3 Keuntungan Menggunakan API Whatsapp Business di Masa Pandemi

api whatsapp business

Masa pandemi telah mengubah cara bisnis dalam beroperasi. Bagaimana API Whatsapp Business dapat memberi keuntungan bagi bisnis di masa Covid-19 seperti saat ini?

Krisis kesehatan global yang sedang kita alami saat ini telah mengubah cara hidup masyarakat secara keseluruhan. Pemerintah menyebutnya sebagai ‘New Normal’. Hal ini telah menyebabkan setiap lapisan masayarakat terdampak, tak terkecuali bagi pemilik bisnis. Berbagai adaptasi harus dilakukan, termasuk cara mengelola bisnis dan berkomunikasi kepada pelanggan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan API Whatsapp Business.

Apa itu API Whatsapp Business?

API Whatsapp Business adalah perangkat yang digunakan oleh bisnis untuk melayani pelanggan melalui Whatsapp. Dengan Whatsapp API, bisnis dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui aplikasi pesan Whatsapp secara terprogram.

API Whatsapp juga memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan integrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service. Versi ini berbeda dengan Whatsapp Business biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.

Terdapat beberapa alasan menggunakan Whatsapp Business API, salah satunya adalah hubungan yang lebih unggul dengan pelanggan. Tanda centang hijau pada nama ketika menggunakan Whatsapp API dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dan kepercayaan pelanggan. Selain itu, Whatsapp API juga memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis, terutama di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini di mana banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana API Whatsapp Business dapat memberikan keuntungan bagi bisnis di masa pandemi.

Keuntungan API Whatsapp Business

  1. Manajemen sales dan pesanan

Penerapan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar oleh pemerintah telah membuat masyarakat mencari kebutuhan mereka melalui pembelian barang secara online. Sebagian besar bisnis, baik bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan, berusaha beradaptasi untuk memenuhi permintaan pasar.

Memiliki aplikasi yang dapat membantu karyawan dalam meningkatkan sales dan mengelola pesanan secara mudah sangatlah penting dalam situasi saat ini.

Whatsapp merupakan salah satu sarana komunikasi paling efektif dengan pelanggan saat ini. Dengan Whatsapp, bisnis dapat memiliki keuntungan melalui komunikasi dengan pelanggan yang lebih efisien dan personal.

API Whatsapp seperti yang disediakan oleh Qontak memungkinkan perusahaan untuk dapat menggunakan satu nomor Whatsapp oleh banyak pengguna, tidak seperti Whatsapp Business biasa di mana satu nomor hanya bisa diakses oleh maksimal 2 pengguna.

Perusahaan bisa menugaskan agen CS tanpa ada batasan jumlah dengan hanya perlu satu nomor saja. Hal ini memudahkan tim CS dalam meng-handle pelanggan sehingga mereka tidak kewalahan dan meningkatkan kinerja mereka menjadi lebih baik. Dengan demikian, pengelolaan penjualan dan pesanan dapat lebih termonitor dengan baik dan berjalan lebih efisien.

api whatsapp business

  1. Meningkatkan produktivitas bisnis

Menerapkan sistem work from home tidaklah mudah. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar work from home tetap berjalan efektif. Salah satu yang terpenting adalah memiliki alat untuk dapat berkomunikasi secara efisien, baik terhadap internal maupun eksternal perusahaan.

Keuntungan dari API Whatsapp Business adalah fleksibilitas dalam bekerja sama dengan provider Whatsapp untuk memperoleh Whatsapp yang dapat memberikan fitur-fitur yang lebih canggih. Beberapa fitur tersebut adalah Whatsapp Integration, yaitu integrasi Whatsapp dengan sistem CRM Sales dan Customer Service seperti Qontak.

Dengan Qontak, Anda dapat meningkatkan fungsi Whatsapp untuk membangun customer service dan meningkatkan penjualan. Selain itu, karena CRM dapat berfungsi sebagai software manajemen proyek dan software manajemen tugas, Anda dapat mengelola tugas-tugas yang harus dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

project manager

Tampilan pipeline membantu Anda untuk melihat progress dari tugas yang harus dilakukan. Selain itu manajer juga dapat mendelegasikan tugas kepada orang yang bertanggung jawab beserta kapan deadlinenya. Hal ini memastikan tidak ada tugas maupun deals yang terlewat sehingga produktivitas bisnis meningkat.

project manager

  1. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan

API Whatsapp dibuat untuk berorientasi kepada pelanggan. Hal ini membuat Whatsapp sangatlah tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Jika diintegrasikan dengan sistem CRM, bisnis semakin mudah untuk mengelola pengiriman notifikasi dan menghadapi keluhan pelanggan.

api whatsapp businessSelain kelebihan Whatsapp API yang dapat diakses oleh banyak CS, adanya fitur Whatsapp Chatbot dapat berperan sebagai auto responder untuk menjawab FAQ dan memberikan informasi umum lainnya. Selain itu, integrasi dengan sistem CRM juga memungkinkan agen CS untuk membuat invoice pembelian dan detail bill hanya dengan 1 klik serta mempermudah melacak transaksi pembelian dan pemesanan pelanggan.

Miliki API Whatsapp Business dengan Qontak

Selain 4 alasan pentingnya CRM untuk WFH, penggunaan API Whatsapp Business juga dapat memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis. Jika Anda tertarik dengan API Whatsapp Business atau memiliki pertanyaan, silakan klik di sini untuk konsultasi lebih lanjut.

× Contact Us!