Qontak WhatsApp

13 Jenis Headline Penjualan yang Efektif Menghasilkan

Sales Headlines

Apa Saja Jenis Headline Penjualan yang Menarik Minat Calon Pelanggan?

Salah satu trik untuk dapat meningkatkan efektivitas penjualan di dunia online adalah membuat headline atau judul menarik. Sebab headline tersebut adalah bagian pertama yang pasti dilihat dan memotivasi orang yang menemukan konten Anda untuk melakukan klik. Sayangnya beberapa bisnis sering sering kesulitan untuk menentukan headline penjualan yang benar-benar mewakili sekaligus menjual produk tanpa membuat pembaca merasa ‘ditodong’ atau ‘dipaksa membeli’.

13 jenis headline penjualan dibawah ini untuk dapat menarik minat calon pelanggan berikut ini:

  1. News Headline
  2. Question Headline
  3. Selective Headline
  4. Merk Headline
  5. Curiosity Headline
  6. Command Headline
  7. Benefit Headline
  8. Gimmic Headline
  9. Headline.
  10. You & I Headline
  11. Quotation Headline
  12. Teaser Headline
  13. Claim Headline

Apa itu Headline Penjualan?

Headline penjualan adalah bagian terpenting dari sebuah penawaran. Dimana headline salah satu alasan konsumen tertarik bahkan membeli produk yang Anda tawarkan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sebagian orang ternyata memutuskan untuk membeli suatu produk bukan dari apa yang mereka suka, melainkan dari kalimat utama atau headline produk tersebut. Dan keputusan tersebut terjadi sangat cepat yaitu sekitar 3 – 8 detik, maka buatlah headline semenarik mungkin dari iklan Anda.


13 Jenis Headline Penjualan yang Mampu Menarik Calon Pelanggan

1. News Headline

News Headline Penjualan

Headline Jenis ini bermuatan informasi yang bersifat berita atau pengumuman. News headline lebih cocok digunakan untuk event tertentu seperti launching produk baru, seminar dan sebagainya. Contoh news headline diantaranya: ‘Seminar Nasional di akhir tahun 2021’, ‘Temuan Terbaru Mengubah Persepsi’, ‘Produk Terbaik Sepanjang Tahun 2021’, dan sebagainnya.

2. Question Headline

Headline jenis ini mendorong pembaca menjawab pertanyaan yang ditulis. Tujuan dari Question headline antara lain untuk membangun awareness, brand dan kedekatan dengan pembaca. Dimana Contoh Question headline antara lain: ‘Sudahkah Anda Menabung Hari ini?’, ‘Mau Kemana Weekend Kali ini?’, dan sebagainya.

3. Selective Headline

Headline jenis ini dikhususkan untuk target pasar tertentu. Misalnya anggota member brand tertentu, pelanggan setia, dan sebagainya. Contoh Selective headline, meliputi: ‘Special Diskon khusus Member ABC’, ‘Untuk Anda yang Ingin Melepaskan Masa Lajang’, ‘Training Ini Cocok untuk Manager, Sales Marketing, Direktur, dan Business Owner’.

4. Merk HeadlineMerk-Headline Penjualan

Headline jenis ini membantu membangun brand awareness dengan mencantumkan nama atau logo perusahaan dalam headline penjualan. Disarankan untuk tidak menggunakan Merek headline, apabila perusahaan Anda masih tergolong baru. Sebab orang belum mengenal Anda dan justru mengabaikan headline tersebut.

5. Curiosity HeadlineCuriosity Headline Penjualan

Jenis headline ini membangunkan rasa penasaran orang lain terhadap produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu Curiosity headline sangat cocok untuk mendorong calon pelanggan melakukan action misalnya membuka tautan link affiliate, subject email, dan lainnya yang umumnya berupa pertanyaan dan pernyataan. Contohnya adalah ‘Hasilkan banyak Uang hanya dengan Ujung Jari Anda’, Meningkatkan Konversi Penjualan Anda hingga 200% dalam 3 Bulan’, “Tahukah Anda Cara Mudah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal’, ‘Bagaimana Cara Cepat Dongkrak Omzet Penjualan Dalam 7 Hari?’ dan banyak lainnya.

6. Command Headline

Command Healine Penjualan

Headline jenis ini yang menggunakan kalimat atau ajakan orang untuk melakukan sesuatu. Command headline bersifat langsung yang cocok digunakan pada media sosial dan email. Contoh Command headline diantaranya: ‘Tingkatkan Penjualan Anda Sekarang!’, ‘Hemat dengan Produk ini’,’Gunakan Produk ini Sekarang,’ dan lainnya.

7. Benefit Headline

Headline jenis ini fokus menonjolkan keuntungan yang akan didapatkan pembaca, baik keuntungan ekonomis maupun psikologis. Benefit headline bisa digunakan untuk iklan pada media offline maupun online. Contoh benefit Headline Ekonomis seperti ‘DISKON 50%!’, ‘Buy 1 Get 1 Free’, ‘Paket Ekonomis Harga Meringis’, ‘Cukup Bayar Separo Harga!’ dan banyak lagi. Sementara Contoh Benefit Headline Psikologis, misalnya: ‘8 Strategi Rahasia Dongkrak Penjualan’, ‘5 Jurus Ampuh Bebas Hutang’, “Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Grogi’ dan lainnya.

8. Gimmic Headline

Gimmick Headline Penjualan

Headline jenis ini cenderung menggunakan permainan kata atau kalimat. Dimana ada kesan keterkejutan atau tipuan didalamnya. Biasanya dilakukan pengulangan bunyi pada slogan atau sub judul dari headline iklan yang Anda buat. Oleh karena itu, gimmic headline lebih cocok digunakan pada sosial media dan email marketing. Contoh Gimmic headline seperti: ‘Modal GRATIS, Hasil BOMBASTIS!’, ‘Sekali Broadcast, Langsung Dapat Cash’, ‘Saya Shock Berat!’, ‘Kali Ini Benar-benar kecewa!,’ ‘Kok kamu gitu sih sekarang?’, ‘Ah Masa Sih?’ dan lainnya.

9. Fear Headline

Headline jenis ini menghadirkan ‘ketakutan’ kepada pembaca. Namun sebenarnya, Fear headline lebih memberikan peringatan kepada pembaca terhadap suatu isu dan menawarkan solusi dengan produk atau layanan Anda. Diharapkan calon pelanggan yang terpancing rasa takutnya akan menerima tawaran Anda. Contoh Fear Headline diantaranya: ‘Awas! Jangan Sampai Kehabisan!’, ‘Peringatan! Bahaya Bahan Kimia’, ‘Hati-Hati! Penuan Dini’, dan masih banyak lagi.

10. You & I Headline

Headline jenis ini membuat kesan seolah-olah sedang mengajak berbicara langsung dengan pembaca. Caranya dengan menyisipkan kata ‘Saya’ dan ‘Anda atau Kamu’. You & I headline cocok digunakan untuk membangun kedekatan dengan pembaca. Contoh penggunaan You & I headline diantaranya: ‘Diskon 50% khusus untuk Anda’, ‘Voucher Gratis untuk Anda dengan klik link dibawah ini’, ‘Saya Mengajak Anda Untuk Mengikuti UNDIAN GRATIS Motor, Mau?’ dan lain sebagainnya.

11. Quotation Headline

Quotation Headline Penjualan

Headline jenis ini mengutip kata-kata dari orang lain, misalnya tokoh publik, testimoni pelanggan, kutipan buku, endorsement tokoh dan lain-lain. Contoh Quotation Headline diantaranya:  ‘Best Product ever …’, ‘Tidak Pernah Kecewa dengan layanan..,” dan masih banyak lagi yang lain.

12. Teaser Headline

Teaser Headline Penjualan

Headline jenis ini menantang pembaca untuk menunjukan kemampuan mereka. Dimana headline penjualan dibuat terkesan meremehkan kemampuan pembaca. Misalnya ‘Yakin Anda Bisa?’, ‘Kalau Anda Berani, Buktikan Disini Sekarang!’, ‘Anda Pasti Akan Tergoda Dengan Penawarannya’, dan masih banyak lainnya.

