Qontak WhatsApp

3 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Bisnis Anda Sukses di Media Sosial

Saat Anda menjalankan bisnis, mencari pelanggan adalah salah satu hal yang Anda inginkan. Banyak cara yang dapat Anda tempu untuk mendapatkan pelanggan baru, salah satunya adalah dengan memasuki ranah online dan menggunakan media sosial. Anda pasti pernah mendengar bagaimana sebuah bisnis berkembang melalui media sosial. Akan tetapi, sebelum bisnis Anda memasuki ranah media sosial, ada 3 hal mendasar yang harus Anda siapkan agar bisnis Anda dapat berjalan dengan sukses, yaitu.

1. Perencanaan yang solid

sumber gambar : ashwini.biz
sumber gambar : ashwini.biz

Saat menyusun strategi media sosial, Anda harus menyatukan strategi media sosial Anda dengan rencana bisnis Anda dan juga kegiatan pemasaran konvensional. Jangan sampai perencanaan bisnis di ranah online berbeda dengan perencaan bisnis secara keseluruhan. Karena, strategi media sosial yang baik adalah yang terintegrasi dengan keseluruhan perencanaan bisnis Anda serta menghubungkan pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan yang akan Anda dapatkan.

artikel terkait : Prediksi Tren Media Sosial di Tahun 2016 yang Harus Diketahui

2. Jadilah pro-aktif

sumber gambar : wrightoncomputers.com.au
sumber gambar : wrightoncomputers.com.au

Menjadi pro-aktif berarti aktif mendorong serta mendengarkan umpan balik dari pelanggan, dan dengan segera merespon umpan balik tersebut. Hal ini bisa diawali dengan menjadi pendengar yang baik untuk para konsumen, yang dilanjutkan dengan percakapan yang positif.
Disaat memuaskan pelanggan adalah bagian dari tujuan bisnis Anda, dan Anda juga menginginkan mereka kembali, karena Anda menyadari bahwa memperoleh pelanggan baru itu lebih mahal dibandingkan menjual produk lain kepada pelanggan lama. Disaat itu pula Anda menyadari bahwa mendengarkan pelanggan adalah cara terbaik untuk menjaga agar mereka tetap menjadi pelanggan yang setia untuk Anda.

3. Luangkan waktu

sumber gambar : scottcochrane.com
sumber gambar : scottcochrane.com

Disaat bisnis Anda memasuki media sosial, Anda tidak bisa mengaturnya sedemikian rupa lalu meninggalkannya begitu saja. Anda harus senantiasa melakukan komunikasi kepada para pelanggan yang ada, karena komunikas dua arah lah yang menjadi poin penting dalam media sosial. Sehingga, Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan itu. Setidaknya diperlukan seseorang di bisnis Anda, yang fokus untuk melakukan percakapan online dengan para pelanggan Anda, baik pelanggan lama maupun calon pelanggan.

artikel terkait : 5 Trik Marketing Efektif Via Media Sosial bagi Para Marketer

You may also like

By