Qontak WhatsApp

12 Contoh Penggunaan API Instagram untuk Bisnis

Pelajari Contoh Penggunaan Messenger API Instagram Terbaru untuk Bisnis Anda

Messenger API Instagram merupakan sebuah fitur yang diluncurkan oleh Instagram untuk meningkatkan layanan pelanggan pemilik bisnis toko online (shop) di Instagram.

Inilah 12 contoh penggunaan API Instagram terbaik untuk bisnis:

  1. Balasan Cepat (Quick Reply)
  2. Ice Breaker
  3. Sesi 24 Jam
  4. Simpan History Pesan Otomatis
  5. Balas Comment/Mention secara Pribadi
  6. Kategorisasi Pesan (Filter Pesan)
  7. Asisten Robot (Chat Bot Instagram)
  8. Distribusi Pesan ke Admin (Agent Routing)
  9. Menyelesaikan Pesan (Resolved)
  10. Laporan dan Analisa Seluruh Pesan Masuk
  11. Laporan dan Analisa Kinerja Admin
  12. Monitor Hasil Penjualan

Apa itu API Instagram?

API Instagram adalah sebuah aplikasi yang dapat membuat interaksi antara pelanggan dan perusahaan atau bisnis lebih efisien. Kata API diambil dari singkatan Application Programming Interface yang berisi serangkaian kode yang dapat diintegrasikan dengan software tertentu dimana akan terkoneksi dengan akun Instagram Anda.

Karena sifatnya yang fleksibel, Messenger API dapat diintegrasikan atau disambungkan dengan alur kerja atau sistem lain yang sudah Anda miliki atau aplikasi lain. Pada hal ini, Messenger API akan sangat berguna jika diintegrasikan dengan aplikasi Omnichannel untuk pelayanan pelanggan dan aplikasi CRM untuk monitor status tiket atau penjualan.

Baca selengkapnya: Instagram API: Panduan Lengkap Messenger API

Dengan Instagram Messenger API, Anda dapat mengintegrasikan Instagram Shop dan IG Direct Message (DM) dengan aplikasi penjualan CRM sehingga proses sales dalam bisnis Anda lebih terotomatisasi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan chat bot Instagram sehingga dapat memberikan balasan otomatis (auto reply) pada setiap Instagram DM yang masuk.

Baca juga: 8 Software Terbaik untuk Membalas Chat Customer

 


Mengapa Penggunaan API Instagram Penting bagi Bisnis?

Penggunaan Messenger API menjadi penting untuk bisnis karena sifatnya yang fleksibel dapat memudahkan proses penjualan di bisnis atau perusahaan Anda lebih efektif.

Berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari penggunaan API Instagram:

  • Bisnis dapat menjawab pesan pelanggan 24/7 karena dibantu oleh chat bot Instagram yang mampu menjawab pertanyaan atau melayani pelanggan (autoresponder bot Instagram Direct Message).
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan karena personalisasi pesan atau respon yang diberikan, baik melalui admin atau bot Instagram.
  • Hemat biaya dibandingkan harus mempekerjakan banyak tim untuk melakukan laporan dan analisis penjualan di Instagram Shop dan percakapan.
  • Mudahkan pelanggan berbelanja langsung dari platform Instagram Shop.
  • Integrasi dengan aplikasi Omnichannel sehingga Anda dapat menjawab pesan pelanggan dari WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, Line, Telegram, dan Email dalam satu dashboard atau tampilan.
  • Integrasi dengan aplikasi CRM untuk mengatur dan memonitor penjualan dari toko online Instagram Anda.
  • Keamanan terjamin dengan sistem end-to-end encryption dipastikan semua percakapan hanya dapat diakses oleh bisnis dan pelanggan yang berinteraksi.

Bagaimana Contoh Penggunaan API Instagram yang Baik bagi Bisnis?

Berikut adalah 12 contoh penggunaan API Instagram untuk bisnis:

1. Balasan Cepat (Quick Reply)

Anda bisa menjawab direct message (DM) pelanggan secara cepat dengan fitur Balasan Cepat (quick reply). Anda cukup klik opsi jawaban quick reply tersebut yang sudah Anda atur sebelumnya.

API Instagram

2. Ice Breaker

Sebagai pelanggan, saat mereka mulai tertarik dengan bisnis atau perusahaan Anda, mereka mungkin ingin bertanya langsung melalui DM Instagram. Pelanggan Anda dapat menggunakan fitur Ice Breaker sebagai cara untuk memulai sebuah percakapan. Fitur ini hanya terdapat pada akun Instagram API.

API Instagram

3. Sesi 24 Jam

Untuk menjaga pelayanan pelanggan agar tetap baik, bisnis atau perusahaan perlu menjawab pesan pelanggan dalam kurun waktu 24 jam dari waktu terakhir pelanggan mengirimkan pesan tersebut. Namun tidak perlu khawatir, Anda juga dapat mengirimkan pesan ke pelanggan di luar sesi 24 jam.

API Instagram

4. Simpan History Pesan Otomatis

Dengan Messenger API, Anda dapat menyimpan seluruh kontak dan history percakapan secara otomatis ke database Anda. Termasuk seluruh percakapan dengan bot Instagram.

API Instagram

5. Balas Comment/Mention secara Pribadi

Messenger Instagram API memudahkan Anda menerima notifikasi komen atau mention lalu menjawabnya melalui pesan langsung (direct message).