13. Claim Headline

Claim Headline Pnejualan

Seperti artinya, headline jenis ini berarti mengaku, mengikuti atau menyatakan sesuatu secara sepihak. Biasanya Claim headline ditujukan untuk produk yang merasa paling istimewa atau nomor satu. Kata-kata yang umum digunakan biasanya terbaik, terkenal, paling keren, terfavorit dan sebagainya. Contoh Claim Headline diantaranya: ‘Orange Jus No.1 di Dunia’, ‘Terbukti Klinis Meredakan Ngilu dalam 30 detik’, dan masih banyak lainnya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana cara membuat Headline Penjualan yang Menguntungkan dan Menarik Perhatian Calon Pelanggan?

Fokus utama Anda pertama-tama adalah headline yang benar-benar membuat orang yang membaca berhenti untuk mengklik, dan melanjutkan untuk membaca sampai habis. Untuk membantu Anda membuat headline yang terbaik, berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda perhatikan sebelum membuat headline:

– Siapa yang akan peduli pada headline penjualan ini?

Pertanyaan ini harus Anda tanyakan untuk dapat benar-benar mengetahui secara spesifik siapakah target audiens yang ingin Anda jangkau. Kira-kira, siapa yang akan peduli akan isi dari konten Anda, berusia berapa tahun dan akan memberikan manfaat apa bagi mereka? Jawab dulu pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk menghasilkan konten menarik dengan headline yang tepat sasaran

– Apa yang akan membuat calon customer Anda merasa senang atau menjawab kesenangannya?

Biasanya, pertanyaan ini akan menuntun Anda pada jawaban berupa konten yang berisikan inspirasi, pencapaian, keberhasilan secara fisik maupun finansial, kemampuan untuk menghemat waktu atau uang dan mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya, yang pada akhirnya dapat dikaitkan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

– Apakah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang ingin diatasi oleh customer Anda?

Headline yang menargetkan rasa sakit customer ini biasanya akan dijawab dengan konten yang berisikan cara mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi, cara menghindarinya, baik itu berupa rasa sakit, rasa malu atau rasa ketidaknyamanan secara emosional, finansial maupun akibat kebosanan. Headline yang bisa menjelaskan rasa sakit yang dialami merupakan headline yang cukup kuat untuk menarik perhatian customer dan melakukan pembelian.

– Cobalah hal-hal berikut ketika Anda buntu menulis headline Penjualan yang menjual:

Headline yang memicu munculnya rasa penasaran terhadap isinya. Atau Headline yang menjanjikan suatu keuntungan yang bukan omong kosong belaka. serta Headline yang memberikan jaminan untuk menghadirkan solusi yang dibutuhkan customer Anda.

– Headline penjualan yang mewakili adanya cerita untuk disampaikan dan cukup menarik bagi target audiens Anda.

Headline yang membahas mengenai seseorang yang cukup dikenal atau acara yang terkenal. Dimana headline yang seperti ini cocok untuk momen-momen acara besar yang ingin Anda jadikan kendaraan untuk memasarkan produk. Sebutkan di dalam headline, kata kunci soal produk Anda yang dapat menarik audiens Anda.


Buat Headline Penjualan Menarik dan Bagikan Sekarang!

Setelah mengetahui jenis dan cara membuat headline penjualan yang baik. Jangan ragu untuk membuat headline penjualan yang menarik sebanyak mungkin. Kemudian bagikan kepada pelanggan dan calon pelanggan Anda melalui sosial media, email atau platform lainnya.

Qontak.com akan membantu Anda mengelola dan mengirimkan pesan siaran berisi headline penjualan melalui WhatsApp blast dan email blast. Selain itu, Qontak.com juga terintegrasi dengan sistem Omnichannel yang terhubung dengan Instagram, Facebook Messenger, Line, Telegram dan aplikasi lainnya. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam mengirimkan atau mengelola pesan/iklan berisi headline penjualan untuk menarik calon pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By