Daftar isi
5 min read

Closing Sales? Ini Dia 11 Tips Mudah dan Cepat!

Tayang 29 Januari 2017
Diperbarui 11 Desember 2023
Closing Sales
Closing Sales? Ini Dia 11 Tips Mudah dan Cepat!

Terapkan Kiat Closing Sales ini Supaya Anda Menjadi Sales Berkelas!

Terdapat banyak cara untuk memastikan target closing sales tercapai. Cara-cara tersebut dapat dibedakan menjadi cara rumit atau cara sederhana. Saat Anda berharap bisa mencapai target dengan cara yang lebih sederhana, Anda perlu merubah taktik penawaran Anda. Ambil lah contoh dari mereka yang sudah sukses dengan 11 tips sales yang cepat dan mudah, serta berpengaruh. Praktekkan tips berikut dan lihat perkembangan taktik sales Anda yang semakin banyak membuahkan hasil.

11 Tips Mudah dan Cepat Closing Sales:

  1. Turunkan antusiasme Anda

Terlalu antusias hanya akan membuat orang merasa Anda tidak bisa dipercaya. Untuk mendapatkan rasa percaya dari prospek Anda, turunkan keantusiasan Anda dan gunakan nada bicara yang tulus untuk mendapatkan sales yang berkualitas.

  1. Fokus pada prospek Anda

Tips yang satu ini tentunya sudah jelas dan pasti Anda lakukan. Namun karena sudah jelas, banyak orang cenderung meremehkan hal ini. Hanya dengan fokus kepada kebutuhan prospek saja, proses sales dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap customer dan fokus produk yang adalah memecahkan masalah customer. Produk Anda pun dapat disesuaikan dan diperbaiki kualitasnya untuk kepentingan customer Anda.

  1. Bagikan praktek yang terbaik

Sebagai salesperson, Anda seharusnya menjadi orang yang memahami betul industri di mana prospek berkecimpung sehingga tahu betul apa yang dibutuhkan oleh prospek. Dengan perspektif tersebut, bagikan praktek terbaik kepada prospek Anda. Dengan memposisikan diri Anda secara tepat, prospek akan datang sendiri mencari Anda dan berusaha belajar dari Anda. Di sinilah Anda dapat memasukkan produk dan jasa yang Anda tawarkan dengan lebih mulus dan efektif.

Closing Sales

  1. Tanyakanlah pertanyaan mengenai tantangan dan masalah yang dihadapi oleh prospek

Jangan melewatkan kesempatan untuk bertanya dan memahami sudut pandang dari prospek Anda mengenai tantangan dan masalah yang mereka hadapi. Cobalah tanyakan apa yang menjadi tantangan terbesar mereka dan biarkan mereka membuka diri untuk berbagi kepada Anda, dan Anda pun bisa menjawab dengan solusi menggunakan produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan.

  1. Pelajari biaya yang dibutuhkan bagi tantangan yang dihadapi prospek tersebut

Jika prospek Anda sanggup menyatakan dan menjelaskan tantangan yang memakan biaya dari pihak mereka, Anda dengan segera dapat menciptakan nilai yang mereka butuhkan dari produk dan jasa yang Anda sediakan. Tampilkan solusi dengan biaya yang jauh lebih ekonomis bagi prospek Anda.

  1. Tentukan budget

Setelah prospek Anda menyatakan tantangan yang sering merugikan mereka, giliran Anda untuk bertanya apa yang rela mereka investasikan demi menyelesaikan tantangan tersebut. Ketika mereka memberikan kesempatan bagi prospek untuk menyatakan sendiri apa yang mau mereka investasikan, Anda menghindari kesempatan mereka menolak Anda karena alasan harga.

Closing Sales

  1. Punyailah kemauan untuk melepas prospek

Jangan menahan dan memaksakan kehendak dan objektif sales Anda pada prospek karena faktanya, 50% dari prospek yang Anda temui bukanlah customer yang akan bertransaksi dengan Anda. Kemungkinannya ada banyak, mungkin mereka tidak menghadapi tantangan yang bisnis tawaran Anda solusikan. Mungkin juga mereka tidak memiliki biaya sebesar yang Anda pasang. Tidak apa-apa, Anda dapat melepas mereka yang tidak ideal.

