingin meningkatkan nilai hubungan dengan mereka.

CRM dapat digunakan untuk melacak seluruh interaksi dengan pelanggan, termasuk pelanggan yang sudah lama tidak melakukan pembelian. Anda dapat mengatur notifikasi pada CRM untuk memberitahu ketika pelanggan melakukan interaksi, seperti di website atau Whatsapp. Integrasi CRM dengan Whatsapp ini sering juga disebut Whatsapp Integration atau Whatsapp CRM.

Tenaga sales dapat menghubungi mereka kembali dan memberikan penawaran. Hal ini menciptakan pengalaman membeli yang lebih tertarget dan mulus.

  1. Terhubung kembali dengan pelanggan yang sudah tidak aktif

Pelanggan yang sudah aktif merupakan kesempatan yang bagus. Mereka memiliki kemungkinan membeli lebih besar dibandingkan calon pelanggan baru yang belum mengetahui bisnis maupun produk yang kita miliki sama sekali.

Anda dapat menghubungkan CRM software dengan email dan membuat segmen pelanggan untuk memberikan penawaran maupun dijangkau ke depannya.

Integrasikan bisnis Anda dengan CRM Software

Bisnis yang ingin maju dan meningkatkan pendapatan memerlukan akses data secara real time. Hal tersebut dapat diperoleh melalui data yang diperoleh dari customer retention. Memahami dan merespon perilaku pelanggan sangat penting dalam menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Aplikasi CRM dapat digunakan untuk memusatkan data pelanggan, menciptakan komunikasi dengan pelanggan yang lebih personal, melacak interaksi pelanggan, dan terhubung kembali dengan pelanggan yang sudah aktif. Hal ini membuat customer retention pada bisnis Anda semakin mudah.

Miliki CRM software dan integrasikan dengan sistem bisnis Anda untuk meningkatkan customer retention. Konsultasikan bersama kami di sini.

× Contact Us!