API Instagram

6. Kategorisasi Pesan (Filter Pesan)

Semua pesan yang Anda terima di Instagram dapat dikategorisasikan atau diberi tanda sehingga memudahkan Anda untuk memfilter pesan-pesan tersebut.

API Instagram

7. Asisten Robot (Chat Bot Instagram)

Bisnis dan perusahaan sekarang dapat menggunakan asisten robot atau chatbot di Instagram untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan yang berulang (FAQ) atau mudah.

API Instagram

8. Distribusi Pesan ke Admin (Agent Routing)

Jika bisnis atau perusahaan Anda menerima ratusan pesan setiap harinya dari orang berbeda, akan menyulitkan jika Anda tidak memiliki admin atau agen CS yang cukup dan tangkas. Oleh karena itu, dengan menggunakan Instagram Messenger API, Anda dapat mendistribusikan banyak pesan yang masuk di Instagram secara rata dan adil ke admin/agen CS dengan sistem agent routing.

API Instagram

9. Menyelesaikan Pesan (Resolved)

Admin atau agen CS dapat mengubah status pesan dari open menjadi resolved, yang artinya pesan atau permasalahan pelanggan telah diselesaikan dengan baik oleh admin/agen CS. Hal ini penting jika bisnis atau perusahaan Anda mengukur KPI customer service.

10. Laporan dan Analisa Seluruh Pesan Masuk

Dapatkan seluruh laporan dan analisa menyeluruh dengan API Instagram untuk setiap pesan yang Anda terima. Laporan dan analisa berupa jumlah pesan yang diterima setiap harinya, jenis pesan yang diterima, jumlah kontak baru yang diterima, dan lain-lain.

11. Laporan dan Analisa Kinerja Admin

Anda dapat mendapatkan laporan dan analisa kinerja admin atau agen CS yang menangani seluruh pesan pelanggan. Laporan dan analisa Messenger API berupa jumlah pesan yang ditangani admin berdasarkan waktu, jumlah pesan yang sudah diselesaikan, lama waktu admin atau agen CS menjawab merespon pesan, status online/offline, dan lain-lain.

12. Monitor Hasil Penjualan

Lihat dan monitor seluruh hasil penjualan yang Anda dapatkan melalui Instagram secara langsung di aplikasi CRM. API Instagram dapat diintegrasikan dengan aplikasi penjualan seperti CRM sehingga Anda dapat melihat seluruh aktivitas penjualan yang terjadi melalui Instagram Anda.


Siapa Saja yang Dapat Menggunakan API Instagram?

Instagram Messenger API dapat digunakan oleh semua perusahaan atau bisnis yang memiliki akun Instagram. Karena penggunaan Messenger Instagram API adalah untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan dan penjualan, maka penggunanya pun dikerucutkan menjadi akun Instagram khusus untuk bisnis atau perusahaan atau Instagram Business (Professional Account).

Terutama apabila Anda memiliki bisnis yang menggunakan Instagram Shop dan memiliki katalog di dalamnya, maka Messenger Instagram API akan sangat tepat untuk Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Mendapatkan API Instagram untuk Bisnis?

Untuk mendapatkan API Instagram, syaratnya cukup mudah, yaitu memiliki akun Instagram Business (Professional Account).

Secara singkat, berikut adalah 7 tahapan untuk mendapatkan API Instagram:

  1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia Qontak.com
  2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager
  3. Pastikan Memiliki Facebook Page dan Role Admin
  4. Gunakan Akun Instagram Business
  5. Sambungkan Facebook Page dengan Akun Instagram Business
  6. Mitra Resmi akan Set Up Messenger API Anda
  7. Messenger API Siap Digunakan

Baca lebih lanjut di artikel berikut: Instagram API: Panduan Lengkap Messenger API


Maksimalkan Penggunaan API Instagram pada Bisnis Anda Sekarang!

API Instagram Messenger by Qontak

Dengan ketatnya persaingan antar bisnis saat ini, Messenger API dapat menjadi strategi komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Dilengkapi dengan bot Instagram untuk Instagram Shop Anda, Qontak.com telah memudahkan lebih dari 1000+ bisnis untuk memperoleh manfaat di atas.

Dengan mendapatkan API Instagram melalui Qontak.com, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan lebih mulus dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Coba gratis sekarang atau hubungi Qontak.com untuk info lebih lanjut.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Frequently Asked Question

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Messenger API?
    • Tidak ada syarat khusus yang akan menyulitkan Anda. Anda hanya perlu memiliki:
          • Akun Facebook Business Manager
          • Facebook account dengan role Admin di sebuah Facebook Page bisnis Anda
          • Akun Instagram Business atau Professional Account

        Setelah Anda memiliki 3 hal di atas, Anda dapat mendaftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Qontak.com.

Apakah Messenger API dapat digunakan oleh akun individu atau perorangan?
    • Tidak bisa. Instagram Messenger API dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu medium berkomunikasi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, akun Instagram yang didaftarkan pun adalah akun Instagram Business (Professional Account).
Apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan Messenger API?
    • Selain memenuhi syarat di atas (syarat akun Facebook Page dan Instagram Business), Anda hanya perlu berlangganan layanan aplikasi Omnichannel Qontak.com.
Dapatkan saya melakukan upgrade akun Instagram saya ke Instagram API?
    • Ya, Anda hanya perlu mengubah akun Instagram biasa Anda menjadi Instagram Business (Professional Account) – khusus bisnis/perusahaan. Setelah itu, daftarkan akun tersebut ke Qontak.com sebagai Mitra Resmi Instagram di Indonesia.

You may also like

0 comments

By