  1. Pastikan prospek berkomitmen sebelum Anda mempresentasikan

Jika prospek Anda tidak mau berkomitmen dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, tidak ada gunanya mempresentasikan solusi yang Anda tawarkan. Fokuslah hanya pada prospek yang memang berkomitmen dan ingin menyelesaikan masalahnya.

  1. Berikan tiga pilihan di setiap proposal

Mengapa? Jika Anda hanya mempresentasikan satu saja pilihan yang bisa dipilih oleh prospek, Anda jelas berpotensi lebih besar untuk kehilangan kesempatan closing sales. Sehingga, berilah setidaknya tiga pilihan di setiap penawaran. Mulai dari solusi termudah dan termurah hingga opsi premium dengan semua kenyamanan dan fasilitas terbaik. Memberikan opsi yang lebih banyak memiliki dua keunggulan, di mana Anda dapat memperoleh deal premium secara lebih banyak dan memberikan konteks dalam keputusan pembelian. Dengan begitu, prospek tidak lagi merasa perlu melihat-lihat kompetitor untuk membandingkan harga.

  1. Selalu jadwalkan pertemuan berikutnya

Tutup semua meeting dengan menjadwalkan meeting berikutnya. Hal ini sangat mudah dilakukan, namun jarang sekali salesperson melakukan hal ini. Pastikan Anda memiliki jadwal selanjutnya yang jelas sebagai langkah selanjutnya dengan prospek Anda dan memberikan kepastian bagi prospek Anda.

  1. Mintalah diperkenalkan dan direkomendasikan prospek lainnya

Tidak ada cara yang lebih efektif dari meminta diperkenalkan dengan prospek lainnya yang mungkin memerlukan jasa dan produk Anda. Selama Anda membuat prospek tersebut bersemangat bekerja sama dengan Anda, tidak sulit membuat mereka memberikan kontak prospek lain yang juga berkualitas. Mereka mungkin tidak langsung memperkenalkan Anda dengan prospek berkualitas, namun Anda setidaknya sudah menanam benih di pikiran mereka untuk lain kali merekomendasikan Anda saat bertemu dengan seseorang yang membutuhkan apa yang Anda tawarkan.

Gunakan Aplikasi Sales untuk Meningkatkan Closing Sales Anda Lebih Baik!

Pebisnis manapun pasti ingin meningkatkan penjualan dan bisnisnya dengan praktis dan biaya yang lebih ringan. Hal tersebut dapat dicapai dengan bantuan aplikasi sales yang akan sangat bermanfaat bagi strategi penjualan dan closing sales bisnis tersebut.

Untuk membantu melacak proses sales dengan benar, Anda harus memiliki sebuah sistem sales yang dilengkapi dengan fitur tertentu. Beberapa fitur penting yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Software yang mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis agar dapat mengelola bisnis dengan mudah.
  2. Aplikasi mobile dan GPS offline. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan aplikasi mobile untuk mengelola bisnis dan melacak lokasi GPS tim sales di lapangan walaupun tanpa akses internet.
  3. Dashboard pelaporan dengan analisis yang dapat disesuaikan, misalnya disaring berdasarkan per tenaga sales, tim, atau periode waktu tertentu
  4. Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga dapat meningkatkan sales dan operasional bisnis
  5. Otomatisasi dokumen. Fitur ini memudahkan dalam mengunggah template Spreadsheet dan Word untuk mengotomatisasi seluruh dokumen secara instan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya
  6. Integrasi dengan WhatsApp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan secara instan
  7. Sales pipeline yang jelas. Sales pipeline harus dapat mudah dipahami untuk mengetahui apa yang terjadi pada tiap tahapan prospek.

Coba GRATIS aplikasi sales terbaik di Indonesia sekarang atau hubungi kami untuk konsultasi gratis!

closing dales

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales