3 Cara Membuat CRM Berhasil pada Perusahaan

Membuat CRM agar berhasil

Apakah saat ini Anda sedang menerapkan sistem CRM untuk meningkatkan penjualan Anda? Ketahui bagaimana cara membuat CRM berhasil pada perusahaan Anda.

Setelah melakukan berbagai riset dan pertimbangan, Anda akhirnya memutuskan untuk menerapkan sistem CRM pada perusahaan, dengan harapan dapat meningkatkan penjualan Anda. Atau, mungkin Anda telah melakukan implementasi sistem CRM pada perusahaan Anda untuk beberapa lama. Lalu timbul pertanyaan: Apakah sistem ini berhasil? Jika jawabannya ya, Anda patut bersyukur karena investasi CRM Anda tidak sia-sia. Namun bagaimana jika jawabannya tidak? Bagaimana cara membuat CRM berhasil?

Pertanyaan tersebut harus Anda pikirkan secara berkala. CRM bukanlah sekadar software yang berisi data-data statis. CRM haruslah bersifat dinamis dan bisa beradaptasi dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sebelum masuk lebih jauh, terlebih dahulu kita perlu memahami apa itu CRM. Secara singkat, customer relationship management atau CRM adalah sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi – interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda.  Tujuannya adalah untuk membantu bisnis Anda dalam mengembangkan hubungan yang dapat bertahan lebih lama dengan para pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kembali lagi ke topik.

Bayangkan Anda telah menemukan software CRM yang Anda cari. Anda telah memasukkan data-data ke sistem CRM yang baru dan mengadakan meeting untuk memperkenalkan sistem baru tersebut. Anda merasa ini adalah strategi sales force yang sangat baik. Setelah berjalan beberapa minggu, ternyata terdapat fitur-fitur CRM yang tidak diterapkan oleh tim Anda. Bagaimana mengatasinya dan cara membuat CRM agar berhasil adalah pertanyaan selanjutnya.

membuat CRM agar berhasil

Berikut adalah 3 cara membuat CRM berhasil pada perusahaan.

  1. Komunikasi

Keberhasilan dari adanya suatu perubahan adalah bagaimana hal tersebut dikomunikasikan dengan baik. Pemilihan dan penerapan sistem CRM harus melibatkan feedback dari tim penjualan Anda. Merekalah pengguna utama sistem tersebut sehingga sangat penting untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan. Apa yang Anda pikir butuhkan belum tentu sesuai dengan kebutuhan tim penjualan Anda. Anda harus melibatkan dan membuat mereka tertarik dengan perubahan ini.

Dengan menciptakan komunikasi di awal proses perubahan, Anda akan mendorong inovasi dari tim. Anggota tim akan terlibat dalam meningkatkan keseluruhan proses penjualan. Anda akan memperoleh ide-ide terbaik dari tim Anda.

Komunikasi yang baik juga akan membuat tim Anda mensosialisasikan implementasi sistem CRM yang baru tanpa pengawasan terus menerus dari Anda. Ini merupakan hal yang penting untuk membuat tim Anda nyaman dengan sistem CRM yang baru sehingga implementasi akan menjadi lebih sukses.

  1. Perencanaan

Selain komunikasi yang baik, Anda harus melakukan perencanaan dalam penerapan sistem CRM pada penjualan Anda. Setelah memilih sistem CRM dan mengomunikasikannya pada tim, langkah selanjutnya yaitu memastikan Anda memperoleh manfaat CRM.

Menerapkan sistem CRM adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi keseluruhan proses bisnis Anda. Perhatikan beberapa pertanda bahwa perusahaan Anda membutuhkan CRM segera.

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan ketika melakukan perencanaan dalam menerapkan CRM yaitu:

  • Apa yang bisa diotomatisasi dengan sistem CRM ini?
  • Bagaimana dapat memperoleh informasi yang tepat di waktu yang tepat?
  • Bagaimana memasukkan data ke sistem CRM?
  1. Fasilitasi

Walaupun telah dilakukan komunikasi secara berkala dan perencanaan terhadap implementasi CRM pada tim, Anda tetap harus fleksibel terhadap perubahan. Pengembangan baru dapat dilakukan pada proses penjualan Anda dengan melibatkan tim.

Namun, Anda harus tetap memastikan adanya komunikasi secara berkala sehingga perubahan tersebut dapat digunakan pada keseharian tim Anda. Hal ini untuk melihat mana perubahan yang berhasil sehingga dapat dilanjutkan untuk membangun penjualan Anda.

Salah satu kendala utama dalam implementasi CRM adalah memastikan bahwa tim memiliki pemahaman yang sama. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat bagaimana tiap anggota penjualan menggunakan data CRM secara real time dalam meningkatkan pemasukan dan memperpendek siklus penjualan.

Pastikan tim Anda melihat penggunaan CRM sesering mungkin. Implementasi CRM akan semakin berhasil jika tim dapat melihat bagaimana pemimpin mereka menggunakan dan memperoleh manfaat darinya.

Solusi CRM terbaik harus dapat meningkatkan customer experience dalam membangun pengembangan bisnis, terutama memastikan bahwa informasi yang tepat diperoleh oleh orang yang tepat di saat yang tepat. Dengan membangun langkah-langkah faktor keberhasilan CRM di atas, Anda dapat merasakan keuntungan dan manfaat CRM bagi perusahaan.

Jika Anda masih belum menemukan sistem CRM yang Anda butuhkan, segera hubungi Qontak untuk konsultasi secara gratis. Qontak merupakan solusi CRM terbaik di Indonesia yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan Anda.

source: 3 Essential Factors of Successful CRM Adaption

× Contact Us!